Sukses

Jurus Orangtua Membangun Hubungan Berkualitas dengan Anak yang Baru Lahir

Bonding dengan bayi Anda adalah suatu ikatan dengan bayi Anda, dimana orangtua mempunyai keinginan untuk memberikan rasa sayang dan cinta. Ikuti saran dr. Dyah Novita Anggrainin disini tipsnya disini.

KlikDokter.com - Bonding dengan bayi Anda adalah suatu ikatan dengan bayi Anda, dimana orangtua mempunyai keinginan untuk memberikan rasa sayang, cinta dan mempunyai keinginan untuk melindungi anak tersebut. Pada beberapa orangtua hal ini terjadi tidak memakan waktu lama, namun ada beberapa yang membutuhkan waktu lama.  Bonding merupakan suatu proses, tidak perlu terburu-buru.

Terkadang proses bonding menjadi sulit pada beberapa wanita yang mengalami sindroma baby blue. Faktor kelelahan dan nyeri saat melahirkan menjadi salah satu faktor penyebabnya. Jika ini terjadi pada Anda, untuk sementara waktu Anda bisa berisitirahat dan dalam mengasuh anak bisa dilakukan oleh suami dan keluarga Anda.

Minggu pertama kehidupan bayi sangat membantu proses ikatan atau bonding Anda dengan bayi. Sebaiknya Anda sebagai orangtua menghabiskan waktu dengan berinteraksi sebanyak mungkin dengan bayi Anda dengan melakukan:

1 dari 2 halaman

Bonding dengan Anak yang Baru Lahir

Sebaiknya Anda sebagai orangtua menghabiskan waktu dengan berinteraksi sebanyak mungkin dengan bayi Anda dengan melakukan:

  • Menempel kulit dengan kulit dengan bayi Anda
  • Kontak mata dengan bayi, hal ini dapat digunakan sebagai komunikasi dan pendekatan antara orangtua dan bayi
  • Peluk bayi Anda sesering mungkin.
  • Susui bayi Anda baik dengan ASI atau dengan alasan medis tertentu menggunakan susu formula sesering dan selama mungkin.
  • Tidur satu ruangan dengan bayi Anda
  • Menyanyikan lagu
  • Membaca dongeng
  • Membiarkan bayi menyentuh bagian – bagian di wajah Anda

Proses bonding merupakan hal YANG kompleks, hal ini membutuhkan waktu dan usaha. Seiring dengan interaksi Anda dengan bayi setiap hari, semakin lama ikatan antara Anda dan bayi akan semakin erat.

0 Komentar

Belum ada komentar