Sukses

Mandi Pakai Shower Bisa Mempercantik Kulit, Benarkah?

Manfaat mandi pakai shower diklaim dapat mempercantik kulit wajah. Bagaimana kaitannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Banyak orang yang mengabaikan kebersihan badan dan hanya mengedepankan kecantikan wajah. Padahal, kebersihan badan juga harus dijaga. Mandi merupakan salah satu cara menjaga kebersihan tubuh agar kulit tetap sehat dan cantik. 

Uniknya, mandi pakai shower diklaim dapat mempercantik kulit. Bagaimana bisa? Mari pahami lebih lanjut berikut ini.

1 dari 3 halaman

Benarkah Mandi Pakai Shower Bisa Percantik Kulit Wajah?

Beberapa orang beranggapan mandi dengan shower memiliki banyak manfaat. Ada yang mengatakan pakai shower lebih hemat air, karena air yang digunakan sesuai dengan bagian tubuh yang dibasahi. 

Manfaat lain yang digadang-gadang adalah baik untuk kecantikan kulit. Dikatakan, mandi menggunakan shower membuat tubuh memperoleh banyak ion negatif yang baik untuk kulit.

Artikel Lainnya: Ternyata, Mandi Tidak Pakai Sabun Ada Manfaatnya!

Ion negatif dapat melayang-layang di udara. Tempat outdoor seperti air terjun dianggap banyak memiliki ion negatif. 

Itulah alasan mengapa berada dekat air terjun terasa segar dan nyaman karena banyaknya ion negatif di udara. 

Lalu, apakah benar mandi pakai shower bisa mempercantik kulit? 

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti menjawab, “Tidak ditemukan studi yang membahas mandi pakai shower bisa mempercantik wajah. Sepertinya pernyataan itu tidak valid.”

“Berbeda dengan orang Barat, mereka tidak mandi sehari dua kali seperti orang Indonesia, dan mereka memiliki kebiasaan berendam,” lanjutnya.

Bagi masyarakat Barat, mandi dibagi dalam dua istilah, yaitu “take a bath” dan “take a shower”. Istilah “take a bath” mengacu pada aktivitas merendam tubuh di bak mandi yang besar berisi air untuk membersihkan diri. 

Sedangkan, istilah “take a shower” mengacu pada pengertian mandi di bawah semprotan air untuk membersihkan tubuh. 

Dilansir dari Healthline, mandi dengan shower dapat meningkatkan sirkulasi di bawah kulit, atau dikenal dengan vasokonstriksi. 

Sirkulasi ini dapat merangsang aliran darah di kulit kepala, memberikan perbaikan pada tampilan rambut, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. 

Namun, pernyataan tersebut belum didukung penelitian lebih lanjut. Jadi, perihal mandi pakai shower bisa mempercantik wajah masih harus diselidiki lagi. 

Artikel Lainnya: Efek Samping Sering Mandi Pakai Sabun Antiseptik

2 dari 3 halaman

Mandi Pakai Shower atau Bath Tub, Lebih Baik Mana?

Hal ini tergantung kebutuhan masing-masing orang. Jika memang ingin relaksasi dan mengurangi kelelahan, mandi menggunakan bak mandi atau bathtub bisa menjadi pilihan. 

Namun, jika tidak ingin berlama-lama menghabiskan waktu di kamar mandi, mandi dengan shower dirasa lebih tepat. 

Dalam hal kecantikan kulit, pada dasarnya pH air yang lebih memengaruhi. “Jika pH air terlalu tinggi (semakin banyak alkali), dapat membuat kulit menjadi kering, gatal, dan mudah iritasi. Karena, pH alami pada kulit cenderung rendah,” jelas dr. Astrid.

Terlepas dari penggunaan shower atau bak mandi, yang terpenting adalah tetap rajin membersihkan tubuh dengan baik dan benar agar kulit sehat dan cantik.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar perawatan kulit, Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter kulit.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar