Sukses

Serba-Serbi Kunyit

<p align="justify">Apa sih yang terlintas di benak kita kalo dengar kata kunyit? Rempah-rempah kuning yang bentuknya amburadul? Bumbu dapur? Atau bahan dasar minuman yang baunya tajam dan mesti tutup hidung kalo mau</p>

Apa sih yang terlintas di benak kita kalo dengar kata kunyit? Rempah-rempah kuning yang bentuknya amburadul? Bumbu dapur? Atau bahan dasar minuman yang baunya tajam dan mesti tutup hidung kalo mau menelannya? Hehehe, terlepas dari image atau kesan apapun kita terhadap kunyit, kenyataannya tanaman bernama asli Curcuma Domestica Val ini punya segudang khasiat buat remaja kayak kita. Penasaran? Cari tau yuk…

Kunyit identik dengan kecantikan kulit

Sejak dulu, puteri-puteri keraton Jawa udah menjadikan kunyit sebagai bahan dasar perawatan tradisional untuk menjaga kulit tetap halus, cerah dan segar. Kunyit juga disebut mampu mengobati penyakit kulit seperti koreng dan gatal-gatal.

Cara penggunaan:
Buatlah minuman kunyit asam dengan mencampurkan rebusan air asam dan air parutan kunyit. Sedangkan buat mengobati masalah kulit, tumbuk kunyit dan campurkan dengan minyak kelapa, lalu dioleskan pada daerah yang bermasalah.

Kunyit menyembuhkan sakit maag

Kunyit sangat efektif dalam dalam memperbaiki luka lambung karena kandungan yang terdapat pada kunyit ternyata bisa menurunkan asam lambung.

Cara penggunaan:
Kupas dan bersihkan kunyit sebesar 2 ruas buku tangan, lalu parut dan tambahkan air matang. Peras air kunyit, diamkan dan ambil air beningnya. Minumlah 2 kali sehari, sebelum makan pagi dan malam sebelum tidur.

Kunyit sebagai anti radang

Di negeri asal film Slumdog Millionaire alias India, kunyit biasa dipakai buat mengatasi sakit sendi dan asma. Curcumin, senyawa kimia pada kunyit, bisa menghilangkan nyeri dan menyembuhkan peradangan.

Cara penggunaan:
20 gram kunyit dikupas dan diparut. Tambahkan dua sendok makan air panas, aduk hingga rata lalu saring airnya. Tambahkan madu dan minum secara teratur.

Kunyit memberi perlindungan pada tubuh

Sifat anti oksidan kunyit, melindungi pencernaan kita dari toksin (bahan beracun) dan asam lemak berbahaya yang terdapat pada makanan-makanan. Selain itu, juga berguna buat meningkatkan sistem pertahanan tubuh biar terhindar penyakit.

Cara penggunaan:
Caranya ngga mesti ekstrem dengan mengunyah langsung kunyit kayak kelinci makan wortel, hihihi. Cukup dengan cara sederhana dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung kunyit seperti kari.

 Kunyit mengatasi masalah haid

Jika dikonsumsi, kunyit berkhasiat menjaga keseimbangan stamina, termasuk pas lagi datang bulan. Kunyit ampuh untuk melancarkan menstruasi, mengatasi rasa nyeri haid, keputihan dan bau badan.

Cara penggunaan:
Kunyit bisa dicampur bahan herbal lain dan ngga berefek samping meski dikonsumsi setiap hari. Caranya ngga usah repot bikin sendiri, lho! Cukup minum Kiranti Sehat Datang Bulan sejak 3 hari sebelum, selama, hingga 3 hari setelah menstruasi.

1 Komentar