Gigi Mulut

Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah?

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 15 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit gigi yang mengganggu dipercaya bisa disembuhkan dengan minyak tawon. Tertarik menggunakan cara alami ini? Simak dahulu faktanya di sini.

Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah?

Sakit gigi merupakan kondisi yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya bisa karena adanya bakteri yang memicu peradangan. Tak jarang, sakit gigi juga muncul ketika kondisi tubuh tidak fit, misalnya saat sariawan.

Karena rasa sakit cukup mengganggu, berbagai cara pun dilakukan untuk membuatnya mereda, mulai dari cara medis hingga tradisional.

Salah satu pengobatan alami yang sering dilakukan, yaitu dengan menggunakan minyak tawon. Minyak tawon dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sakit gigi.

Benarkah kegunaan minyak tawon untuk sakit gigi tersebut? Yuk, simak faktanya di sini.

Manfaat Minyak Tawon untuk Sakit Gigi

Kurang akrab dengan minyak tawon? Faktanya, sama dengan minyak kayu putih dan minyak telon, minyak tawon juga kerap kali digunakan untuk memijat tubuh.

Walaupun namanya minyak “tawon”, minyak ini tidak terbuat dari tawon ataupun memiliki kandungan yang diperoleh dari hewan tersebut. Nama minyak tawon sendiri adalah nama produk yang mengacu pada minyak gosok dengan berbagai campuran larutan di dalamnya.

Artikel Lainnya: Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

Kandungan minyak tawon terdiri dari minyak kelapa, minyak kayu putih, minyak atsiri, dan minyak cengkeh.

Setiap larutan penyusun memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, minyak kayu putih yang diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah adanya infeksi bakteri. 

Sementara itu, minyak atsiri dan minyak cengkeh terkenal akan kandungan antibakterinya yang cukup tinggi.

Berdasarkan kandungan tersebut, terutama antibakteri dan kemampuan untuk mencegah infeksi bakteri, minyak tawon dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi. Berbagai penelitian juga mendukung hal tersebut. 

Walaupun minyak tawon dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi, bukan berarti minyak alami ini bisa menyembuhkan sakit gigi secara keseluruhan.

Untuk menyembuhkan sakit gigi, Anda terlebih dahulu perlu mengetahui penyebabnya. Cara yang paling efektif adalah berkonsultasi ke dokter gigi terkait kondisi Anda. Dengan demikian, penanganan yang diberikan akan sesuai.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi yang Perlu Kamu Tahu

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Minyak Tawon

Sebelum mengobati sakit gigi dengan minyak tawon, Anda perlu memahami cara penggunaannya.

Umumnya, penggunaan minyak tawon untuk meredakan sakit gigi, yaitu dengan cara dioleskan. Sementara untuk konsumsi langsung, belum ada penelitian terkait penggunaannya. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi minyak tawon secara langsung, ya.

Selain itu, perhatikan banyaknya minyak yang dioleskan. Sebaiknya oleskan minyak secukupnya, dengan jumlah yang sedikit, tidak perlu terlalu banyak. Penggunaan yang terlalu banyak akan membuat Anda tidak nyaman.

Penggunaan minyak tawon dapat dilakukan untuk penanganan awal saja dengan tujuan meredakan rasa sakit. Sementara itu, untuk menyembuhkannya, ketahui dulu penyebabnya agar penanganan bisa disesuaikan. Dengan begitu, sakit gigi tidak akan muncul kembali.

Demikian penjelasan seputar khasiat minyak tawon untuk atasi sakit gigi. Walaupun sudah ada penelitian yang menyatakan manfaat minyak tawon ini, sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Ingatlah bahwa penggunaan minyak tawon hanya sebatas meredakan nyeri, bukan untuk menyembuhkan sakit gigi secara keseluruhan.

Konsultasi dengan dokter gigi sangat dianjurkan bila Anda mengalami sakit gigi yang mengganggu. Gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi kepada dokter gigi.

[WA]

Minyak TawonSakit Gigi

Konsultasi Dokter Terkait