Gigi Mulut

Mengenal Dokter Spesialis Konservasi Gigi atau Endodontist

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 22 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dokter spesialis konservasi gigi atau endodontist tidak hanya menangani kasus gigi berlubang. Ada berbagai perawatan yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis ini.

Mengenal Dokter Spesialis Konservasi Gigi atau Endodontist

Gigi berlubang memerlukan perawatan, baik dengan tambal gigi ataupun cabut gigi. Tambal gigi bisa dilakukan jika lubang pada gigi masih kecil. Namun, pada kasus gigi yang berlubang besar, gigi biasanya akan dicabut.

Padahal, kondisi tersebut bisa saja masih dapat diselamatkan, asalkan pasien datang ke dokter gigi spesialis yang tepat. Spesialis yang menangani kondisi gigi berlubang ini adalah dokter spesialis konservasi gigi atau dokter gigi spesialis endodontist.

Dokter spesialis endodontist adalah dokter spesialis gigi yang memiliki fokus merawat gigi semaksimal mungkin, sehingga gigi tidak perlu dilakukan pencabutan

Selain itu, banyak sekali perawatan yang dapat dilakukan spesialis konservasi, terutama untuk mempertahankan gigi. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan seputar dokter spesialis endodontist berikut ini.

Masalah yang Ditangani Dokter Spesialis Konservasi Gigi

Sebelum datang ke dokter gigi spesialis, Anda terlebih dahulu harus mengenal apa saja permasalahan yang dapat ditangani dokter tersebut. Sama halnya pada spesialis konservasi.

Dokter spesialis konservasi gigi akan lebih banyak melakukan perawatan yang terjadi pada gigi. Berbeda dengan spesialis periodonti yang lebih banyak merawat jaringan di sekitar gigi.

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Gigi Berlubang

Lalu, apa saja permasalahan yang dapat ditangani dokter spesialis konservasi gigi? Berikut di antaranya:

Perawatan yang Bisa Diberikan Dokter Spesialis Konservasi Gigi

Perawatan yang dilakukan oleh dokter spesialis konservasi gigi ada yang hanya membutuhkan satu kali kunjungan, tetapi ada juga yang memerlukan lebih dari satu kali kunjungan.

Prinsip merawat gigi lah yang membuat perawatan dapat dilakukan dalam waktu yang lama, sehingga membutuhkan kunjungan yang lebih banyak.

Berikut ini adalah daftar perawatan yang dapat dilakukan di dokter spesialis konservasi gigi:

  • Tambal gigi.
  • Pembuatan inlay/onlay.
  • Perawatan saluran akar.
  • Mahkota jaket.
  • Veneer.
  • Bleaching.

Artikel Lainnya: Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama? Ini Akibatnya!

Kapan Harus ke Dokter Spesialis Konservasi Gigi?

Gigi berlubang menjadi masalah gigi dan mulut yang umum ditemui, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Hampir setiap masyarakat Indonesia memiliki lubang pada giginya.

Namun, tidak semuanya mengalami rasa sakit ataupun mengganggu. Kendati demikian, lubang gigi yang dibiarkan tidak baik karena jika sudah membesar, bahkan mencapai saluran saraf gigi, dapat menimbulkan adanya peradangan. 

Jadi, apabila Anda sudah melihat adanya lubang pada gigi, segeralah datang ke dokter spesialis konservasi gigi untuk dilakukan perawatan.

Selain itu, spesialis endodontist tidak hanya menangani masalah gigi berlubang. Bagi Anda yang tidak memiliki keluhan gigi berlubang, akan tetapi memiliki permasalahan mengenai warna gigi—misalnya gigi yang berwarna kekuningan—perawatan bleaching dapat dilakukan oleh dokter spesialis ini.

Gigi permanen memang memiliki warna yang lebih kekuningan dibandingkan dengan gigi susu. Pada beberapa orang, gigi kekuningan dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri sehingga menginginkan giginya menjadi lebih putih.

Jadi, jika Anda bertanya soal waktu yang tepat untuk mengunjungi spesialis endodontist, jawabannya adalah tidak ada batasan minimal bagi seseorang yang ingin memeriksakan gigi ke dokter spesialis ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai dokter spesialis konservasi gigi atau spesialis endodontist. Apabila Anda memiliki gigi berlubang, apalagi sudah besar, segera lakukan kunjungan ke dokter spesialis ini. Dengan begitu, perawatan pada gigi bermasalah tersebut dapat diberikan.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

Dokter GigiGigiHari Dokter Nasional

Konsultasi Dokter Terkait