Sukses

Manfaat Kulit Bawang untuk Kesehatan

Menurut riset, kulit bawang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat kulit bawang tersebut? Simak temuannya di sini.

Umumnya, setelah dikupas, kulit bawang dibuang begitu saja. Padahal, terdapat banyak manfaat kulit bawang untuk kesehatan

Khasiat kulit bawang untuk kesehatan disebut-sebut dapat meningkatkan kekebalan, mendukung kesehatan jantung, serta menjaga kadar gula darah. 

Disampaikan dr. Theresia Rina Yunita, sederet manfaat tersebut diperoleh dari kandungan nutrisi di dalam kulit bawang. 

“Kulit bawang mengandung serat dan kaya antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan flavonoid yang baik untuk kesehatan,” katanya.

Bagaimana mekanisme nutrisi kulit bawang mendukung kesehatan tubuh? Yuk, cari tahu.

Artikel Lainnya: Benarkah Bisa Turunkan Hipertensi dengan Bawang Putih?

1 dari 4 halaman

1. Meningkatkan Kekebalan

Stres oksidatif merupakan kondisi ketika kadar radikal bebas di dalam tubuh lebih banyak daripada antioksidan. Kondisi ini menyebabkan radikal bebas merusak sel dan jaringan tubuh, termasuk sistem kekebalan.

Karena itu, untuk menjalankan fungsinya dengan baik, sistem kekebalan sangat bergantung pada asupan gizi yang berperan sebagai antioksidan.

Pasalnya, antioksidan dapat menghancurkan sel-sel radikal bebas serta melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan melalui National Library of Medicine, jenis antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, di antaranya vitamin A, C, dan E.

Sederet antioksidan ini terkandung di dalam kulit bawang. Riset mengungkapkan vitamin A, C, dan E bermanfaat meningkatkan respons imun tertentu, sehingga dapat meningkatkan kekebalan.

Artikel Lainnya: Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

2 dari 4 halaman

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Stres oksidatif yang berlangsung dalam jangka panjang dapat memicu berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung

Hal ini karena stres oksidatif dapat merusak sel-sel sehat dan menyebabkan peradangan, termasuk di pembuluh darah arteri koroner.

Arteri koroner merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah untuk sel-sel jantung. 

Peradangan arteri koroner dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Hal ini disampaikan oleh dr. Deepak Bhatt, direktur Integrated Interventional Cardiovascular Program di Brigham and Women's Hospital & VA Boston Healthcare System.

Menurutnya, peradangan arteri koroner dapat memperbesar risiko penyumbatan pembuluh arteri oleh plak dan gumpalan darah. Pada gilirannya, kondisi ini memicu serangan jantung.

Masalah jantung ini dapat diminimalkan, salah satunya dengan mengonsumsi kulit bawang merah. Manfaat kulit bawang merah untuk kesehatan jantung berasal dari kandungan senyawa flavonoid bernama quercetin.

Quercetin berperan sebagai agen antiradang yang dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah. Selain itu, menurut riset yang dirilis melalui British Journal of Nutrition tahun 2015, quercetin yang diperoleh dari ekstrak kulit bawang merah efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian tersebut dilakukan pada penderita obesitas alias kelebihan berat badan yang mengidap prehipertensi dan hipertensi stadium 1. Tekanan darah tinggi sendiri merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko serangan jantung.

Lainnya, manfaat kulit bawang untuk jantung berasal dari kandungan serat di dalamnya. Mengacu pada studi yang dimuat di National Center for Biotechnology, teratur mengonsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, serta kanker usus dan obesitas

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Bawang yang Mungkin Belum Anda Tahu

3 dari 4 halaman

3. Mengontrol Gula Darah

Khasiat kulit bawang berikutnya yaitu dapat mengontrol gula darah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan quercetin di dalam kulit bawang.

Karena efek positifnya tersebut, quercetin kerap direkomendasikan pula untuk mengobati diabetes, penyakit metabolik yang disebabkan ketidakmampuan tubuh dalam merespons dan memproduksi hormon insulin.

Insulin merupakan hormon yang bertugas membantu sel tubuh menyerap dan mengubah gula darah menjadi energi. Ketika hormon insulin tidak direspons ataupun diproduksi tubuh secara optimal, hal ini mencetuskan gejala khas diabetes berupa lonjakan gula darah.

Meski begitu, berdasarkan WebMD, dibutuhkan penelitian lanjutan, guna mengetahui manfaat kulit bawang dalam membantu kontrol gula darah penderita diabetes.

Itu dia sederet manfaat kulit bawang untuk kesehatan. Konsultasikan dengan dokter terkait konsumsinya agar manfaatnya dapat diperoleh secara maksimal. 

(PUT/JKT)

Referensi:

Health Benefit Times. Diakses 2022. Onion skin uses and health benefits.

Almanac. Diakses 2022. Onion skins for health (and more).

WebMD. Diakses 2022. Quercetin - Uses, Side Effects, and More.

British Journal of Nutrition. Diakses 2022. Effects of a quercetin-rich onion skin extract on 24 h ambulatory blood pressure and endothelial function in overweight-to-obese patients with (pre-)hypertension: a randomised double-blinded placebo-controlled cross-over trial.

National Library of Medicine. Diakses 2022. Physiological role of antioxidants in the immune system

0 Komentar

Belum ada komentar