Sukses

Bolehkah Duduk Menyilangkan Kaki Saat Hamil?

Posisi duduk menyilangkan kaki saat hamil memiliki beberapa risiko kesehatan tertentu. Apa saja yang masalah kesehatan yang dapat terjadi? Simak pembahasannya di sini.

Posisi duduk sambil menyilangkan kaki kerap dilakukan oleh wanita, termasuk ibu hamil. Posisi duduk tersebut terlihat anggun, elegan, dan bisa menunjukkan keindahan kaki wanita. 

Menurut dr. Theresia Rina Yunita duduk menyilangkan kaki boleh saja dilakukan selama ibu hamil merasa nyaman. Apabila tubuh tidak nyaman, sebaiknya ibu langsung mengganti posisi duduk dengan postur tubuh yang benar. 

Meski begitu, duduk menyilangkan kaki saat hamil dipercaya dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Berikut bahaya yang mungkin terjadi akibat duduk menyilangkan kaki saat hamil. 

1. Berisiko Sebabkan Varises

Varises terjadi akibat pembengkakan vena (pembuluh darah) yang menonjol keluar kulit. Varises biasanya muncul di bagian kaki dan berisiko dialami oleh orang lanjut usia, orang dengan varises, obesitas, dan ibu hamil. 

Dokter Theresia Rina Yunita turut menjelaskan, “Sebaiknya jangan duduk silang terlalu lama, rutinlah mengubah-ubah posisi. Sebab, terlalu lama di posisi duduk ini dapat mengganggu sirkulasi sehingga menyebabkan bengkak pada kaki ataupun varises.” 

Artikel Lainnya: Tertawa Terbahak-Bahak Saat Hamil, Berbahaya untuk Janin?

1 dari 2 halaman

2. Meningkatkan Tekanan Darah

Duduk menyilangkan kaki saat hamil dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara. 

Meski tidak selalu menimbulkan kondisi kesehatan yang berbahaya, namun peningkatan tekanan darah yang terjadi dalam jangka waktu lama dan sering berisiko menyebabkan masalah kesehatan kardiovaskuler pada bumil. 

3. Menyebabkan Nyeri Leher dan Punggung

Duduk menyilangkan kaki saat hamil dapat membahayakan tulang belakang. Karena etika kedua kaki saling bertumpu, lutut bagian atas akan menekan lutut bagian bawah. 

Posisi tersebut membuat tulang panggul jadi memutar dan memberikan tekanan  berlebih di punggung bagian bawah, tengah, bahkan hingga leher. Dampaknya, bagian punggung dan leher ibu hamil mungkin dapat mengalami nyeri.

4. Beban Panggul Jadi Tidak Seimbang

Ketika menyilangkan kaki, salah satu sisi panggul akan menahan berat tubuh ibu hamil. 

Saat sendi panggul mengalami tekanan, aliran pembuluh darah di bagian tersebut berisiko tidak lancar. 

Pembuluh darah panggul yang tidak berjalan lancar dapat memicu pembekuan atau penggumpalan darah di kaki. 

5. Berbahaya bagi Saraf Kaki

Duduk dengan menyilangkan kaki dapat memberikan tekanan pada saraf peroneal. 

Saraf peroneal letaknya ada di belakang lutut dan berfungsi mengendalikan sensasi di kaki bagian bawah serta jari kaki. 

Tekanan di saraf peroneal dapat mengalami sensasi kaki kesemutan atau kram pada ibu hamil.  

Artikel Lainnya: Hati-hati Menggendong Anak saat Hamil, Ini Risikonya

Menyilangkan kaki saat hamil juga dipercaya membuat kepala bayi jadi peang. Kendati begitu, dr. Theresia mengatakan bahwa hal tersebut adalah mitos dan tidak terbukti secara medis. 

“Tidak benar bahwa posisi duduk menyilangkan kaki akan membuat kepala bayi peyang, lilitan tali pusar, atau membuat bayi tidak nyaman,” jelasnya.

Itu dia  penjelasan mengenai bahaya menyilangkan kaki saat hamil. Untuk tahu informasi seputar kesehatan atau masalah kehamilan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter

Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat. Jangan ragu untuk bertanya. 

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar