Sukses

Pengertian Kalbamin

Kalbamin adalah larutan infus yang digunakan sebagai nutrisi parenteral (nutrisi yang di berikan melalui pembuluh darah). Kalbamin mengandung asam amino esensial dan non-esensial yang berfungsi untuk mengatasi permasalahan malnutrisi, membantu proses pemulihan cedera atau trauma sebelum dan sesudah terapi, membantu mengatasi hipoproteinemia (kondisi ketika cairan akan berpindah dari intravaskular kompatemen ke rongga interstisial yang kemudian menyebabkan asites). Kalbamin tersedia dalam kemasan 10% Amino Acids Infusion 500 mL

Keterangan Kalbamin

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Nutrisi parenteral.
  • Kandungan: Asam amino 10%, chloride.
  • Bentuk: Cairan.
  • Satuan Penjualan: Botol.
  • Kemasan: Botol 500 mL.
  • Farmasi: PT Finosulprima Farma Internasional.

Kegunaan Kalbamin

Kalbamin digunakan untuk membantu mengatasi malnutrisi, membantu mengatasi cedera atau trauma (sebelum dan sesudah terapi), membantu mengatasi hipoproteinemia.

Dosis & Cara Penggunaan Kalbamin

Kalbamin merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan Kalbamin juga harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita. Penggunaan Kalbamin injeksi harus dibantu oleh tenaga ahli medis.

Berikan dosis 1-1,5 g/kg berat badan/hari diberikan secara infus intravena lambat.

Efek Samping Kalbamin

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Kalbamin, yaitu: reaksi alergi pada pasien yang hipersensitif terhadap komponen ini, demam, mual, muntah, asidosis, sakit kepala.

Kontraindikasi
Kalbamin Infus tidak boleh diberikan pada pasien :
1. Gagal ginjal
2. Gagal hati
3. Gangguan metabolisme protein


Artikel
    Penyakit Terkait