Diet dan Nutrisi

Manfaat Tanaman Tarragon Bagi Kesehatan

Aditya Prasanda, 22 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Manfaat tanaman tarragon bagi kesehatan cukup banyak. Berikut ini ulasan khasiat tanaman tarragon bagi tubuh.

Manfaat Tanaman Tarragon Bagi Kesehatan

Tarragon alias Artemisia dracunculus merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai campuran bahan masakan. Kegunaan tarragon dalam masakan diperoleh dari daun kering dan pucuk bunganya. 

Bagian tersebut kerap dimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan semur, omelet, saus, atau makanan olahan berbahan ayam. Selain menambah cita rasa masakan, tarragon juga digunakan sebagai bahan pengobatan.

Pasalnya, herba atau tanaman obat ini dinilai memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan. Manfaat tarragon untuk kesehatan, di antaranya melancarkan pencernaan hingga membantu mengontrol kadar gula darah.

Terdapat tiga jenis tarragon, yaitu tarragon prancis, tarragon rusia, dan tarragon meksiko. Ulasan ini akan membahas soal manfaat tarragon secara umum, berikut penjelasannya:

1. Melancarkan Pencernaan

Sebuah studi yang digagas Department of Food and Nutritional Sciences, University College Cork di Irlandia menemukan kandungan minyak di dalam tarragon rusia alias Artemisia dracunculus L., bermanfaat melancarkan pencernaan.

Minyak tersebut dapat membantu merangsang produksi air liur di mulut, meningkatkan produksi cairan asam lambung dan mendukung gerakan peristaltik di usus. Sederet khasiat tersebut, membantu makanan dicerna oleh tubuh secara lebih baik.

Hasil riset mengungkapkan bahwa efek herbal tarragon untuk pencernaan berasal dari kandungan senyawa karotenoid di dalam minyaknya.

Artikel Lainnya: Manfaat Tumbuhan Sarang Semut untuk Kesehatan

 

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Berdasarkan riset yang diujicobakan kepada tikus dan dimuat National Center for Biotechnology Information, ekstrak tarragon diduga dapat menyeimbangkan kadar hormon ghrelin dan leptin.

Ghrelin merupakan hormon rasa lapar, sementara leptin adalah hormon yang bertanggung jawab atas rasa kenyang. Ketidakseimbangan kadar kedua hormon tersebut menyebabkan nafsu makan menurun.

Ekstrak tarragon diduga dapat menyeimbangkan produksi hormon ghrelin dan leptin, sehingga bisa meningkatkan nafsu makan. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan pada manusia, guna mengonfirmasi khasiat tersebut.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh berbahan tarragon prancis selama berabad-abad diyakini dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang minum teh herba ini sebelum tidur.

Disampaikan dr. Theresia Rina Yunita, hal ini karena tarragon memiliki efek sedatif (menenangkan). 

“Dalam satu penelitian yang dilakukan pada tikus, tanaman Artemisia (termasuk tarragon) ternyata memberikan efek sedatif dan membantu mengatur pola tidur,” paparnya.

Meski begitu, dr. Theresia menegaskan, diperlukan studi lanjutan untuk mengetahui manfaat tarragon dalam meningkatkan kualitas tidur, utamanya pada manusia. 

Artikel Lainnya: Tanaman Herbal yang Konon Bermanfaat untuk Anak

 

4. Meredakan Sakit Gigi

Menurut riset dari jurnal Experimental and Therapeutic Medicine, eugenol merupakan senyawa alami dari tanaman yang berperan sebagai anestesi atau pereda rasa nyeri alami. Oleh karena itu, zat eugenol kerap digunakan untuk membantu meredakan nyeri atau sakit gigi

Lalu, dilansir dari “Handbook of Herbs and Spices”, tarragon juga termasuk ke dalam tanaman yang mengandung zat eugenol. Manfaat eugenol untuk meredakan sakit gigi bisa didapatkan dengan cara mengunyah daun tarragon segar.

 

5. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Hiperinsulinemia merupakan kondisi meningkatnya kadar insulin di dalam tubuh. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh resistensi insulin, yaitu ketidakmampuan tubuh dalam merespons hormon insulin.

Insulin merupakan hormon yang bertugas membantu sel tubuh menyerap dan mengubah gula darah menjadi energi. Resistensi insulin mencetuskan gejala khas diabetes tipe 2, yaitu hiperglikemia alias lonjakan kadar gula darah (glukosa) melebihi ambang batas moral.

Untuk mengatasi hiperglikemia, tubuh berusaha menurunkan kadar gula darah dengan memproduksi insulin dalam jumlah besar. Hal inilah yang mencetuskan hiperinsulinemia. 

Menurut studi yang dimuat Journal of Medicinal Food, kebiasaan mengonsumsi tarragon sebelum makan dapat membantu mengurangi kadar insulin total secara signifikan. Selain itu, tarragon juga membantu menurunkan kadar gula darah tinggi.

Itu dia sederet manfaat tanaman tarragon untuk kesehatan. Harap dicatat, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum menambahkan herba jenis apapun, termasuk tarragon untuk mengatasi gangguan medis maupun menjaga kondisi tubuh.

 

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar manfaat tanaman herbal lainnya, konsultasikan kepada dokter via Live Chat KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

National Center for Biotechnology Information. Diakses 2022. Carotenoid content of commonly consumed herbs and assessment of their bioaccessibility using an in vitro digestion model.

National Center for Biotechnology Information. Diakses 2022. The role of leptin and ghrelin in the regulation of food intake and body weight in humans: a review.

Ditinjau oleh dr. Theresia Rina Yunita

Obat alamiherbal

Konsultasi Dokter Terkait