Sukses

Mengenal Jerawat dan Penyebabnya

Mengenal Jerawat & Penyebabnya. Kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia dan mengambil 16% dari berat tubuh manusia. Fungsi dari kulit ada bermacam-macam, fungsi yang paling esensial adalah melindungi tubuh dari lingkungan luar. Dari luar kulit mem

Klikdokter.com - Kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia dan mengambil 16% dari berat tubuh manusia. Fungsi dari kulit ada bermacam-macam, fungsi yang paling esensial adalah melindungi tubuh dari lingkungan luar. Dari luar kulit memang terlihat tipis, namun ternyata kulit ini memiliki 3 lapisan yang terdiri dari:

-

Epidermis

:

merupakan lapisan kulit yang paling luar.

-

Dermis

:

lapisan di bawah epidermis yang mengandung jaringan ikat yang kuat, akar rambut, dan kelenjar keringat.

-

Subkutis

:

Lapisan in mengandung lemak dan jaringan ikat.

Ada banyak sekali kelainan kulit yang dapat muncul namun kelainan kulit yang paling sering muncul adalah jerawat. Hampir semua orang dalam masa hidupnya dapat terkena masalah jerawat.

Apa itu Jerawat? Jerawat merupakan suatu kelainan yang dapat terjadi pada saluran akar rambut dan glandula sebasea (saluran minyak) di kulit. Jika saluran ini tertutup dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jerawat merupakan suatu kondisi yang sering timbul pada wanita ataupun pria di segala usia. Bahkan beberapa orang di usia tua pun dapat timbul jerawat. Pada saat masa pubertas hormon seksual pria (androgen) meningkat pada wanita dan pria yang menyebabkan glandula sebasea menjadi lebih aktif sehingga memproduksi minyak (sebum).

Bagaimana proses timbulnya jerawat? Kelenjar minyak memproduksi sebum yang biasanya akan berjalan ke permukaan kulit melalui akar rambut. Namun pada kondisi tertentu sel-sel kulit dapat menyumbat kelenjar sehingga sebum tidak dapat keluar dari kelenjar minyak. Saat keadaan tersumbat ini muncul, bakteri Propionibacterium acnes (P.acnes) akan mulai tumbuh di dalam akar rambut sehingga menimbulkan peradangan dan timbul jerawat. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](EA)

Ditulis oleh

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar