HomeIbu Dan anakKehamilanManfaat Makan Udang Saat Masa Kehamilan
Kehamilan

Manfaat Makan Udang Saat Masa Kehamilan

Endah Murniaseh, 06 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Udang mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Lantas, apa saja manfaatnya jika dikonsumsi selama masa kehamilan?

Manfaat Makan Udang Saat Masa Kehamilan

Udang adalah salah satu seafood yang banyak dikonsumsi masyarakat. Rasanya enak, mudah didapat, dan tidak sulit mengolahnya. Selain itu, udang juga mengandung banyak nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak terkecuali nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, seperti protein, selenium, vitamin B12, dan fosfor. Konsumsi udang pun secara umum aman bagi ibu hamil.

Apa saja manfaat mengonsumsi udang saat masa kehamilan? Berikut ulasannya.

 

Manfaat Udang Untuk Ibu Hamil

Diet sehat selama masa kehamilan mampu memastikan bayi selalu dalam keadaan sehat. Seafood, termasuk udang pun bisa menjadi makanan yang mendukung diet sehat ibu hamil.

Ini tentu berkat kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Misalnya, asam lemak Omega-3. Salah satu nutrisi pada udang yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Lobster bagi Kesehatan

Dilansir dari Healthline, asam lemak Omega-3 bisa menurunkan risiko kelahiran prematur jika dikonsumsi selama masa kehamilan.

Bayi yang lahir dari ibu dengan asupan omega-3 yang cukup juga cenderung tidak akan memiliki berat badan rendah.

Selain itu, mengonsumsi udang selama masa kehamilan bisa meningkatkan perkembangan otak dan mata janin. Hal ini juga berkat kandungan Omega-3 di dalam udang.

Mengonsumsi udang pada masa kehamilan pun mampu memenuhi kebutuhan zat besi. Dengan begitu, Ibu bisa lebih berenergi dan terhindar dari anemia defisiensi besi.

Cara Aman mengonsumsi Udang Saat Hamil

Meskipun tergolong aman, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi udang saat hamil. Hindari mengonsumsi udang mentah selama masa kehamilan. Hal ini bisa memberikan efek buruk bagi sistem kekebalan tubuh Anda.

Sebelum dikonsumsi, udang sebaiknya menjalani proses masak terlebih dahulu. Disarankan pula udang memiliki suhu minimal 62.8°C saat akan dikonsumsi.

Pemilihan lokasi untuk membeli udang juga akan menentukan kualitas udang. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa udang yang dibeli berasal dari tempat yang menjaga kualitasnya.

Dokter Reza Pahlevi mengungkapkan bahwa konsumsi udang bagi ibu hamil tergolong aman, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

“Konsumsi udang tidak bermasalah bagi ibu hamil, asalkan tidak berlebihan. Udang mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga harus berhati-hati dalam mengonsumsinya,” katanya.

Melansir dari Healthline, ibu hamil bisa mengonsumsi udang sebanyak 2 hingga 3 porsi selama satu minggu.

Artikel Lainnya: Daftar Seafood yang Bermanfaat bagi Tulang dan Gigi

Kolesterol Tinggi Pada Udang

Konsumsi 3 gram udang mengandung kolesterol sebanyak 166 mg. Angka ini memang lebih banyak dari jumlah kolesterol yang ditemukan pada makanan laut lainnya.

Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol pun diyakini dapat meningkatkan kolesterol pada darah hingga risiko penyakit jantung.

Namun, ternyata hal tersebut jarang terjadi. Kasus yang ada juga hanya terjadi pada orang yang memiliki sensitivitas terhadap kolesterol makanan. Sementara, kolesterol makanan hanya berdampak kecil pada kolesterol darah.

Hal ini karena sebagian besar kolesterol dalam darah diproduksi oleh hati. Saat Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi, hati akan menghasilkan kolesterol yang lebih sedikit.

Cara Memilih Udang Berkualitas Tinggi

Penting bagi Anda untuk memilih udang dengan kualitas yang baik, tidak terinfeksi, ataupun terkontaminasi.

Saat membeli udang mentah, pastikan udang bertekstur cukup keras atau padat. Cangkang udang harus tembus cahaya dan berwarna hijau keabu-abuan, coklat kemerahan, atau pink muda.

Jangan pilih udang dengan tepi yang menghitam ataupun memiliki bintik hitam pada cangkang.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Ikan Lele untuk Ibu Hamil

Udang dengan kondisi ini menunjukkan kualitas yang menurun. Aroma pada udang yang berkualitas baik adalah seperti aroma laut atau asin.

Udang dengan bau amis atau seperti amonia yang berlebih, kemungkinan besar telah rusak dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Pastikan juga udang yang dikonsumsi telah melalui proses masak. Sebaiknya, tekstur udang agak keras dan berwarna putih dengan sedikit warna merah atau merah muda.

Itulah penjelasan mengenai manfaat udang bagi ibu hamil. Pertanyaan seputar makanan untuk ibu hamil atau kehamilan secara keseluruhan, bisa Anda konsultasikan lewat layanan LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

NutrisiKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait