HomeIbu Dan anakKehamilanBerbagai Manfaat Buah Matoa untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Berbagai Manfaat Buah Matoa untuk Ibu Hamil

Annisa Hapsari, 03 Agu 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah kamu buah matoa memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Berbagai Manfaat Buah Matoa untuk Ibu Hamil

Buah merupakan salah satu makanan penunjang gizi bagi ibu hamil. Memang benar, tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung. Akan tetapi, buah matoa yang berasal dari Papua adalah salah satu jenis buah yang memberikan banyak manfaat kesehatan untuk ibu hamil. 

Kendati berasal dari Papua, masih banyak orang Indonesia yang tidak mengenal buah matoa. Buah ini memiliki aroma khas dan bertekstur lembut, mirip seperti buah rambutan. 

Menurut dr. Devia Irine, buah ini memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, dan vitamin E serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Lalu, apa saja manfaat kesehatan dari buah matoa untuk ibu hamil? Nah, berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk ibu hamil:

1. Menangkal Radikal Bebas

Sebuah penelitian yang dimuat pada The Pharma Innovation Journal pada tahun 2017 menjelaskan bahwa buah matoa dapat melindungi tubuh dari radikal bebas atau sel-sel rusak yang dapat memberikan efek negatif pada tubuh. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin C dan vitamin E pada buah matoa. 

Zat gizi pada buah matoa tersebut berperan sebagai antioksidan, yakni zat yang dapat mencegah atau menunda kerusakan sel, yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Nah, manfaat ini tentu penting untuk ibu hamil dan janinnya. 

Berdasarkan penelitian tersebut, manfaat antioksidan dari buah matoa ini lebih banyak ditemukan pada kulitnya dibandingkan dengan daging buah maupun bijinya. Oleh sebab itu, jika kamu ingin merasakan manfaat ini, cobalah untuk mengonsumsi atau mengolah kulit buah matoa menjadi makanan. 

Artikel Lainnya: Manfaat Tempe untuk Ibu Hamil, Jadi Sumber Protein!

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Sebagai ibu hamil, tentu menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah kewajiban. Mengingat bahwa selama sembilan bulan lamanya, tubuh kamu menjadi tempat bernaung bagi calon buah hati. 

Oleh sebab itu, sudah sewajarnya jika kamu lebih ketat menjaga kesehatan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan meningkatkan imun tubuh. 

Buah matoa memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh pada ibu hamil. Pasalnya, buah ini mengandung vitamin C, yaitu vitamin yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, sebuah penelitian yang dimuat pada Journal of Leukocyte Biology pada tahun 2014 menyatakan bahwa vitamin C mendorong produksi sel darah putih yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi. 

Kandungan vitamin C buah matoa juga merupakan zat gizi penting untuk sistem perlindungan kulit. Peran vitamin C sebagai antioksidan bisa memperkuat lapisan kulit.

Di sisi lain, kekurangan vitamin C dapat membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah matoa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

3. Mengurangi Stress

Manfaat buah matoa untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu mengurangi stres. Menurut The Journal of American Psychosomatic Society, depresi atau stres berkepanjangan dan stres oksidatif adalah dua kondisi yang saling berkaitan. 

Stres oksidatif menurut Oxidative Medicine and Cellular Longevity adalah kondisi tidak seimbangnya kadar antioksidan tubuh dengan produksi dan akumulasi dari zat yang disebut spesies oksigen reaktif.

Ketidakseimbangan ini dapat memicu kerusakan sel dan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Nah, kandungan vitamin E pada buah matoa dapat membantu mengatasi stres oksidatif, sehingga dapat sekaligus mengatasi stres. 

Manfaat vitamin E ini dibuktikan dalam penelitian pada Iranian Journal of Kidney Disease.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

4. Mencegah Keguguran

Tahukah kamu bahwa kandungan vitamin E pada buah matoa bermanfaat mencegah keguguran pada ibu hamil? 

Ya, selain baik untuk kesehatan sistem reproduksi, meningkatkan asupan makanan yang mengandung vitamin E ternyata dapat mengurangi risiko keguguran pada wanita yang sedang hamil. 

Apalagi, John Hopkins Bloomberg School of Public Health menyatakan bahwa kekurangan vitamin E berkaitan erat dengan meningkatnya risiko keguguran. 

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah matoa yang kaya akan kandungan vitamin E berpotensi mengurangi risiko tersebut. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buah matoa untuk ibu hamil ini. 

Sungguh banyak manfaat buah matoa yang sayang untuk dilewatkan oleh ibu hamil, bukan? Jika kamu ingin menambahkan buah matoa ke dalam menu makanan sehari-hari, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter kandungan atau ahli gizi.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya seputar kehamilan dengan konsultasi lewat layanan tanya dokter online di aplikasi KlikDokter.

Yuk #JagaSehatmu selama masa kehamilan ini dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin cek kesehatan ke dokter!

(APR/JKT)

Referensi: 

  • John Hopkins Bloomberg School of Public Health. Diakses 2022. Vitamin E Deficiency Linked to Greater Risk of Miscarriage Among Poor Women. 
  • Antioxidants. Diakses 2022. Vitamin E as an Antioxidant in Female Reproductive Health. 
  • Jurnal Farmasi Sains dan Praktik. Diakses 2022. POTENTIAL OF MATOA FRUIT EXTRACT (POMETIA PINNATA) AS ANTIOXIDANT SOURCE. 
  • The Pharma Innovation Journal. Diakses 2022. Evaluation of DPPH free radical scavenging activity of Pometia pinnata from Indonesia.   
  • Oxidative Medicine and Cellular Longevity. Diakses 2022. Oxidative Stress: Harms and Benefits for Human Health.
  • Iranian Journal of Kidney Disease. Diakses 2022. Effects of High-dose Vitamin E Supplementation on Markers of Cardiometabolic Risk and Oxidative Stress in Patients with Diabetic Nephropathy: a Randomized Double-blinded Controlled Trial.
  • Journal of The American Psychosomatic Society. Diakses 2022. Depression and Oxidative Stress.

Ditinjau oleh dr. Devia Irine

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait