Jantung

Obat Herbal untuk Mengatasi Hipertensi

Aditya Prasanda, 02 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hipertensi juga bia diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan herbal. Ingin tahu apa saja obat herbal untuk hipertensi? simak di sini.

Obat Herbal untuk Mengatasi Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah melebihi ambang batas normal, yaitu 130/80 mmHg atau lebih. Untuk membantu mencegah dampak buruknya, terdapat beberapa bahan herbal untuk hipertensi yang bisa dikonsumsi.

Pasalnya, jika tidak ditangani, kondisi tersebut sangat berbahaya dan dapat memicu komplikasi penyakit mematikan, seperti gagal jantung, gangguan ginjal, hingga stroke.

Apa saja tanaman herbal untuk darah tinggi yang dimaksud? Yuk, cari tahu di bawah ini:

 

1. Kemangi

Basil atau kemangi merupakan tanaman yang banyak digunakan dalam pengobatan alternatif. Sebab, kemangi mengandung sejumlah senyawa antioksidan kuat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satu antioksidan yang dimaksud yaitu eugenol. Kemangi mengandung eugenol yang sangat tinggi.

Artikel Lainnya: Kenali Tekanan Darah Normal Sesuai Jenjang Usia

Berdasarkan studi yang diterbitkan US National Center for Biotechnology Information tahun 2014, eugenol di dalam kemangi bermanfaat menurunkan tekanan darah. Riset tersebut dilakukan pada tikus.

Peneliti menemukan, eugenol dapat mengurangi hipertensi dengan cara menghambat pergerakan kalsium ke jantung maupun sel-sel arteri. Cara ini membuat pembuluh darah tetap relaks, sehingga tekanan darah pada tikus dapat diturunkan.

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan pada manusia guna mengetahui manfaat kemangi sebagai ramuan herbal untuk hipertensi.

2. Peterseli

Disampaikan dr. Atika, khasiat peterseli atau parsley dalam menurunkan hipertensi berasal dari efek diuretiknya.

“Diuretik berarti mendorong pengeluaran cairan lebih banyak dari tubuh, sehingga tekanan darah dapat menurun. Ada jurnal yang menyebutkan bahwa daun dan akar parsley dapat menurunkan hipertensi karena efek tersebut,” jelasnya.

Dokter Atika menambahkan, penelitian lainnya menyebut peterseli juga dapat memengaruhi sel endotel di pembuluh darah.

Studi yang dipublikasikan US National Center for Biotechnology Information tahun 2019 itu mengungkapkan, mekanisme tersebut menyebabkan pembuluh darah melebar.

“Ketika pembuluh darah melebar, tekanan darah akan menurun,” terang dr. Atika.

Artikel Lainnya: Cara Pakai Sphygmomanometer untuk Mengukur Tekanan Darah

Manfaat tanaman herbal ini untuk menurunkan darah tinggi diduga berasal dari kandungan vitamin C dan karotenoid. Kedua senyawa ini bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Kendati demikian, dibutuhkan riset lanjutan pada manusia untuk mengonfirmasi khasiat peterseli tersebut.

3. Bawang Putih

Masih dikutip dari studi yang dirilis US National Center for Biotechnology Information, terdapat penelitian yang menyebutkan bawang putih bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Studi menemukan, manfaat herbal untuk hipertensi ini berasal dari senyawa belerang seperti allicin. Senyawa ini dapat meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. Hasilnya, tekanan darah menurun.

Riset menyebutkan, orang yang mengonsumsi bawang putih dapat mengalami penurunan tekanan sistolik sebesar 8,3 mmHg dan diastolik sebesar 5,5 mmHg.  

Temuan ini diperoleh setelah peneliti meninjau dua belas studi yang mengkaji manfaat bawang putih untuk hipertensi. Riset melibatkan 550 penderita tekanan darah tinggi.

Khasiat tanaman herbal untuk darah tinggi tersebut bahkan disebut-sebut memiliki efek serupa obat penurun tekanan darah.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar obat hipertensi, konsultasi kepada dokter lebih cepat lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Referensi:

US National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. Eugenol dilates rat cerebral arteries by inhibiting smooth muscle cell voltage-dependent calcium channels.

US National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. Antihypertensive activity of Petroselinum crispum through inhibition of vascular calcium channels in rats.

US National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. Effects of Allicin on

Hypertension and Cardiac Function in Chronic Kidney Disease.

US National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. Potential of garlic (Allium sativum) in lowering high blood pressure: mechanisms of action and clinical relevance.

Healthline. Diakses 2021. 10 Herbs That May Help Lower High Blood Pressure.

Obat Herbalobat hipertensiHipertensi

Konsultasi Dokter Terkait