HomeGaya hidupPerawatan WanitaManfaat Bedak Bayi untuk Kecantikan
Perawatan Wanita

Manfaat Bedak Bayi untuk Kecantikan

Zahra Aminati, 24 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa orang dewasa kerap menggunakan bedak bayi untuk fungsi kecantikan dan perawatan kulit. Apa saja manfaatnya untuk kecantikan?

Manfaat Bedak Bayi untuk Kecantikan

Tak sekadar produk untuk merawat kulit bayi, bedak bayi ternyata juga punya manfaat untuk kecantikan.

Umumnya bedak bayi terbuat dari mineral yang sebagian besar terdiri dari magnesium, silikon, dan oksigen.

Dokter Arina Heidyana turut mengatakan, “Bedak bayi biasanya memiliki kandungan zat ringan dan hipoalergenik juga. Jadi bisa digunakan untuk fungsi kecantikan lainnya.”

Lantas, apa saja manfaat bedak bayi untuk kecantikan? Simak ulasan di bawah ini.

1. Sebagai Dry Shampoo

Bedak bayi dapat digunakan menjadi dry shampoo atau sampo kering. Dry shampoo dapat membuat rambut jadi tak lepek dan kering.

Untuk mengatasi rambut lepek, Anda bisa menggunakan sedikit taburan bayi di garis rambut.

Menanggapi penggunaan bedak bayi sebagai dry shampoo, dr. Sara Elise Wijono, M.Res mengatakan, “Penggunaan bedak bayi sebagai dry shampoo biasanya aman, kecuali memang kasus seperti alergi.”

2. Mempertebal Riasan Bulu Mata

Dilansir dari Huffington Post, Anda bisa menggunakan bedak bayi untuk membuat helai bulu mata terlihat lebih tebal.

Cobalah membersihkan bulu mata dengan bedak sebelum menggunakan maskara. Bedak berfungsi sebagai primer yang memberikan efek penuh pada  tiap helai bulu mata. Taburan bedak juga dapat membuat bulu mata terlihat lebih panjang.

Taburkan bedak sedikit bedak bayi secara lembut ke bagian bulu mata. Untuk mencegah iritasi dan gatal, pastikan untuk menutup mata saat mengoleskan bedak bayi.

3. Menjadi Base untuk Makeup

Manfaat bedak bayi lainnya adalah untuk menjadi base atau dasar makeup. Anda bisa mengoleskan beberapa lapis bedak bayi sebelum pakai makeup. Bedak bayi dapat mengatur dan menyerap minyak berlebih di wajah. 

Artikel Lainnya: Bahaya Tersembunyi di Balik Bedak Tabur Bayi

4. Meminimalkan Rasa Sakit Saat Waxing

Sebelum waxing, Anda bisa menaburkan bedak bayi ke bagian kaki atau tangan. Bedak bayi dapat menyerap kelembapan berlebih di kulit.

Bedak juga dapat membuat wax atau lilin cair yang dioleskan ke kulit menjadi lebih menempel. Dengan demikian, rasa sakit saat proses waxing bisa diminimalkan.

5. Mencegah Kulit Lecet

Saat berolahraga atau jogging di cuaca yang terik, keringat dapat membuat bagian paha jadi lecet. Lecet dapat disebabkan oleh keringat dan gesekkan di kulit paha.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menaburkan bedak bayi di kulit paha sebelum berolahraga. Bedak dapat membuat kulit tetap halus dan mencegah lecet.

Itu dia beberapa manfaat bedak bayi untuk kecantikan dan perawatan kulit. Hati-hati saat menggunakan bedak bayi. Usahakan jangan sampai bubuk bedak mengenai mata serta masuk ke hidung atau mulut.

Sebab menghirup bedak bayi akan menyebabkan batuk dan jika terkena mata akan membuat iritasi.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

(OVI/AYU)

Perawatan KulitKecantikanBedak bayi

Konsultasi Dokter Terkait