Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tidak Disangka, Ini Manfaat Luar Biasa dalam Sebutir Telur Bebek

Tidak Disangka, Ini Manfaat Luar Biasa dalam Sebutir Telur Bebek

Meski tidak sepopuler telur ayam, telur bebek mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan Anda.

Telur adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia. Makanan tinggi protein ini juga kerap kali dijadikan menu pilihan karena dianggap praktis.

Bila berbicara soal telur, pasti Anda langsung terpikirkan oleh telur ayam. Padahal, ada beragam pilihan telur yang bisa ditambahkan pada menu makanan Anda. Tentu saja dengan kandungan gizi yang juga tidak kalah dari telur ayam.

Salah satu yang cukup dikenal adalah telur bebek. Meski tidak sepopuler telur ayam, manfaat telur bebek untuk kesehatan tidak bisa Anda sepelekan.

 

1 dari 3 halaman

Kandungan Gizi dalam Telur Bebek

Bila dibandingkan dengan telur ayam, kandungan gizi telur bebek masih lebih unggul, lho. Ini karena sebagian ukurannya yang lebih besar. Berat sebutir telur bebek rata-rata adalah 70 gram, sedangkan telur ayam sekitar 50 gram.

Manfaat telur bebek diperoleh dari berbagai kandungan nutrisinya, yang meliputi:

  • Protein: 13 gram.
  • Lemak: 14 gram.
  • Kolesterol: 1 gram.
  • Vitamin A: 9% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B1: 7% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B2: 24% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B9: 14% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B12: 90% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin D: 17% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin E: 5% dari kebutuhan harian.
  • Selenium: 52% dari kebutuhan harian.
  • Zat besi: 21% dari kebutuhan harian.
  • Fosfor: 15% dari kebutuhan harian.
  • Zinc: 7% dari kebutuhan harian.
  • Kolin: 263 miligram.

Artikel Lainnya: Cicipi Kandungan Gizi Kerak Telor, Makanan Khas Betawi

2 dari 3 halaman

Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Karena kandungan nutrisi yang cukup banyak, telur bebek memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa khasiat telur bebek bagi tubuh:

1. Kesehatan Mata

Telur bebek mengandung vitamin A di dalamnya. Vitamin A terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan mata. Salah satu peranan vitamin A bagi mata adalah mempertahankan kejernihan kornea, lapisan luar mata.

2. Memiliki Efek Antioksidan

Warna kuning pada kuning telur bebek berasal dari pigmen alami bernama karotenoid. Karotenoid memiliki komponen antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab penyakit kronik dan penyakit yang berhubungan dengan usia lanjut.

3. Kekuatan Tulang

Vitamin D yang terkandung dalam telur bebek berguna bagi kesehatan tulang. Selain itu, peptida dalam putih telur bebek membantu sistem pencernaan Anda menyerap mineral-mineral esensial seperti kalsium yang juga bermanfaat bagi tulang dan gigi.

4. Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat telur bebek lainnya diperoleh dari vitamin E yang terkandung di dalamnya. Vitamin E membantu sistem pencernaan agar dapat bekerja dengan baik sehingga mencegah sembelit.

Artikel Lainnya: Kuning Telur Bebek Kurangi Risiko Cacat Lahir pada Bayi

5. Produksi Hormon dan Fertilitas

Selenium yang terkandung dalam telur bebek membantu meregulasi hormon-hormon metabolik seperti hormon tiroid. Hormon ini berperan dalam fertilitas serta membantu terciptanya kehamilan yang sehat.

6. Produksi Sel Darah Merah

Manfaat telur bebek yang satu ini berasal dari zat besi dan vitamin B12 di dalamnya. Kandungan tersebut berkontribusi dalam pembentukan sel darah merah.

7. Kesehatan Otak

Konsumsi telur bebek juga bermanfaat untuk kesehatan otak Anda. Ini karena kuning telur bebek kaya akan karotenoid, serta lecithin dan kolin.

Lecithine nantinya akan diubah menjadi kolin. Kolin berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel otak dan sistem saraf pusat.

Tak cukup sampai di situ, kandungan vitamin B12 dalam telur bebek juga bermanfaat untuk memori Anda.

8. Menyembuhkan Kulit Kering

Anda memiliki kulit yang kering? Tenang, Anda bisa menjadikan telur bebek mentah sebagai krim atau masker untuk mengatasi kondisi tersebut.

Telur yang dikonsumsi juga memiliki manfaat untuk kulit. Ini karena kandungan vitamin, protein, dan mineral dalam telur bebek yang dapat membantu kulit menjadi sehat.

Telur bebek bisa menjadi alternatif bahan makanan selain telur ayam. Namun, ingatlah bahwa telur bebek memiliki kadar kolesterol yang tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Selain itu, bila Anda memiliki riwayat diabetes atau penyakit jantung, hindari konsumsi telur yang satu ini, ya.

Informasi menarik lainnya bisa Anda baca di aplikasi Klikdokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar