Sukses

Pengertian Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya semacam daging berwarna kemerahan atau kehitaman di daerah kemaluan atau anus. Terkadang kutil kelamin tampak seperti kembang kol. Kutil kelamin secara medis dikenal dengan nama kondiloma akuminata.

Penyakit ini merupakan penyakit yang ditularkan secara seksual. Oleh karena itu, sebagian penderita kutil kelamin juga mengalami penyakit menular seksual lainnya. Kutil kelamin dapat meyerang siapa saja, baik wanita maupun pria.

Kutil Kelamin

Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Di dunia ini ada lebih dari 100 jenis virus HPV. Meski demikian, tak semua jenis virus HPV dapat menyebabkan kutil kelamin. Jenis virus HPV yang paling sering menjadi penyebab kutil kelamin adalah tipe 6 dan 11.  Virus tersebut menginfeksi area kulit karena adanya luka di kulit yang biasanya dicetuskan karena aktivitas seksual.

Orang yang lebih rentan mengalami kutil kelamin adalah orang yang berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Orang yang memulai hubungan seksual sejak masa remaja juga diketahui rentan mengalami kutil kelamin.

Diagnosis Kutil Kelamin

Umumnya dengan melakukan wawancara medis mendetail pada penderita dan melakukan pemeriksaan langsung pada kutil kelamin, dokter sudah dapat memastikan adanya penyakit kutil kelamin. Bila kutil kelamin berukuran kecil, kadang perlu dilakukan pemeriksaan menggunakan asam asetat 5% untuk melihat kelainan kulit dengan lebih jelas.

Bila kutil kelamin meluas ke dalam vagina dan serviks, pemeriksaan kolposkopi dengan memasukkan kamera ke dalam vagina perlu dilakukan. Jika terdapat kutil kelamin, pemeriksaan pap smear pada wanita juga perlu dilakukan untuk melihat apakah ada kanker serviks. Hal ini diperlukan sebab kutil kelamin dan kanker serviks sama-sama disebabkan oleh virus HPV.

Gejala Kutil Kelamin

Kutil kelamin, seperti namanya, berbentuk kutil (seperti daging) yang melekat di area kelamin –bisa di penis, vagina, atau anus. Ukurannya bervariasi, mulai dari beberapa millimeter hingga beberapa sentimeter.

Kutil kelamin tidak menimbulkan rasa nyeri, namun bisa menyebabkan keluhan gatal. Kadang kutil kelamin juga bisa berdarah. Bila kutil kelamin menutupi lubang kencing, maka dapat pula terjadi sumbatan air seni.

Pengobatan Kutil Kelamin

Kutil kelamin tidak dapat diobati sendiri, melainkan harus diobati oleh dokter ahli kulit dan kelamin. Ada beberapa terapi yang dapat digunakan untuk mengobati kutil kelamin. Di antaranya adalah:

  • Krioterapi, yaitu teknik membekukan kutil kelamin menggunakan nitrogen cair. Ini adalah teknik pengobatan yang paling dipilih karena paling aman.
  • Laser, terutama digunakan untuk kutil kelamin yang berulang.
  • Elektrodesikasi, yaitu pengobatan menggunakan kejut listrik untuk menghancurkan kutil kelamin. 

Pengobatan lain menggunakan obat oles yang mengandung podofilin, asam trikloroasetat, atau 5-fluorouracil dapat pula dilakukan tetapi hasilnya tidak terlalu efektif.

Pencegahan Kutil Kelamin

Vaksin HPV dapat mencegah terjadinya kutil kelamin. Vaksin ini bisa diberikan baik untuk pria dan wanita yang berusia 9–26 tahun. Vaksin HPV terbukti efektif untuk mencegah infeksi HPV tipe 6, 11, 16, dan 18.

Namun demikian, yang terpenting adalah menghindari hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan dan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Orang yang sedang mengalami kutil kelamin sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual dengan siapa pun sampai infeksinya sembuh sempurna.