Relationship

Lebih Mendahulukan Teman Ketimbang Pasangan, Apa Sebabnya?

Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog, 07 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ketika menjalin hubungan, ada beberapa orang yang lebih mementingkan teman dibanding pacar. Apa sih penyebabnya?

Lebih Mendahulukan Teman Ketimbang Pasangan, Apa Sebabnya?

Setiap orang memiliki prioritas yang berbeda dalam hidup, termasuk saat meluangkan waktu dalam menjalani sebuah hubungan. Menjalani hubungan dengan seseorang tentu memengaruhi prioritas dalam hidup. 

Tidak jarang, pasangan lebih mementingkan teman meski ia juga sedang berkomitmen dengan orang lain. Kalau sesekali mungkin masih bisa dimaklumi. Namun, bagaimana kalau teman selalu lebih penting daripada pacar?

Jangan overthinking, coba ketahui penyebab pacar lebih mementingkan teman dan solusi yang bisa kamu lakukan bersama.

Penyebab Pacar Lebih Mengutamakan Teman

Banyak Teman Bikin Tubuh Jadi Lebih Sehat

Tentu ada alasan kenapa pasangan lebih mementingkan teman dibandingkan kamu sebagai pasangannya, antara lain:

1. Hubungan dengan Teman Terjalin Lama

Jika pacar sudah berteman lama dengan sahabatnya, wajar kalau ia kadang lebih mengutamakan teman dibandingkan kamu sebagai pasangan. 

Kedekatan dan banyaknya waktu yang dihabiskan bersama membentuk kebiasaan tertentu. Kebiasaan ini membuat seseorang merasa lebih aman ketika menghabiskannya bersama orang yang sudah berteman sejak lama. 

Dalam hal ini, kamu juga perlu menciptakan kebiasaan tertentu bersama pasangan agar ia merasa nyaman.

Artikel lainnya: Ini Tanda Pasangan Tidak Mau Menjalin Komitmen dengan Anda

2. Menjadi Diri Sendiri Bersama Teman

Alasan ini sering ditemui, karena pasangan merasa bisa menjadi diri sendiri bersama teman dibandingkan kamu. 

Jika hal ini terjadi, kamu perlu mengevaluasi pola komunikasi agar ia merasa lebih nyaman mengekspresikan pikiran, perasaan, dan perilakunya kepada kamu sebagai pasangan.

3. Hubungan dengan Pasangan Belum Kuat

Kamu perlu lebih banyak berkomunikasi dua arah dengan pasangan agar saling memahami harapan, kebiasaan, dan tujuan dalam menjalin hubungan. Belum kuatnya hubungan dengan pasangan bisa jadi disebabkan oleh faktor belum bisa saling memahami dan menerima satu sama lain.

Artikel lainnya: Tips Menghindari Cemburu Berlebihan dengan Mantan Pacar Pasangan

4. Ada Hal yang Hanya Bisa Diceritakan kepada Teman

Menjaga perasaan kamu sebagai pasangan bisa menjadi alasan mengapa ia menceritakan beberapa hal tertentu hanya kepada teman-temannya. Hargai privasi tersebut agar kamu dan pasangan bisa saling percaya.

5. Setiap Orang Punya Ruang Sendiri

Setiap orang memiliki ruang untuk dunianya, seperti hobi, olahraga, atau aktivitas tertentu yang mungkin belum bisa dilakukan bersama orang lain. 

Pasangan kamu juga memiliki dunia sendiri, sama halnya dengan kamu. Setiap orang membutuhkan ruangnya sendiri dan hal ini harus dihargai.

Cara Menghadapi Pasangan yang Lebih Mementingkan Teman

Manfaat Sering Memuji Pasangan dengan Kata “Cantik”

Kamu dan pacar bisa melakukan hal-hal ini untuk tetap menjaga hubungan:

1. Komunikasi Terbuka

Komunikasi dan keterbukaan menjadi kunci penting dalam sebuah hubungan. Kamu dan pasangan perlu saling memberikan waktu untuk mengutarakan harapan masing-masing dalam menjalani hubungan ini. 

Kamu dan pasangan juga perlu membiasakan untuk menemukan solusi bersama agar harapan yang diutarakan tidak dimaknai sebagai sebuah tuntutan.

Artikel lainnya: Hati-hati, Suka Mengetes Kesetiaan Pacar Bisa Merusak Hubungan

2. Dengarkan dan Respons dengan Tenang 

Setiap orang senang ketika didengarkan. Namun, rasa lebih nyaman akan muncul ketika keluh kesahnya direspons dengan tenang. 

Memberikan respons dengan sikap saling tenang membuat komunikasi hangat dan intim. Selain itu, pasangan akan lebih nyaman untuk melanjutkan cerita dan menghargai kamu yang bersedia mendengarkan.

3. Buat Rencana Bersama 

Membuat sebuah perencanaan dapat memperkuat hubungan. Karena, kamu dan pasangan saling mengemukakan pendapat dan menentukan tujuan. 

Dengan merealisasikan rencana tersebut, kamu dan pasangan memiliki waktu bersama yang diperjuangkan dan menciptakan cerita unik di dalamnya.

4. Hargai Me Time

Me time dalam hubungan cinta itu juga penting. Mungkin ada beberapa kegiatan yang lebih bisa dinikmati bila dilakukan sendiri. Hal ini harus dihargai.

Tujuannya tidak hanya mendapatkan kesenangan, tapi kamu dan pasangan bisa lebih mengenal dan menyayangi diri sendiri. Ketika merasa bahagia dengan diri, maka rasa bahagia bersama pasangan lebih mudah terbentuk.

Artikel lainnya: Pacaran tapi Tak Dikenalkan ke Keluarga? Awas Pocketing Relationship

5. Kenali Teman Pasangan

Rasa khawatir bisa jadi muncul karena ketidaktahuan kamu terhadap latar belakang pergaulan pasangan. Daripada terlalu banyak curiga, kenali pergaulan pasangan agar kamu juga bisa memahami pertemanan mereka dengan sudut pandang mereka. 

Jika kamu menemukan sisi positif dari pertemanan tersebut, maka dukunglah. Namun, jika kamu menemui sisi negatif, maka komunikasikan dengan pasangan untuk menemukan jalan keluarnya.

6. Buat Kesepakatan 

Usaha yang sudah dilakukan mungkin tidak semuanya berjalan sesuai harapan. Untuk mengantisipasinya, kamu dan pasangan perlu membuat kesepakatan tentang solusi dari masalah yang kalian hadapi. 

Tujuannya adalah kamu dan pasangan memiliki kepastian dalam menjalani hubungan dan komitmen ke depannya.

Kamu merasa pasangan lebih mementingkan teman? Coba ceritakan keluhanmu kepada psikolog di aplikasi KlikDokter. Solusi tepat bisa kamu terapkan agar percintaan lebih membahagiakan!

(FR/JKT)

Relationship

Konsultasi Dokter Terkait