Sukses

Menyingkap Manfaat Buah Alpukat untuk Wanita Haid

Konsumsi satu buah alpukat dalam sehari dipercaya dapat bermanfaat untuk wanita haid. Benarkah hal ini? Cek fakta tentang alpukat untuk haid lewat ulasan berikut ini!

Alpukat dikenal sebagai buah bernutrisi, yang dapat ditambahkan ke berbagai hidangan makanan. Tidak heran, alpukat telah menjadi buah populer di kalangan individu yang ingin menjaga kesehatan.

Saking sehatnya, alpukat pun sering menjadi incaran wanita usia reproduktif. Pasalnya, konsumsi buah ini secara rutin dan teratur disinyalir dapat membantu melancarkan haid.

Lantas, bagaimana medis menanggapi manfaat buah alpukat untuk wanita haid? Yuk, cari tahu faktanya!

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Buah Zuriat untuk Pelancar Haid

1 dari 3 halaman

Menyingkap Manfaat Alpukat untuk Haid

Melansir dari healthline, alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi. Buah ini pun mengandung 20 vitamin dan mineral berbeda, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, alpukat juga tidak mengandung kolesterol, natrium, dan lemak jenuh, sehingga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang menjaga pola makan.

Terkait alpukat untuk haid, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa buah ini dapat membantu tubuh memproduksi prostaglandin.

“Alpukat mengandung kalium yang baik untuk merelaksasi otot, sehingga nyeri atau kram saat haid bisa berkurang,” ucap dr. Devia. 

Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung potasium, vitamin E dan B6, yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. 

Buah ini pun mengandung lemak sehat, magnesium, dan serat, yang sehat mendukung pembentukan darah untuk periode haid optimal.

Kesimpulannya, manfaat buah alpukat untuk wanita haid bukanlah isapan jempol belaka. 

Jika tertarik dengan manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsi setengah hingga satu buah alpukat dalam sehari.

Artikel Lainnya: Menilik Manfaat Buah Bit untuk Menstruasi

2 dari 3 halaman

Tips Konsumsi Alpukat Agar Lebih Bermanfaat

Selain dimakan langsung dan dijus tanpa tambahan apa pun, Anda dapat mencoba mengonsumsi alpukat dengan cara sebagai berikut:

  • Gunakan alpukat tumbuk sebagai olesan pengganti mayones untuk makanan Anda
  • Masukan alpukat ke dalam piring salad, dan tambahkan sayuran hijau serta potongan ayam tanpa kulit.
  • Olah alpukat agar berbentuk seperti seperti saus untuk ditumis dengan ayam.
  • Alpukat dapat dijadikan camilan sehat untuk makan malam, dengan tambahan irisan tomat dan keju mozzarella.
  • Masukan alpukat ke mangkuk smoothie tanpa gula, dengan tambahan buah lainnya. 

Manfaat alpukat untuk haid memang bukan isapan jempol belaka. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda ingin mulai mengonsumsinya secara rutin sejak saat ini. 

Hal penting yang perlu diingat, pastikan porsi alpukat yang dikonsumsi tidak berlebihan. Jangan lupa pula untuk mengombinasikannya dengan pola makan bergizi seimbang dan gaya hidup sehat.

Punya pertanyaan terkait alpukat untuk nyeri haid? Ingin tahu fakta kesehatan lain langsung dari ahlinya? Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU) 

0 Komentar

Belum ada komentar