Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatReview Produk Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik Tanpa Resep Dokter di Apotek
Review Produk

Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik Tanpa Resep Dokter di Apotek

Bunga Sandha Pragastiwi, 05 Feb 2024

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kutu air di kaki dan sela jari tangan bisa diobati dengan obat bebas tanpa resep dokter di apotek, seperti Salep Kulit 88, Daktarin Cream, Fungiderm, hingga Kalpanax Cream.

 Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik Tanpa Resep Dokter di Apotek

Kutu air atau tinea pedis adalah penyakit kulit akibat infeksi jamur yang biasanya muncul pada sela jari kaki atau jari tangan.

Gejala kutu air dapat berupa kulit terasa gatal, panas, kemerahan, hingga memicu rasa seperti terbakar.

Pada kondisi ringan, kutu air dapat sembuh dengan sendirinya. Asal Kamu rajin mencuci kaki atau tangan, memakai sepatu dan kaus kaki yang bersih, hingga memastikan kulit kaki dan tangan selalu kering.

Jika Kamu terkena kutu air dan perawatan rumahan tidak efektif menyembuhkannya, maka sudah saatnya beralih menggunakan obat, baik itu obat minum (oral) maupun obat oles (topikal).

Berikut ini adalah deretan rekomendasi obat di apotek yang ampuh untuk mengatasi kutu air.

1. Salep Kulit 88

Salep Kulit 88

Beli Salep Kulit 88 di KALStore

Salep Kulit 88 adalah obat luar yang mengandung Salicylic acid, Benzoic acid, dan Sulfur praecipitatum. Salep 88 ini digunakan untuk mengobati masalah kulit akibat jamur dan infeksi bakteri ringan, seperti panu, kudis, kurap, dan kutu air.

Salep Kulit 88 membantu Kamu dalam meredakan rasa gatal sambil menyingkirkan jamur dan bakteri penyebab infeksi penyakit kulit, seperti panu, kudis, kurap, dan kutu air.

Harga Salep Kulit 88 6gr: Rp.12.900.

2. Canesten Pro

Canesten Pro

Beli Canesten Pro di KALStore

Canesten adalah obat gatal berbentuk krim yang mengandung Clotrimazole. Obat ini dapat mengatasi jamur pada kulit, panu, kadas kurap, dan kutu air. Kandungan yang ada didalamnya yaitu Clotrimazole 1%.

Obat ini dapat digunakan orang dewasa dengan dosis 2-3 kali sehari, gunakan obat minimal selama 2 minggu untuk mengatasi jamur.

Harga Canesten Pro 5gr: Rp. 36.900.

Artikel Lainnya: Pakai Krim untuk Atasi Infeksi Jamur Kulit, Ini Tipsnya

3. Daktarin Cream

Daktarin Cream

Beli Daktarin Cream di KALStore

Daktarin Cream merupakan obat oles kulit yang mengandung zat aktif Miconazole Nitrate 2%, bekerja untuk menghancurkan bakteri dan jamur penyebab infeksi.

Obat ini digunakan untuk mengatasi jamur di kulit area berambut di wajah dan leher, gatal di selangkangan, pada kuku kaki dan tangan, pada kulit kepala dan batang rambut.

Pengobatan dapat berlangsung selama 2-6 minggu atau dilanjutkan hingga jamur benar benar hilang, tujuannya untuk mencegah infeksi jamur kambuh kembali.

Kamu dapat mengoleskannya 2 kali sehari, dioleskan pada bagian yang terinfeksi. Penggunaan pada bayi dan anak anak sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu. Selain itu hindari pemakaian di area mata dan luka terbuka.

Harga Daktarin Cream 5gr: Rp. 28.000.

4. Fungiderm

Fungiderm

Beli Fungiderm Krim di KALStore

Fungiderm merupakan obat jamur berupa krim yang mengandung zat aktif Clotrimazole, krim ini dapat menghambat jamur.

Digunakan untuk mengatasi infeksi kulit akibat jamur seperti gatal, kutu air, panu, infeksi jamur di kulit kepala, kurap, kandidiasis pada kulit dan kuku.

Fungiderm mengandung clotrimazole 1%, Kamu cukup oles tipis krim dan taburkan bedak secukupnya 2-3 kali pada bagian yang sakit selama 10-14 hari secara teratur, infeksi di sela jari kaki membutuhkan waktu 1 bulan.

Harga Fungiderm Krim 10gr: Rp. 27.750.

5. Kalpanax Cream

Kalpanax Cream

Beli Kalpanax Cream di KALStore

Kalpanax merupakan obat jamur yang berbentuk krim yang memiliki ukuran 5gr, mengandung miconazole nitrate 2%.

Kalpanax bereaksi sangat cepat, dingin di kulit, tidak membuat kulit terkelupas, aman digunakan pada area sensitif dan sangat aman digunakan untuk anak anak.

Memiliki aroma bunga jasmine, dan tidak lengket di kulit, Kamu cukup oleskan 2 atau 3 kali sehari pada kulit setiap selesai mandi dan sebelum tidur di malam hari.

Harga Kalpanax Cream 10gr: Rp. 27.300.

Artikel Lainnya: Catat! Ini Cara Menghilangkan Kutu Air Paling Ampuh

6. Pi Kang Shuang

Pi Kang Shuang

Pi Kang Shuang merupakan obat yang berisikan krim yang mampu mengatasi peradangan dari jamur dan bakteri.

Kamu bisa menggunakannya dengan mengoleskan pada area permukaan kulit yang terinfeksi jamur.  Harga Pi Kang Shuang 5gr: mulai dari Rp. 15.246.

7. Formyco Krim

Formyco Krim

Beli Formyco Krim di KALStore

FORMYCO 2% CREAM 10 G adalah obat yang mengandung Ketoconazole. Ketoconazole adalah zat antijamur yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur.

Obat ini diperuntukkan untuk mengatasi infeksi kulit atau kuku tangan akibat dermatofita, terutama pada area kuku tangan (bukan kuku kaki).

Jadi, Formyco adalah obat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis infeksi jamur pada kulit dan kuku, kutu air serta mencegah pertumbuhan kembali jamur tersebut.

Harga Formyco Krim 10gr: Rp. 26.000.

8. Mycorine

Mycorine

Mycorine adalah obat berbentuk krim yang dirancang untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit, seperti Dermatofitosis, Tinea Versikolor, dan Candidiasis.

Zat aktif dalam obat ini adalah Miconazole, yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas berbagai jenis jamur, termasuk Trichophyton, Epidermophyton, Microsporum, Candida, dan Malassezia furfur.

Cara menggunakan Mycorine krim cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan krim pada area kulit yang terinfeksi. Disarankan untuk melakukannya dua kali sehari guna memaksimalkan efektivitas obat.

Harga Mycorine 15gr: Rp. 56.000.

9. Mycoral Cream

Mycoral Cream

Beli Mycoral Cream di KALStore

Mycoral adalah krim yang diformulasikan khusus untuk penggunaan mengatasi sejumlah kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, seperti tinea corporis, tinea cruris, tinea manus, tinea pedis, tinea versicolor, dan kandidiasis kulit.

Dengan formulasi yang sesuai, Mycoral bertujuan untuk memberikan solusi yang efektif dalam mengobati berbagai jenis infeksi jamur tersebut pada tingkat kulit.

Harga Mycoral Cream 5gr: Rp. 18.500.

10. Nosib Salep

Nosib Salep

Nosib Salep merupakan produk yang diformulasikan untuk menangani berbagai masalah kulit.

Salep ini bermanfaat untuk mengatasi sejumlah kondisi kulit, termasuk panu, kadas, kurap, kudis, kutu air, serta gatal-gatal yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Selain itu, Nosib Salep ini juga dapat digunakan untuk meredakan gejala eksim dan gatal akibat gigitan serangga.

Dengan kandungan yang sesuai, salep ini dirancang untuk memberikan solusi efektif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit yang dijelaskan di atas.

Harga Nosib Salep 14gr: Rp. 14.100.

Artikel Lainnya: Obat Kutu Air Alami untuk Pengobatan di Rumah

Obat kutu air di atas bisa Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika masih ragu dalam memilih obat yang tepat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Untuk konsultasi lebih mudah, Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa beli obat dan suplemen kesehatan lengkap dengan mudah dan cepat lewat KALStore.

Kamu juga bisa menggunakan fitur yang lain seperti Buat Janji dengan Dokter dan booking Layanan Medis & Lab di KlikDokter.

Yuk, terus update informasi kesehatan dengan download aplikasi KlikDokter sebagai pilihan #JagaSehatmu!

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter