Relationship

Menilik Tanda Hubungan Langgeng Menurut Psikolog

Zahra Aminati, 08 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda, hubungan yang langgeng memiliki ciri dan tanda tertentu? Ketahui ciri dan tanda hubungan langgeng menurut psikolog lewat bahasan berikut.

Menilik Tanda Hubungan Langgeng Menurut Psikolog

Setiap pasangan ingin memiliki hubungan yang langgeng. Anda dan pasangan juga demikian, bukan? 

Jika ya, Anda dan pasangan sama-sama harus berjuang agar hubungan yang dijalin bisa terus langgeng dan tak berakhir mengenaskan.

Sudah sama-sama berjuang, namun Anda masih belum yakin hubungan yang dijalin akan langgeng? 

Tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa ciri dan tanda hubungan langgeng menurut psikolog, yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi hubungan saat ini:

1. Sering Mengucap Terima Kasih

Coba perhatikan, apakah pasangan sering mengucapkan terima kasih untuk segala hal yang telah Anda lakukan kepadanya? Jika ya, selamat, potensi Anda untuk memiliki hubungan yang langgeng telah meningkat.

Faktanya, berucap terima kasih kepada pasangan untuk setiap hal baik yang telah dilakukan dapat menjadi tanda bahwa Anda dihargai dan disayangi.

2. Saling Support

Hubungan yang langgeng hanya bisa digapai apabila kedua belah pihak saling mendukung.

“Tanda lainnya, yaitu pasangan yang memberikan support terkait hal yang dilakukan; selama itu positif,” ujar Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Dukungan dari pasangan dapat membuat Anda menjadi sosok yang lebih baik. Tentunya, dukungan tersebut juga dapat menjadi modal untuk membentuk hubungan yang lebih baik di masa depan. 

3. Mendengarkan dan Saling Percaya

Dalam hubungan yang sehat, masing-masing pasangan saling bergantung satu sama lainnya. 

Jika pasangan meminta saran atau berkeluh kesah, Anda cukup menjadi pendengar yang baik dan memberikan nasihat secukupnya. Begitu pun saat Anda meminta saran atau sedang berkeluh kesah kepada pasangan.

Apabila kondisinya sudah demikian, saling timbal balik dengan baik, hubungan Anda dan pasangan berpotensi lebih tinggi untuk bisa langgeng.

4. Sesekali Memberikan Kejutan Kecil

“Memberikan kejutan-kejutan kecil adalah tanda hubungan akan langgeng,” ucap Ikhsan.

“Kejutan tak melulu harus berbentuk barang. Hal itu juga bisa dengan cara, seperti menjemput pasangan atau tiba-tiba mengucapkan kata-kata sayang,” sambungnya.

Perhatian-perhatian kecil seperti itu akan membuat pasangan merasa disayangi dan diperhatikan. Dengan begitu, hubungan langgeng pun akan menjadi kenyataan. 

Artikel Lainnya: Dampak Pacaran Putus-Nyambung pada Kesehatan Mental

5. Ingin Tahu Kabar

Untuk pasangan yang belum menikah, saling berkirim pesan untuk menanyakan kabar adalah hal yang sangat penting. Sebab, hal ini dapat menjadi tanda bahwa pasangan sangat peduli dengan kondisi Anda.

Meski demikian, Anda sebaiknya tidak terlalu sering menanyakan kabar pasangan, apalagi sampai berulang-ulang di waktu yang sama. 

Sebab, tindakan tersebut dapat menjadi indikasi bahwa Anda tidak menggubris pernyataan sebelumnya dari pasangan.

6. Selalu Berusaha Membuat Pasangan Aman

Tidak semua orang dapat memberikan rasa aman, khususnya secara emosional. Namun, jika telah merasakan hal tersebut dari pasangan, kemungkinan besar hubungan Anda akan langgeng.

7. Saling Jujur

Kejujuran sangat dibutuhkan, termasuk dalam berhubungan. Jadi, jika Anda dan pasangan sudah saling jujur tanpa melontarkan kata-kata yang tersakiti, kemungkinan besar hubungan Anda bisa terus langgeng.

Itulah beberapa tanda hubungan langgeng yang bisa Anda perhatikan dan sesuaikan dengan kondisi saat ini. 

Satu hal yang perlu dicatat, tidak setiap hubungan yang akan langgeng memiliki tanda-tanda tersebut. 

Jadi, tak perlu cemas jika memang Anda tidak merasakannya sendiri. Hal yang paling penting, Anda dan pasangan sama-sama saling percaya dan melengkapi sehingga tidak merugikan satu sama lainnya.

Punya pertanyaan mengenai tanda hubungan akan langgeng? Anda bisa mengonsultasikannya kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

RelationshippsikologisAsmara

Konsultasi Dokter Terkait