Kehamilan

Dukung Program Vaksinasi Ibu Hamil Lewat Donasi

Tri Yuniwati Lestari, 08 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Zwitsal, Klikdokter, KlikKB, dan HalloBumil bekerja sama mendukung program vaksinasi ibu hamil. Kerja sama dilakukan dengan memberikan ribuan produk Zwitsal di Karawang.

Dukung Program Vaksinasi Ibu Hamil Lewat Donasi

Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang diprioritaskan oleh pemerintah untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Sebab, ibu hamil merupakan kelompok yang rentan terinfeksi coronavirus.  

Untuk mendukung program pemerintah tersebut, brand perawatan bayi Zwitsal bekerja sama dengan Klikdokter, KlikKB, dan Hallo Bumil.

Kerja sama dilakukan dengan memberikan donasi berbentuk produk perawatan bayi. Donasi diberikan kepada ibu hamil yang telah divaksinasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

 

Seperti Apa Program Donasi yang Dilakukan?

Kegiatan donasi yang dilakukan Oleh Zwitsal, Klikdokter, KlikKB, dan Hallobumil ini turut mendukung program BKKBN dalam mensukseskan vaksinasi ibu hamil.

Artikel Lainnya: Tak Enak Badan Usai Vaksin COVID-19, Coba Suplemen Cordyceps!

Program donasi dilakukan pada Senin 6 September 2021 di PMB (Praktek Mandiri Bidan), tepatnya di Klinik Siti Azaria, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pemberian donasi dilakukan secara simbolis sesuai dengan protokol kesehatan. Acara donasi dihadiri langsung oleh Siti Komarianingsih, S.ST., M.Kes., sebagai Ketua IBI Kabupaten Karawang dan Martin Suanta, SE, M.Si, selaku Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB BKKBN Republik Indonesia.

Kemudian, hadir juga Sofiah sebagai Kepala DPPKB Karawang, Arlies M. Nugraha dari Klikdokter, Mia Argianti dari Hallobumil, dan perwakilan dari mahasiswa kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Donasi yang diberikan sebanyak 5. 650 paket produk Zwitsal. Donasi diserahkan langsung kepada Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Karawang dan perwakilan pemerintah daerah Kabupaten Karawang.

Artikel Lainnya: Varian Corona C.1.2, Lebih Berbahaya dari Delta?

Donasi Akan Diberikan Langsung pada Ibu Hamil

Kepala DPPKB Karawang, Sofiah, mengatakan saat ini Karawang memiliki 801 Praktek Mandiri Bidan yang tersebar di 30 kecamatan.

Proses penyuntikan vaksin keluarga di Karawang juga sudah dilakukan secara simbolis bersama dengan BKKBN pada Selasa 27 Agustus 2021.

Vaksinasi dilakukan di beberapa titik di Kabupaten Karawang dan melibatkan berbagai Praktek Mandiri Bidan. Sebanyak 5. 650 ibu hamil ditargetkan menerima vaksin COVID-19.

Nantinya, donasi dari Zwitsal, Klikdokter, dan Hallobumil akan diberikan langsung kepada ibu hamil yang telah mengikuti vaksinasi COVID-19.

Arlies menjelaskan bahwa program donasi seperti ini sudah berlangsung dua kali. Sebelumnya, Klikdokter bekerjasama dengan Program Vaksin JIEP Pulogadung. Kali ini, menggandeng BKKBN

“Jadi program dukungan dari Klikdokter, KlikKB, dan Hallobumil kepada central vaksin ini sudah berjalan dua kali. Pertama itu kita juga bekerja sama dengan beberapa brand untuk memberikan donasi di Pulogadung. Nah, yang donasi di Karawang ini merupakan program yang kedua,” ucap Arlies.

Artikel Lainnya: Varian MU Asal Kolombia, Mutasi Corona yang Diawasi WHO

Tidak menutup kemungkinan bahwa program donasi ini nantinya akan berjalan jangka panjang. Diharapkan donasi yang diberikan dapat ikut mendukung program vaksinasi ibu hamil yang diadakan oleh BKKBN.

Harapan lainnya dari program donasi ini adalah dapat memberikan semangat pada masyarakat untuk hadir mengikuti vaksinasi, khususnya bagi ibu hamil.

Dengan begitu, kesehatan masyarakat dapat terbentuk dengan baik seiring dengan herd immunity yang tercipta.

Ibu hamil tidak perlu takut menerima vaksinasi COVID-19. Selama kondisi kehamilan terkontrol dengan baik dan diperbolehkan menerima vaksin oleh dokter kandungan yang merawat, maka vaksin aman diberikan.

Selain wajib memeriksakan kehamilan, ibu hamil juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter langsung melalui layanan LiveChat 24 Jam di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

Vaksinasicoronavirusinfeksi virus

Konsultasi Dokter Terkait