Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Menyingkap Manfaat Bunga Teratai untuk Mengatasi Jerawat

Menyingkap Manfaat Bunga Teratai untuk Mengatasi Jerawat

Bunga teratai diduga punya kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Apa kata medis terkait hal tersebut? Cek faktanya lewat ulasan berikut.

Bunga teratai merupakan tanaman air yang biasa tumbuh di kolam atau danau. Bunga ini dianggap suci oleh sebagian masyarakat, karena konon melambangkan ketenangan dan kemurnian.

Di balik itu, bunga teratai juga diduga memiliki beberapa kandungan yang dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Apa kata medis terkait manfaat teratai untuk jerawat? Apakah hal ini terbukti? Yuk, cari tahu.

Artikel Lainnya: Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit

1 dari 3 halaman

Mengungkap Manfaat Bunga Teratai untuk Mengatasi Jerawat

Dilansir dari Hindawi Journal, teratai atau Nelumbo nucifera merupakan tumbuhan yang mengandung kalium, kalsium, dan karbohidrat. Selain itu, tumbuhan air tersebut juga memiliki kandungan zat besi, mangan, zink, tembaga, magnesium, kromium, dan natrium.

 

Berkat kandungan-kandungan tersebut, ekstrak kelopak bunga teratai disebut-sebut dapat memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit.

“Penelitian mengenai khasiat bunga teratai untuk jerawat belum banyak. Namun, salah satu penelitian menyebut bahwa bunga teratai mungkin berpotensi untuk mengontrol produksi kelenjar minyak pada kulit wajah,” kata dr. Atika.

“Kandungan yang berperan dalam mengontrol produksi kelenjar minyak adalah alkaloid, steroid, triterpenoid, flavonoid, glikosida, dan polifenol,” tambahnya.

Kandungan-kandungan tersebut, sambung dr. Atika, membuat teratai berpotensi memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan imunomodulator.

Tidak berhenti di situ, karbohidrat oligosakarida yang ada di dalam bunga teratai juga disebut dapat membantu meningkatkan produksi sitokin. Hal ini dihubungkan dengan fungsi normal penghalang epidermis sintesis kolagen dan elastin, yang membuat regenerasi sel kulit berlangsung lebih optimal.

Dari penjelasan-penjelasan tersebut, bunga teratai dapat dikatakan memiliki potensi untuk mengatasi jerawat, mencegah penuaan dini, dan menurunkan risiko iritasi kulit.

Produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak bunga teratai juga diduga dapat menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit.

Artikel Lainnya: Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh Anda

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Menggunakan Skincare Berbahan Bunga Teratai

Teratai memang memiliki potensi untuk mengusir jerawat. Namun, bukan berarti Anda bisa sembarangan menggunakan produk kecantikan yang berbahan dasar tumbuhan air tersebut.

Pasalnya, penggunaan skincare berbahan bunga teratai bisa saja memicu reaksi alergi. Hal ini khususnya terjadi pada orang-orang yang sensitif terhadap kandungan dalam bunga teratai.

Selain itu, penggunaan skincare berbahan dasar bunga teratai mungkin akan memberikan hasil yang berbeda-beda pada setiap orang. Pada dasarnya setiap orang memiliki kondisi kulit berbeda, yang mungkin dipengaruhi oleh asupan sehari-hari dan kondisi lingkungan.

Karena itu, sebelum memanfaatkan bunga teratai untuk mengatasi jerawat, Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Anda tidak ingin mengalami hal merugikan, bukan?

Ingin konsultasi langsung kepada dokter lewat sentuhan jari? Anda bisa memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar