Kulit

Menilik Manfaat Dedak Padi untuk Kesehatan Kulit

Zahra Aminati, 24 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dedak padi sering digunakan untuk makanan ayam. Selain itu, bahan ini juga disebut punya manfaat untuk kulit, lho! Apa saja manfaat dedak padi untuk kesehatan kulit?

Menilik Manfaat Dedak Padi untuk Kesehatan Kulit

Dedak padi atau rice bran berasal dari lapisan terluar beras. Bahan ini sering olah menjadi minyak kesehatan, yang populer di Jepang, India, dan negara lain di bagian Asia Tenggara. 

Dedak padi disebut mengandung zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dari makanan. Bahan ini pun disebut bisa menurunkan penyerapan kalsium, sehingga membantu menurunkan risiko pembentukan batu ginjal

Tidak berhenti di situ, dedak padi pun disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Benarkah hal ini? Apa saja manfaat dedak padi untuk kulit? Yuk, cari tahu!

1. Memperbaiki Kerusakan Kulit

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, rice bran memang diklaim dapat meningkatkan kesehatan kulit. 

“Di dalam rice bran terkandung beberapa antioksidan, sehingga diyakini baik untuk memperbaiki kerusakan kulit. Bahan ini pun diyakini mampu meningkatkan elastisitas kulit,” ujar dr. M. Iqbal.  

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Kulit Anda Kekurangan Kolagen

“Kandungan antioksidan di dalamnya disebut pula dapat mengurangi kerutan, meningkatkan produksi kolagen pada kulit,” sambungnya.

Lebih dari itu, antioksidan dalam dedak padi juga dipercaya bisa mencegah stres oksidatif akibat radikal bebas. Dengan demikian, kulit terhindar dari risiko peradangan.

2. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Ultraviolet

Dedak padi yang mengandung antioksidan disebut dapat mengurangi risiko kulit terbakar saat terpapar sinar ultraviolet. 

Antioksidan tersebut berasal dari ferulic acid. Senyawa ini pun disebut-sebut bisa membantu menjaga kulit agar tetap halus dan tampak muda. 

Ferulic acid pun diyakini dapat meningkatkan stabilitas vitamin C dan E pada kulit, sehingga mampu mencegah proses oksidasi. 

Artikel Lainnya: Masker Oatmeal untuk Redakan Kulit Terbakar

3. Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Menurut dr. M. Iqbal, minyak dedak padi baik untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini konon berkat kandungan vitamin E yang ada di dalamnya.

“Dengan mengoleskan minyak dedak padi di area sekitar mata, sirkulasi darah akan lebih baik. Hal tersebut juga dapat mengurangi kehitaman pada bagian bawah mata,” ucap dr. M. Iqbal. 

Melansir Healthline, vitamin E dapat pula memberikan kelembapan dan mengunci air pada kulit. Hal ini membuat kulit kenyal dan terhidrasi. 

Sebagian khasiat dedak padi untuk kesehatan kulit masih bersifat dugaan. Oleh karena itu, sebelum memanfaatkan bahan alami tersebut, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Memiliki pertanyaan seputar bahan alami untuk kecantikan kulit? Ingin tahu lebih lanjut mengenai fakta kesehatan lainnya? Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Referensi:

  • WebMD. Diakses 2022. Rice Bran
  • Very Well Health. Diakses 2022. Skin Elasticity: What It Is and How to Protect It.
  • Healthline. Diakses 2022. Vitamin E for Dark Circles: Does It Work?
  • Wiley Online Library. Diakses 2022. The effects of topical application of phytonadione, retinol and vitamins C and E on infraorbital dark circles and wrinkles of the lower eyelids. 2004. 
  • Derm Store. Diakses 2022. Antioxidants in Skin Care: How Do They Work and Which Ones Are the Best?
  • Mun Skin. Diakses 2022. Ingredient Spotlight: Rice Bran Oil Benefits For Skin. 
  • Wawancara dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

 

kulitKecantikanSkincare

Konsultasi Dokter Terkait