Sukses

Untuk Si Kecil Sikat Gigi Berbulu Soft atau Medium?

Untuk Si Kecil Sikat Gigi Berbulu Soft atau Medium? Tiap-tiap jenis punya kelebihan masing-masing, namun untuk anak-anak biasanya disarankan untuk memilih di antara sikat gigi jenis lembut (soft) dan sedang (medium). Ketika Anda harus memilih antara dua

Pepsodent Sensitive Expert

Klikdokter.com – Menyikat gigi adalah upaya untuk membersihkan gigi dari plak, dimana plak merupakan awal mula terjadinya gigi berlubang. Dengan menyikat gigi, plak dapat dihilangkan dan kesehatan gigi terjaga sehingga terjauh dari penyakit gigi berlubang.

Supaya gigi bebas plak dengan menyikat gigi, perlu diperhatikan beberapa faktor. Selain kepala sikat yang harus sesuai dengan ukuran mulut si kecil, tingkat kekerasan bulu sikat gigi juga penting untuk diperhatikan. Pada umumnya ada tiga tingkat jenis kekerasan bulu sikat gigi, yaitu:

  • Lembut (soft)
  • Sedang (medium)
  • Keras (hard)

Tiap-tiap jenis punya kelebihan masing-masing, namun untuk anak-anak biasanya disarankan untuk memilih di antara sikat gigi jenis lembut (soft) dan sedang (medium).

Ketika Anda harus memilih antara dua jenis ini, ada beberapa hal yang penting diperhatikan:

  • Perhatikan kondisi kesehatan mulut si kecil. Jika gusi si kecil berdarah ketika menyikat gigi, disarankan menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Penggunaan sikat gigi berbulu halus bisa mengurangi risiko pendarahan pada gigi karena lembut di gusi. Beberapa penelitian menunjukkan sikat gigi berbulu sedang lebih efektif dalam menghilangkan plak yang menumpuk di gigi dibandingkan sikat gigi berbulu halus, tetapi mempunyai resiko menimbulkan abrasi di leher gigi yang lebih besar

Jadi pemilihan keduanya pun tak lepas dari kondisi kesehatan mulut si kecil. Untuk lebih jelas lagi, konsultasilah kepada dokter gigi tentang pilihan sikat gigi mana yang cocok untuk si kecil. Untuk kenyamanan dan kesehatan gigi & gusi si kecil, gunakan juga pasta gigi khusus untuk anak seperti pasta gigi gigi susu.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM/DA)

0 Komentar

Belum ada komentar