Sukses

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin?

Sebenarnya kapan sih anak membutuhkan suplemen multivitamin? Penjelasan selengkapnya disini.

KlikDokter.com – Nutrisi merupakan salah satu faktor penting bagi tubuh yang sehat. Namun terkadang mencukupi kebutuhan gizi dari makanan saja tidak cukup, sehingga sebagian orangtua pun memilih untuk memberikan anaknya suplemen multivitamin.

Sebenarnya kapan sih anak membutuhkan suplemen multivitamin? Pemberian multivitamin diperlukan bila anak mengalami kondisi berikut ini:

  • Pemilih makanan

Beberapa anak memang suka pilih-pilih makanan. Mereka kadang hanya mau makanan yang enak tapi tidak bergizi, dan menghindari buah serta sayur. Karena itulah pemberian suplemen multivitamin sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

  • Pola makan yang salah

Gaya hidup kota yang serba praktis memungkinkan masyarakat untuk sulit untuk menghindar dari fast food. Fast food memang memiliki beberapa kelebihan antara lain penyajian yang cepat sehingga tidak menghabiskan waktu lama, namun di balik itu fast food memiliki nutrisi yang minim sehingga dapat mengganggu kesehatan.

  • Cara mempersiapkan, mengolah, hingga menyajikan makanan

Perendaman, pencucian, dan pemasakan yang salah akan mengganggu kecukupan nutrisi. Jika kondisi tersebut terjadi maka suplemen multivitamin harus masuk dalam daftar makanan tambahan anak.

  • Lingkungan berpolutan tinggi

Lingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi, misalnya tinggal di lingkungan pabrik atau perkotaan yang penuh asap dari cerobong pembuangan pabrik maupun knalpot kendaraan, mau tak mau memaksa kita untuk menambah asupan vitamin sebagai penangkal radikal bebas yang mengepung. Hal tersebut juga berlaku jika kita sering berada di ruangan ber-AC, dengan AC yang sudah kotor.

  • Mengidap infeksi atau kanker

Apabila anak mengidap infeksi atau kanker, di mana sistem kekebalan tubuh tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka diperlukan asupan gizi yang lengkap. Selain itu, suplemen juga diperlukan guna meningkatkan kekebalan tubuh, seperti vitamin B kompleks terutama B6, B5, dan B9, serta mineral (magnesium dan seng).

  • Mengalami stres

Jangan salah, bukan tidak mungkin anak mengalami stres, misalnya saat menjelang ujian. Ketika stres tubuh lebih boros dalam memanfaatkan zat-zat gizi dibandingkan saat normal. Tubuh juga akan memproduksi radikal bebas sehingga diperlukan antioksidan untuk mengatasinya.

  • Perjalanan jauh

Suplemen multivitamin juga hendaknya dikonsumsi jika anak sedang dalam perjalanan jauh atau berada di daerah di mana makanan dengan gizi yang lengkap susah didapatkan. Misalnya pada saat camping atau ikut berpesiar naik kapal yang membutuhkan waktu hingga berhari-hari.

1 dari 2 halaman

Cerebrofort

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

Salah satu suplemen multivitamin yang berguna untuk perkembangan anak adalah CEREBROFORT GOLD, yang dipenuhi kandungan AA-DHA, EPA, dan Glutamic Acid. Dilengkapi dengan LYSINE sebagai penambah nafsu makan anak dan BIOTIN yang berguna untuk meningkatkan metabolisme sehingga zat gizi dari makanan dapat terserap dengan sempurna. Tersedia dalam dua rasa: jeruk dan stroberi.

Selain itu, ada juga CEREBROFORT MARINE GUMMY sebagai makanan kecil yang bermanfaat untuk kecerdasan dan konsentrasi anak. Mengandung minyak ikan tuna, yang diketahui mengandung kadar Asam Lemak Omega-3 yang sangat tinggi. Di dalamnya juga terdapat DHA dan EPA dengan kombinasi 4 : 1, yang setara dengan 8 mg DHA. Tersedia dalam tiga rasa: jeruk, mangga, dan stroberi.(ADV)

0 Komentar

Belum ada komentar