HomeInfo SehatTHTMungkinkah Pendingin Udara Memperparah Radang Tenggorokan?
THT

Mungkinkah Pendingin Udara Memperparah Radang Tenggorokan?

Ayu Maharani, 22 Mar 2019

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pendingin udara disebut-sebut dapat memperburuk kondisi radang tenggorokan. Lantas, bagaimana ahli medis menanggapi hal ini?

Mungkinkah Pendingin Udara Memperparah Radang Tenggorokan?

Terkena radang tenggorokan memang akan membuat Anda merasa tidak nyaman dalam beraktivitas, apalagi di lokasi yang menggunakan pendingin udara (AC). Selain sulit untuk berbicara, menelan, dan batuk yang terus-menerus, penderita radang tenggorokan umumnya juga akan mengalami demam yang cukup tinggi.

Tak heran, dengan kondisi tersebut, penderita radang tenggorokan akan menghindari tempat yang menggunakan AC hingga menyebabkan tubuh menjadi kedinginan dan rentan memperparah radang. Namun, adakah kaitan langsung antara suhu dingin dari AC dengan kondisi radang yang memburuk?

 

Suhu Dingin dan Radang Tenggorokan

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, sebenarnya antara suhu dingin dari AC dan penyakit radang tenggorokan tidak berhubungan secara langsung. Sehingga, penderita radang tenggorokan boleh bernapas lega sejenak karena kondisinya tidak akan memburuk meski di ruangan bersuhu dingin sekalipun.

Meski demikian, orang yang berada di dalam ruangan bersuhu rendah umumnya tidak akan mudah haus seperti orang yang berada di luar ruangan dan terkena panasnya sinar matahari.

Artikel Lainnya: 5 Tips Mencegah Tertular Radang Tenggorokan

Hal ini yang sebenarnya patut dikhawatirkan. Sebab, jika penderita radang tenggorokan itu terlalu lama berada di ruangan bersuhu dingin, dia tidak mudah merasa haus. Akibatnya, frekuensi untuk menghidrasi tenggorokannya dengan minum air putih akan berkurang.

“Padahal, penderita radang tenggorokan wajib untuk terus menghidrasi tenggorokannya untuk meredakan peradangan dan mengurangi rasa kering di tenggorokan. Nah, kalau terlalu lama berada di ruangan yang terlalu dingin dan tidak ada keinginan untuk minum akibat pengaruh suhu tersebut, maka proses penyembuhan radang tenggorokan juga akan semakin lama.” jelas dr. Alvin.

Dengan demikian, penderita radang tenggorokan yang harus tetap beraktivitas seharian sudah sepatutnya rutin meneguk air putih tanpa menunggu rasa haus muncul. Bila menderita radang tenggorokan dan Anda termasuk orang yang pelupa, pasang pengingat minum air pada ponsel untuk mencegah kondisi dehidrasi.

“Intinya, yang paling penting dari proses penyembuhan radang tenggorokan adalah status hidrasinya, selain masalah membunuh bakteri penyebab radang.” dr. Alvin menegaskan.

Seperti yang sempat dikatakan di atas, radang tenggorokan juga dapat menimbulkan gejala demam tinggi. Orang yang sedang mengalami demam tinggi biasanya juga tidak tahan dengan suhu dingin karena akan memberikan reaksi menggigil dan membuat tubuh semakin tidak enak.

Artikel Lainnya: Obat Radang Tenggorokan

Mungkin, dari sinilah pendapat bahwa pendingin udara atau AC dapat membuat radang tenggorokan semakin parah tersebut muncul ke permukaan. Tapi pada kenyataannya, suhu dingin hanya bersifat meningkatkan gejala demam dan tubuh yang menggigil akibat radang dan bukan memperburuk peradangan di tenggorokan.

Minuman Dingin Memperparah Radang Tenggorokan

Sekali lagi, antara suhu dingin ruangan AC dengan radang tenggorokan tidak memiliki hubungan sebab akibat yang langsung. Jadi, Anda tak perlu terlalu mencemaskannya.

Artikel Lainnya: Anak Sakit Radang Tenggorokan, Kapan Harus ke Dokter?

Ketimbang suhu dingin dari AC, sepertinya suhu dingin dari minuman dingin yang menggunakan es batu justru lebih memberikan pengaruh langsung terhadap keparahan radang tenggorokan. Hal tersebut pun dibenarkan oleh dr. Jessica Florencia dari KlikDokter.

Menurutnya, meski bukan bertindak sebagai penyebabnya, minuman dingin dapat memperparah gejala radang tenggorokan dengan merangsang refleks batuk, sehingga membuat peradangan pada tenggorokan semakin berat.

Pada dasarnya, faktor yang mesti Anda perhatikan ketika telanjur sakit radang tenggorokan adalah mengendalikan gejalanya. Jadi, ada baiknya hindari segala sesuatu yang suhunya terlalu ekstrem, baik dingin maupun panas.

Saat berada di ruangan berpendingin udara misalnya, lebih baik gunakan jaket dan seimbangkan suhu tubuh dengan mengonsumsi minuman hangat seperti teh jahe. Biasanya, ruangan berpendingin udara juga memiliki sudut-sudut tertentu yang tidak terlalu terpapar suhu dingin. Untuk sementara waktu, tak ada salahnya Anda berpindah.

Jadi, pendingin udara sebenarnya tak bisa disalahkan sebagai penyebab radang tenggorokan yang semakin parah. Sebab, antara keduanya tak berkaitan secara langsung. Yang terpenting, ketika mengalami radang tenggorokan, usahakan agar selalu menyediakan air minum di dekat Anda agar tenggorokan tetap terhidrasi dengan baik. Dengan demikian, masa penyembuhan radang juga menjadi lebih cepat.

[NP/ RVS]

tenggorokanradangair minumACPendingin udaraDemam TinggiDehidrasiRadang Tenggorokan
Tanya Dokter