Sukses

Awet Muda dengan Kolagen

Pernahkah Anda mendengar kata ?kolagen?? Mungkin Anda lebih akrab dengan istilah ?kolase?? Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dengan menempelkan kumpulan berbagai macam bahan seperti kain dan kertas dalam bentuk foto, guntingan surat kabar pada sebuah permukaan. Karya seni ini sering kita temukan pada majalah dinding atau album foto pernikahan

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

KLIKDOKTER.com - Pernahkah Anda mendengar kata ‘kolagen’? Mungkin Anda lebih akrab dengan istilah ‘kolase’? Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dengan menempelkan kumpulan berbagai macam bahan seperti kain dan kertas dalam bentuk foto, guntingan surat kabar pada sebuah permukaan. Karya seni ini sering kita temukan pada majalah dinding atau album foto pernikahan.

Kolase dan kolagen sama-sama berasal dari kata Yunani ‘kolla’ yang berarti ‘lem’. Sedangkan sufiks –gen pada ‘kolagen’ berarti ‘memproduksi’. Kolagen memang dapat dianalogikan dengan lem yang menjaga tubuh kita tetap menjadi satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Seperti kolase, kolagen sejatinya juga merupakan karya seni, bagian dari sebuah karya agung yaitu tubuh manusia.

Fakta-fakta Kolagen:

  1. FAKTA #1: Kolagen hampir terdapat di seluruh tubuh
    Kolagen adalah protein fibrosa utama yang ditemukan pada matriks ekstraseluler dan jaringan ikat berserat termasuk kulit, tulang, tendon, dan ligamen. Selain itu, kolagen juga terdapat pada kornea, pembuluh darah, saluran cerna, dan diskus intravertebra. Faktanya, kolagen merupakan protein alami yang paling banyak jumlahnya di bumi karena distribusinya yang luas dalam tubuh manusia dan hewan.
  2. FAKTA #2:Kolagen Sang Perekat Tubuh
    Sel-sel epitel memproduksi berbagai tipe kolagen. Setidaknya terdapat 16 tipe kolagen, namun 80 – 90% kolagen dalam tubuh terdiri dari tipe I, II, dan III. Molekul-molekul kolagen ini bergabung membentuk stuktur seperti serat yang tipis dan panjang. Berbagai jenis kolagen dan struktur yang dibentuknya tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menjaga agar jaringan tubuh kuat, tahan terhadap regangan.

  3. FAKTA #3: Kolagen Sekaligus Pondasi Tubuh
    Dalam konstruksi bangunan, fungsi kolagen dapat disamakan dengan besi beton yang menjadi struktur utama atau pondasi bangunan. Bayangkan apa jadinya rumah tanpa pondasi yang kuat? Demikian halnya dengan tubuh kita. Tanpa kolagen, tidak ada substansi yang mempertahankan kekuatan dan integritas semua jaringan ikat dan stuktur organ kita. Tubuh pun menjadi “rapuh”.

Contoh yang paling mudah dilihat adalah pada kulit kita. Sekitar 80% dari dermis – bagian kulit di bawah epidermis – terdiri dari kolagen. Pada kulit, kolagen bersama dengan elastin menjaga kulit ketat dan elastis. Seiring dengan bertambahnya usia dan karena pajanan sinar matahari, produksi kolagen mulai berkurang. Keriput pun mulai menghiasi kulit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](PNA)

BACA JUGA

0 Komentar

Belum ada komentar