Kulit

Ketahui Prosedur dan Dua Teknik Cangkok Kulit

Zahra Aminati, 28 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cangkok kulit digunakan untuk memperbaiki kerusakan kulit. Seperti apakah prosedur cangkok kulit? Cari tahu di sini.

Ketahui Prosedur dan Dua Teknik Cangkok Kulit

Cangkok kulit atau skin graft adalah prosedur memindahkan kulit yang sehat ke bagian tubuh lain yang memerlukan kulit baru. Prosedur cangkok kulit bertujuan memperbaiki penampilan bagian tubuh yang mengalami kerusakan kulit, misalnya karena luka bakar

Dokter dapat menggunakan cangkok atau mengambil kulit sehat dari bagian bokong, paha bagian dalam, atau area tubuh yang tertutup oleh pakaian. 

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan, “Cangkok kulit dapat dilakukan untuk mengatasi pasien dengan kondisi, seperti infeksi kulit, memiliki luka bakar pada kulit yang cukup masif, atau memiliki riwayat kanker kulit.”

Lantas, bagaimana operasi atau prosedur cangkok kulit dilakukan? Cari tahu di bawah sini. 

Dua Jenis Teknik Cangkok Kulit

Ada dua jenis prosedur cangkok kulit, yakni cangkok kulit split tebal dan cangkok ketebalan penuh. Berikut penjelasannya. 

1. Split-thickness Grafts

Teknik ini juga disebut sebagai cangkok kulit split yang dilakukan dengan mengangkat lapisan tipis permukaan kulit (epidermis) dan sebagian lapisan kulit dalam (dermis).

“Biasanya, potongan kulit akan diangkat dan ditempelkan di bagian jaringan luka yang terbuka, seperti kaki. Bisa juga kulit cangkok tersebut diambil dari paha depan atau luar, perut, bokong, atau punggung,” kata dr. Iqbal.

Artikel Lainnya: Mengenal Peran dan Tindakan yang Dilakukan Dokter Bedah Plastik

Teknik ini umumnya dilakukan apabila cangkok kulit yang dibutuhkan berukuran besar. Cangkok split cenderung rapuh dan biasanya memiliki penampilan kulit yang mengilap atau halus. 

Terkadang, bagian kulit juga dapat terlihat lebih pucat dibandingkan kulit di sebelahnya. Cangkok split-thickness tidak tumbuh secepat kulit yang tidak dicangkok. 

Oleh karena itu, perawatan jenis ini perlu mendapatkan cangkok tambahan seiring bertambahnya usia. 

2. Full-thickness Grafts

Teknik ini dilakukan dengan menghilangkan semua epidermis dan dermis dari area donor.

“Biasanya dokter akan menghilangkan lapisan kulit yang rusak,” ujar dr. Iqbal. Ahli bedah akan mengambil kulit yang sehat di bagian perut, selangkangan, lengan bawah, atau daerah di atas klavikula (tulang selangka). 

Cangkok yang digunakan berupa potongan kulit yang lebih kecil. Tujuannya supaya dokter dapat menyatukan dan menutupi area donor di dalam sayatan garis lurus menggunakan jahitan atau staples. 

Dokter sering menggunakan cangkok full-thickness untuk luka kecil di bagian tubuh terlihat seperti wajah. 

Beda dengan cangkok split-thickness, cangkok full-thickness dapat menyatu dengan kulit di sekitarnya dan cenderung memiliki hasil yang lebih baik. 

Artikel Lainnya: Macam-macam Terapi Luka di Kulit yang Bisa Anda Pilih

Proses dan Prosedur Cangkok Kulit

Sebelum memulai prosedur cangkok kulit, dokter bedah akan melihat dan menganalisis kondisi kerusakan kulit secara keseluruhan. 

Dokter dapat menyarankan pasien untuk berhenti merokok atau menggunakan tembakau guna mencegah efek samping saat operasi cangkok kulit.  

Sebelum proses cangkok kulit, pasien juga harus memberi tahu dokter mengenai obat yang sedang dikonsumsi. 

Perlu diketahui, operasi cangkok kulit dilakukan di bawah obat anestesi umum. Artinya, pasien akan tertidur dan tidak merasakan nyeri selama proses operasi berlangsung. 

Selanjutnya, dokter bedah akan mengambil cangkok dari situs donor atau kulit yang sehat. 

Dokter akan menempatkan kulit yang sehat di atas area transplantasi atau bagian kulit yang rusak. Pada proses ini, dokter menggunakan pembalut bedah, staples, atau jahitan. 

Setelah prosedur selesai, dokter bedah akan menutup area donor dengan pembalut yang tidak akan menempel di kulit. 

Beberapa hari setelah operasi berlangsung, kulit pasien mungkin akan tampak ungu dan merah. Tetapi setelah sekitar satu minggu, ketika dokter melepas pembalut,  umumnya kulit tampak berwarna merah muda. 

Seiring berjalannya waktu, cangkok kulit akan berubah menyesuikan warna kulit di sekitarnya. Penting untuk melakukan perawatan atau check up rutin ke dokter setelah operasi. 

Pasien juga diminta menjaga perban luka tetap kering dan bersih, menjaga area cangkok dengan baik, dan menghindari kontak dengan perban kecuali hendak menggantinya. 

Itu dia penjelasan mengenai cangkok kulit. Untuk tahu informasi atau tips kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. M. Iqbal Ramadhan
  • Mount Sinai. Diakses 2022. Skin Graft.
  • Healthline. Diakses 2022. Skin Graft Surgery. 

 

kulitcangkok kulitInfeksi Kulit

Konsultasi Dokter Terkait