Kulit

Tips Skincare Malam Supaya Tidak Mengotori Bantal

Tri Yuniwati Lestari, 18 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Takut produk skincare malam menempel di bantal dan jadi sia-sia? Jangan khawatir, ikuti cara memakai skincare malam hari yang tepat berikut ini!

Tips Skincare Malam Supaya Tidak Mengotori Bantal

Penggunaan skincare malam penting untuk melembapkan, merawat, dan meregenerasi kulit wajah. Namun, ada sebagian wanita yang tidak suka atau cocok menggunakan skincare di malam hari.

Melakukan rangkaian skincare malam hari diklaim sia-sia karena akan menempel di bantal.

Padahal, menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, para wanita tak perlu khawatir dengan risiko skincare malam yang menempel di bantal.

Anda hanya perlu mengetahui tips dan trik agar produk yang digunakan tidak terbuang sia-sia dan bekerja maksimal di kulit.

 

Cara Memakai Skincare Malam agar Tidak Menempel di Bantal

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Beri Jeda Waktu untuk Skincare Menyerap ke Kulit 

Dijelaskan dr. Sara, kesalahan menggunakan skincare malam yang umum adalah tidak memberikan jeda pada produk untuk menyerap ke kulit. Kebanyakan wanita langsung tidur setelah menggunakan produk perawatan kulit malam hari.

Hal itu akhirnya dapat menyebabkan skincare malam tidak bekerja optimal karena menempel di bantal.

Artikel Lainnya: Populer dalam SkinCare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit

Dokter Sara mengatakan, memang tidak ada aturan pasti berapa lama jeda untuk menunggu skincare malam sebelum tidur.

“Saat menggunakan skincare malam, biarkan produk menyerap terlebih dahulu. Kalau buat penyerapan, sebaiknya kurang lebih setengah jam. Jadi, penggunaan skincare bisa disesuaikan dengan jam tidurnya,” ucap dr. Sara.

2. Tidur Telentang

Cara mencegah produk perawatan kulit malam hari menempel di bantal berikutnya adalah tidur telentang.

Tidur menyamping atau tengkurap membuat kulit bersentuhan langsung dengan bantal. Produk skincare yang Anda gunakan dapat berpindah dari wajah ke bantal.

Namun, dr. Sara mengatakan tidak perlu terus-menerus tidur telentang setelah menggunakan skincare malam. Anda hanya perlu tidur telentang jika penggunaan skincare malam masih kurang dari 30 menit. 

“Kalau sudah menyerap, bisa tidur seperti biasa. Tapi, kalau belum menyerap, misalnya baru pakai skincare kurang dari 30 menit, bisa coba telentang dulu tidurnya,” jelas dr. Sara.

3. Gunakan Produk Bertekstur Ringan (Lebih Cair)

Tips menghindari skincare mengotori bantal selanjutnya adalah gunakan produk bertekstur ringan dan cepat menyerap.

Artikel Lainnya: Kenali Perbedaan Skincare Moisturizing dan Hydrating untuk Kulit Wajah!

Sebaiknya tidak memakai produk berbahan dasar minyak atau krim bertekstur sangat kental jika ingin bergegas tidur.

Skincare bertekstur minyak biasanya lebih lama diserap kulit. Perhatikan cara layering (memakai skincare berlapis) dari produk yang akan digunakan.

4. Jangan Menggunakan Banyak Produk

Pastikan Anda hanya menggunakan skincare malam secukupnya. Memakai skincare di malam hari terlalu banyak dapat membuat produk lama menyerap di kulit.

Bila mengenai bantal, produk skincare tidak bekerja maksimal di lapisan kulit dan menjadi sia-sia.

5. Pijat Lembut Kulit Wajah Setelah Menggunakan Skincare Malam

Cara memakai skincare malam hari lainnya adalah berikan pijatan lembut di kulit setelah mengaplikasikan produk. Pijatan lembut pada kulit wajah bertujuan agar skincare meresap sempurna.

Pastikan tangan Anda bersih sebelum mengoles produk skincare dan memijat wajah. Pijat wajah yang telah diberikan skincare kira-kira 10 menit untuk hasil maksimal.

Artikel Lainnya: Mitos Tentang Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya

Ganti Seprai dan Sarung Bantal Berkala

Selain menerapkan cara memakai skincare malam agar tidak menempel di bantal, Anda juga perlu memastikan kebersihan seprai dan sarung bantal.

Gantilah setidaknya setiap 2 minggu sekali untuk seprai, dan 1 minggu sekali untuk sarung bantal.

Sarung bantal yang jarang diganti akan memiliki banyak kotoran dari wajah dan rambut. Kotoran tersebut dapat berpindah ke kulit dan menyebabkan masalah.

Pada akhirnya, semua upaya menghilangkan jerawat atau mendapatkan wajah glowing akan sia-sia jika menggunakan sarung bantal kotor.

Artikel Lainnya: Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

 

Bersabar Menunggu Skincare Bekerja

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, namun belum juga melihat hasil dari produk perawatan malam hari, sebaiknya bersabar sebelum mengganti dengan produk lain ataupun menghentikannya.

Melansir Healthline, berikan waktu pada kulit untuk memproses produk perawatan wajah yang digunakan. Hal ini terutama jika skincare berfokus pada hiperpigmentasi dan anti-penuaan.

Anda dapat menghentikan pemakaian skincare bila langsung mengalami reaksi seperti rasa panas, gatal, terkelupas, atau perih.

Kalau ingin tanya lebih lanjut seputar skincare routine malam hari, langsung konsultasi lewat LiveChat dokter kulit di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

Kecantikan KulitKulit WajahSkincare

Konsultasi Dokter Terkait