HomePsikologiRelationshipPendapatan Istri Lebih Tinggi dari Suami, Rentan Konflik?
Relationship

Pendapatan Istri Lebih Tinggi dari Suami, Rentan Konflik?

Zahra Aminati, 01 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kondisi gaji istri lebih tinggi dari suami kerap ditemukan dalam sejumlah keluarga. Namun, apakah hal ini berisiko memicu konflik? Ini kata psikolog.

Pendapatan Istri Lebih Tinggi dari Suami, Rentan Konflik?

Kini, cukup banyak istri yang juga berperan sebagai wanita karier. Tidak menutup kemungkinan gaji istri lebih tinggi dari suami. 

Melansir Psych Central, hampir sepertiga wanita karier di suatu negara berpenghasilan lebih besar dibanding suami. 

Beberapa orang beranggapan kondisi tersebut dapat memicu konflik dalam rumah tangga. Benarkah selalu demikian?

Pendapatan Istri Lebih Tinggi dari Suami, Konflik Rumah Tangga Apa yang Bisa Terjadi?

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, kondisi gaji istri lebih tinggi dari suami terkadang memang menimbulkan pengaruh tertentu pada suami.

“Kalau dari salah satu penelitian yang ada, memang ada pengaruhnya ke pria. Sebagian pria jadi cenderung lebih stres dengan istri jika bergaji lebih besar dari suami. Hal ini karena adanya pride atau harga diri suami yang menurun ketika gaji istri lebih besar,” ungkap Ikhsan.

“Hal ini juga bisa terjadi karena faktor maskulinitas kalau pria berharap dirinya selalu lebih baik ketimbang wanita. Inilah yang menyebabkan stres,” lanjutnya.

Dari hal-hal psikologis yang dirasakan sang suami tersebut, terkadang konflik pasangan suami dan istri rentan terjadi.

Artikel lainnya: Tips Berbagai Peran Suami-Istri di Dalam Rumah Tangga

Pernikahan mungkin bisa menjadi lebih goyah ketika istri berpenghasilan lebih tinggi dibanding suami. Karena, suami bisa saja merasa insecure atau tidak lagi dihormati oleh istri.

Selain masalah pride, Ikhsan juga mengatakan ada konflik lain di rumah tangga yang mungkin bisa muncul ketika istri memiliki gaji yang lebih besar daripada suami. Hal ini berkaitan dengan beban pekerjaan yang umumnya tinggi ketika bergaji besar.

Konflik yang dimaksud Ikhsan adalah perdebatan tanggung jawab dalam peran rumah tangga.

“Ketika istri gaji lebih besar, otomatis tanggung jawab di kantor atau pekerjaannya lebih besar. Jadinya, kemungkinan peran istri di rumah akan berubah atau berkurang,” papar Ikhsan.

“Misal, biasa pulang jam 5 terus masak masakan suami, dan jam 7 sudah makan bareng. Tapi, istri jadi pulang jam 7 atau 8 malam, jadi kadang nggak sempat masak di rumah. Perubahan itu bisa jadi masalah kalau tidak dikomunikasikan dan tidak saling memahami,” ungkapnya.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Mom Shaming Agar Tak Rusak Mental Ibu

Nominal Gaji Tak Perlu Dijadikan Persaingan

Beberapa suami mungkin merasa kurang memiliki “power” ketika sang istri mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari mereka. Lantas bagaimana menghindari masalah rumah tangga jika penghasilan istri lebih besar dari suami?

Menurut Psikolog Ikhsan, hal ini tidak perlu menjadi masalah. Komunikasi dan rasa saling menghargai serta menghormati penting di antara suami dan istri. Sebaiknya, suami juga perlu menurunkan egonya ketika memiliki istri berpenghasilan lebih tinggi. 

“Sadari kalau ini bukanlah persaingan dalam rumah tangga. Suami tetap perlu memahami kalau peran suami pencari nafkah utama, sehingga berapa pun jumlahnya tetap perlu dihargai,” ujar Ikhsan.

Tidak ada hubungan pernikahan yang sempurna. Jika gaji istri lebih tinggi, hal ini tak perlu dicemaskan hingga memicu konflik. Bicarakan urusan finansial dalam keluarga secara baik-baik dan terbuka.

Bila butuh saran psikolog, gunakan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(FR/JKT)

Referensi:

Psych Central. Diakses 2021. When Women Earn More Than Men

Fatherly. Diakses 2021. When Wives Earn More Than Their Husbands, Marriages Struggle.

The New York Times. Diakses 2021. When Wives Earn More Than Husbands, Neither Partner Likes to Admit It.

RelationshipHubungan pernikahankesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait