Diet dan Nutrisi

Manfaat Wortel untuk Memperlancar Menstruasi

Tri Yuniwati Lestari, 14 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak hanya untuk mata, wortel juga konon bisa membantu memperlancar haid. Apakah medis setuju? Berikut ini fakta tentang manfaat wortel untuk menstruasi menurut dokter.

Manfaat Wortel untuk Memperlancar Menstruasi

Wortel adalah jenis sayuran yang mudah diolah dan harganya relatif murah. Meski demikian, sayuran kaya akan vitamin A ini terbukti mengandung banyak manfaat kesehatan.

Sejak dahulu kala, wortel terkenal akan khasiatnya dalam menjaga fungsi penglihatan. Jenis sayuran ini pun disebut bisa menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, bahkan kanker.

Tak hanya sebatas itu, beberapa penelitian terbaru menyatakan bahwa wortel juga berkhasiat memperlancar siklus haid atau menstruasi. 

Melansir the health site, konsumsi wortel mentah atau dijus dapat membantu mengatur aliran darah, menghilangkan rasa sakit, serta mengatasi siklus haid yang tidak lancar.

Manfaat wortel untuk menstruasi tersebut dilandasi oleh alasan-alasan berikut ini:

1. Mengandung Vitamin A

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, alasan pertama mengapa wortel bisa memperlancar siklus haid adalah berkat kehadiran vitamin A di dalamnya.

“Jus wortel baik untuk menstruasi, karena adanya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, seperti A, C, zat besi, dan kalsium. Kombinasi tersebut diduga bisa menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh,” ucap dr. Devia.

2. Wortel Kaya akan Zat Besi

Selama haid, wanita akan kehilangan banyak darah bersama dengan lapisan dalam rahim yang ikut luruh. 

Zat penting di dalam tubuh ikut keluar bersama darah menstruasi. Supaya proses haid tidak berdampak pada kesehatan, seorang wanita perlu memenuhi kebutuhan zat besi. 

Agar kebutuhan zat besi harian terpenuhi, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi wortel secara rutin dan teratur.

3. Kaya Akan Beta Karoten 

Wortel mengandung senyawa yang disebut beta karoten. Saat masuk ke tubuh, senyawa tersebut akan diubah menjadi vitamin A. 

Pada akhirnya mikronutrien tersebut dapat membantu menormalkan sirkulasi darah dan mencegah perdarahan hebat. Kebutuhan vitamin A yang terus terpenuhi juga dapat membantu mengurangi keluhan nyeri saat haid. 

4. Kaya Akan Kandungan Serat

Ahli biologi yang berspesialisasi dalam hormon dan nutrisi, Dokter Ray Peat, menyarankan untuk mengonsumsi wortel mentah bagi wanita yang mengalami masalah siklus haid.

Wortel memiliki kandungan serat tinggi yang sangat cocok untuk mencegah estrogen berlebih. Seperti diketahui, kelebihan estrogen di dalam tubuh dapat berkontribusi pada siklus haid yang tidak lancar.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Wortel untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Cara Konsumsi Wortel untuk Memperlancar Menstruasi

Tertarik dengan manfaat wortel untuk memperlancar haid? Berikut ini beberapa cara yang direkomendasikan untuk menikmati wortel dan mendapat manfaat yang tadi telah disinggung:

  • Kunyah wortel mentah ketika keluhan nyeri haid terasa tak tertahankan
  • Buat jus wortel tanpa tambahan apa pun. Minum dua kali sehari secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.
  • Tambahkan wortel ke dalam salad atau sup. Hal ini dapat membantu memperlancar siklus haid, juga meningkatkan kesehatan organ reproduksi secara keseluruhan.

Manfaat wortel untuk memperlancar haid atau menstruasi bukanlah isapan jempol belaka. Jika Anda ingin membuktikannya sendiri, pastikan untuk mengonsumsi wortel secara rutin. Kombinasikan pula kebiasaan itu dengan penerapan gaya hidup dan pola makan sehat.

Apabila siklus haid Anda tidak kunjung membaik setelah melakukan hal tersebut, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

WortelHaid

Konsultasi Dokter Terkait