HomeInfo SehatMataPilihan Obat Herbal untuk Bantu Mengobati Glaukoma
Mata

Pilihan Obat Herbal untuk Bantu Mengobati Glaukoma

Aditya Prasanda, 20 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Glaukoma dipercaya dapat diatasi menggunakan bahan-bahan alami. Ketahui apa saja obat herbal glaukoma di sini.

Pilihan Obat Herbal untuk Bantu Mengobati Glaukoma

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata akibat adanya tekanan intraokular (TIO) alias tekanan pada bola mata. Tekanan intraokular terjadi karena cairan (aqueous humor) yang diproduksi oleh mata menumpuk, akibat kerusakan sistem drainase mata.

Kondisi tersebut bisa berbahaya. Jika tidak segera diobati, dapat memicu gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Jika Anda didiagnosis mengidap glaukoma, dokter biasanya akan meresepkan beberapa obat tetes mata. Cara ini dapat mengurangi cairan dan tekanan pada bola mata. 

Selain itu, sejumlah penelitian menganggap pengobatan glaukoma bisa didukung dengan bahan-bahan alami. Berikut obat herbal glaukoma yang dinilai dapat mendukung kesembuhannya:

1. Ginkgo Biloba

Obat glaukoma alami yang pertama adalah ginkgo biloba. Menurut studi berskala kecil yang dimuat Journal of Ocular Pharmacology and Therapeutics, ekstrak ginkgo biloba diduga bermanfaat menghambat efek buruk glutamat terhadap sel ganglion.

Berdasarkan International Glutamate Information Service, glutamat adalah 1 dari 20 asam amino penyusun protein, yang secara alami diproduksi di dalam jaringan tubuh. 

Dalam kondisi tertentu, glutamat ternyata dapat merusak sel ganglion retina, yaitu sel dengan kandungan massa jaringan saraf di dalam retina. Retina sendiri adalah lapisan sangat tipis di bagian belakang bola mata yang sensitif terhadap cahaya. 

Penelitian menduga, ekstrak ginkgo biloba dapat menghambat dampak negatif glutamat dalam mematikan sel ganglion retina. Jadi, aliran darah mata lebih lancar.

Khasiat ginkgo biloba dalam memperlancar aliran darah mata dianggap bermanfaat untuk pengidap glaukoma tekanan normal, yaitu kerusakan saraf optik ketika tekanan bola mata dalam kisaran normal.

Kendati belum diketahui penyebabnya, American Academy of Ophthalmology menduga, aliran darah mata yang lancar dapat mengurangi risiko glaukoma tekanan normal.

Meski begitu, dibutuhkan riset lanjutan guna mengonfirmasi manfaat ginkgo biloba dalam memperlancar aliran darah mata. 

Soalnya, sejumlah penelitian lain tidak menemukan khasiat ginkgo biloba dalam memperlancar aliran darah, maupun mendukung penglihatan pengidap glaukoma.

2. Bilberry

Bilberry adalah jenis buah beri yang berasal dari Eropa Utara. Buah ini memiliki bentuk menyerupai bluberi.

Menurut riset yang dipublikasikan Molecular Nutrition & Food Research, efek antioksidan bilberry dapat mengurangi kerusakan sel ganglion retina tikus. Kemampuan ini dipercaya memperlancar aliran darah pengidap glaukoma tekanan normal.

Sayangnya, studi tersebut terbatas dilakukan pada hewan. Perlu penelitian lanjutan pada manusia untuk mengonfirmasi cara mengobati glaukoma secara alami menggunakan bilberry.

Artikel Lainnya: Sering Mual dan Muntah Hebat? Waspada Glaukoma!

3. Coleus Forskohlii

Coleus forskohlii alias Coleus barbatus adalah obat tradisional glaukoma yang diduga dapat mengurangi tekanan bola mata.

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal The Lancet, kandungan forskolin di dalam akar tanaman Coleus barbatus dapat mengurangi cairan mata pada kelinci, monyet, dan manusia.

Kendati demikian, diperlukan studi lanjutan untuk mengonfirmasi hal tersebut. Pasalnya, penelitian lain menemukan forskolin dapat menyebabkan hiperemia, yaitu kelebihan darah pada suatu bagian tubuh tertentu, termasuk mata.

Hiperemia justru dapat meningkatkan tekanan intraokular dan memperburuk glaukoma. 

Selain itu, forskolin juga dapat memicu takifilaksis, yaitu penurunan respons tubuh terhadap obat tertentu.

4. Kale dan Collard Greens

Kale dan collard hijau dinilai dapat mengurangi risiko glaukoma pada wanita. Menurut studi yang dirilis American Journal of Ophthalmology, kedua sayuran hijau kaya nitrat tersebut mengurangi risiko glaukoma sudut terbuka sebesar 57 persen pada wanita, lho.

Glaukoma sudut terbuka adalah jenis glaukoma yang paling umum. Kerusakan saraf optik ini disebabkan penumpukan cairan dan peningkatan tekanan bola mata, meskipun sistem drainase mata terbuka lebar.

5. Persik dan Jeruk

Risiko glaukoma sudut terbuka juga dianggap dapat diminimalkan dengan mengonsumsi buah peach dan jeruk. Menurut The Osteoporotic Fractures Research Group, kebiasaan makan persik dan jeruk bisa mengurangi risiko glaukoma sudut terbuka sebesar 79 persen!

Manfaat tersebut bisa didapatkan terutama bila jeruk dan persik dimakan sebanyak tiga buah atau lebih per hari. 

Itu dia daftar obat herbal glaukoma yang dipercaya dapat membantu penyembuhan. Namun, sampai sekarang masih belum ada obat herbal yang terbukti menyembuhkan glaukoma. 

Untuk mengurangi risiko gangguan penglihatan akibat glaukoma, tetap ikuti rekomendasi pengobatan medis dari dokter, ya.

Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang cara mengobati glaukoma, tanya dokter mata lebih cepat dan praktis di Live Chat. Info lainnya seputar penyakit mata juga bisa Anda dapatkan lebih lengkap dan akurat di aplikasi KlikDokter!

(FR/NM)

Referensi:

Review of Ophthalmology. Diakses 2022. Supplements & Glaucoma: Advising Your Patients.

Journal of Ocular Pharmacology and Therapeutics. Diakses 2022. Ginkgo biloba Extract Increases Ocular Blood Flow Velocity.

Molecular Nutrition & Food Research. Diakses 2022. Bilberry and its main constituents have neuroprotective effects against retinal neuronal damage in vitro and in vivo.

American Journal of Ophthalmology. Diakses 2022. Glaucoma Risk and the Consumption of Fruits and Vegetables Among Older Women in the Study of Osteoporotic Fractures.

International Glutamate Information Service. Diakses 2022. Glutamat dibuat dalam badan manusia dan memainkan peran esensial dalam metabolisme.

American Academy of Ophthalmology. Diakses 2022. Normal Tension Glaucoma

The Lancet. Diakses 2022. Forskolin Lowers Intraocular Pressure In Rabbits, Monkeys, And Man.

 

Penyakit MataObat HerbalGlaukoma

Konsultasi Dokter Terkait