Sukses

Cara Menjaga Kebersihan Kawat Gigi

Oleh: drg. Martha Mozartha. Kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut tidak bisa lagi dipandang sebelah mata oleh setiap orang, terlebih lagi pasien yang sedang menggunakan kawat (bracket) orthodontik yang sering disebut oleh orang awam sebagai behel.

Oleh: drg. Martha Mozartha

Kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut tidak bisa lagi dipandang sebelah mata oleh setiap orang, terlebih lagi pasien yang sedang menggunakan kawat (bracket) orthodontik yang sering disebut oleh orang awam sebagai behel. Pasien orthodontik harus lebih disiplin dalam menjaga kebersihan mulut karena makanan seringkali terjebak di sekitar kawat dan menyebabkan penumpukan plak.  Bila plak tersebut tidak dibersihkan maka pasien beresiko lebih besar untuk mengalami radang gusi (gingivitis), karies, dan tentunya bau mulut (halitosis).

Bagaimana menjaga gigi tetap sehat selama perawatan orthodontik?

Prosedur standar dalam menjaga oral hygiene adalah penyikatan gigi, secara menyeluruh dengan cara yang benar. Sebetulnya ada produk sikat gigi yang khusus bagi pasien orthodontik dan sebaiknya digunakan untuk hasil yang lebih optimal. Umumnya bentuk sikatnya lebih panjang di bagian tepi-tepinya dan di bagian tengah bulunya lebih  pendek.

Namun harganya memang cukup mahal dan umumnya hanya tersedia di tempat-tempat tertentu saja. Anda dapat menggunakan sikat gigi biasa, karena sekarang sikat gigi yang tersedia di pasaran cukup banyak yang bentuknya serupa dengan sikat gigi khusus orthodontik. Yang cukup penting diperhatikan adalah pemilihan sikat gigi, pilih bulu sikat yang lembut sehingga lebih mudah untuk masuk ke celah-celah kawat ortho dan juga tidak mengiritasi gusi.

Penyikatan gigi sebaiknya dilakukan dengan perlahan dan berhati-hati dan mencakup seluruh permukaan gigi, tidak perlu dengan tekanan keras. Sebaiknya beri perhatian khusus pada daerah di antara kawat ortho dengan gusi, karena biasanya di situlah akumulasi plak banyak terbentuk yang berpotensi menjadi karang gigi. Ada baiknya Anda membawa sikat gigi kemanapun Anda pergi, sehingga memudahkan Anda untuk langsung membersihkan gigi setelah Anda makan dan mencegah makanan tersangkut di kawat dalam waktu yang lama.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluor, yang dapat membantu mencegah terjadinya karies. Pada beberapa kasus, setelah kawat orthodontik dilepas ternyata di permukaan gigi yang sebelumnya merupakan tempat perlekatan kawat ditemukan karies dini (white spot lesion). Tentu Anda tidak ingin mengalami kejadian yang serupa.

Bila memang Anda merasa sudah terbentuk karang gigi di sekitar leher gigi Anda, sebaiknya hal tersebut Anda singgung pada saat kunjungan kontrol/aktivasi kawat oleh dokter gigi Anda. Meski sepertinya sulit untuk dilakukan, Anda juga dapat menggunakan dental floss untuk membersihkan sela gigi. Anda juga dapat menggunakan obat kumur untuk membantu membersihkan gigi dan mulut sebagai bagian dari aktivitas oral hygiene Anda.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](MM)

0 Komentar

Belum ada komentar