Sukses

Kenalan dengan Teh Kombucha dan Manfaatnya untuk Kulit

Siapa yang pernah mendengar teh kombucha? Teh hasil fermentasi ini ternyata memiliki manfaat untuk kulit! Apa saja manfaat teh kombucha untuk kulit?

Pernah dengar teh kombucha? Meski masih asing bagi beberapa orang, konsumsi teh kombucha mulai marak beberapa tahun ke belakang. 

Teh kombucha merupakan teh hasil fermentasi. Minuman ini telah ada selama hampir 2.000 tahun.

Pertama kali diseduh di Tiongkok, teh tersebut kemudian menyebar ke Jepang dan Rusia. Minuman ini menjadi populer di Eropa sejak awal abad ke-20, dan menyebar ke penjuru dunia, termasuk Indonesia. 

Kombucha merupakan minuman dengan rasa asam tajam bersoda dengan aroma mirip cuka. Bahan dasar dalam minuman ini adalah ragi, gula, dan teh hitam. 

Ketiganya didiamkan selama sekitar seminggu atau lebih. Bakteri dan asam akan terbentuk dalam minuman, serta sejumlah kecil alkohol. 

Artikel Lainnya: Kiat Dapatkan Manfaat Sehat Minum Teh Hijau

Menurut WebMD, teh ini dapat membantu meringankan atau mencegah berbagai masalah kesehatan, mulai dari rambut rontok, kanker, dan AIDS. Namun, secara lebih khusus, teh kombucha rupanya juga berkhasiat untuk kesehatan kulit.

Apa saja manfaat kombucha untuk kulit?

1 dari 3 halaman

1. Mencegah Penuaan Dini

Teh kombucha, terutama dibuat dengan teh hijau, memiliki efek antioksidan yang berguna untuk kulit.

Menurut dr. Reza Fahlevi, “Teh kombucha memang bisa untuk mencegah penuaan dini dan membuat kulit lebih bersinar benar karena di dalam teh tersebut terdapat kandungan antioksidan yang banyak.”

Kulit akan mulai kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia. Dengan konsumsi teh kombucha, proses penuaan tersebut akan dihambat.

2. Sumber Vitamin B

Ketika ragi memecah gula saat proses fermentasi, vitamin dan mineral tertentu diproduksi, termasuk vitamin B seperti B2, B6, dan B12. Semuanya disebut-sebut amat baik untuk kulit.

Vitamin B sendiri sangat penting untuk memelihara dan memproduksi sel-sel baru dan sehat. 

Secara tidak langsung, minum teh kombucha akan membantu kulit bersinar serta memperkuat rambut dan kuku Anda.

3. Menghidrasi Kulit

Manfaat teh kombucha berikutnya adalah menghidrasi kulit. Karena dikonsumsi dalam bentuk cair, minuman ini dapat menghidrasi tubuh dan kulit. Kulit pun akan terasa lembap dan kenyal alami.

Sifatnya yang menghidrasi kulit juga dapat berkontribusi dalam mengurangi garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya. 

Artikel Lainnya: Menilik Manfaat Teh Barley bagi Kesehatan Anda

2 dari 3 halaman

4. Kaya Prebiotik

Kombucha kaya akan probiotik yang berpotensi meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya bercahaya alami.

Bakteri baik tersebut akan membantu memperkuat kemampuan alami kulit untuk melindungi diri dari kerusakan akibat stresor alami. 

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan manfaat kombucha untuk kulit yang satu ini.

5. Antioksidan yang Tinggi

Teh kombucha adalah sumber antioksidan yang kaya. Senyawa ini mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan kulit. 

Selain itu kandungan vitamin C di dalam kombucha tak bisa dianggap remeh. Menurut penelitian yang diterbitkan di Wiley Online Library, teh kombucha mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Itulah beberapa potensi manfaat teh kombucha untuk kecantikan dan kulit. Jika usai mengonsumsinya timbul efek samping seperti perut mual, muntah, dan sakit kepala, hentikan pemakaian. 

Berkonsultasilah dengan dokter. Yuk, cari tahu informasi seputar isu kesehatan kulit lainnya hanya dengan chat dokter di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar