Kesehatan Umum

Jangan Keliru, Kenali Beda Kista dan Tumor

Tamara Anastasia, 05 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tumor dan kista kerap disamakan, padahal keduanya berbeda. Apa beda kista dan tumor? Mari ketahui lebih lanjut di artikel ini.

Jangan Keliru, Kenali Beda Kista dan Tumor

Keberadaan benjolan di bawah kulit memang bisa bikin khawatir, meski belum tentu berbahaya. Kista dan tumor merupakan dua jenis benjolan yang umum terjadi. 

Namun, terkadang sulit membedakan kista dan tumor karena kerap kali bisa ditemukan di tempat yang sama. Apa perbedaan tumor dan kista? Simak penjelasan dokter berikut ini.

Perbedaan Kista dan Tumor

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti menjelaskan, “Kista merupakan munculnya kantung yang biasanya berisi cairan, nanah, udara, atau lainnya di dalam tubuh. Sedangkan, tumor merupakan pertumbuhan abnormal pada jaringan tubuh.”

Artikel lainnya: Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kanker Ovarium dan Kista Ovarium

Tumor dan kista merupakan dua jenis gangguan kesehatan yang berbeda. Yang menjadi persamaan adalah keduanya bisa muncul pada area tubuh mana pun, termasuk kulit, jaringan dan organ tubuh, serta tulang.

Tumor biasanya bisa tumbuh dengan cepat dan terasa kencang. Tumor juga mungkin disertai gejala tambahan seperti kesulitan bernapas, nyeri persendian, sulit makan, dan sebagainya, tergantung lokasi benjolan. 

Sedangkan, kista umumnya terasa lunak, bisa digerakkan jika disentuh, kemerahan, dan bengkak.

Hubungi dokter sesegera mungkin jika menemukan benjolan disertai gejala yang tidak biasa.

Penyebab Kista dan Tumor

Melansir Healthline, kista bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Beberapa contohnya antara lain, sindrom ovarium polikistik, sel-sel kulit mati yang berkembang, iritasi atau cedera pada folikel rambut, dan degenerasi (penurunan fungsi) jaringan sendi. 

Sedangkan, tumor berasal dari sel-sel yang bertumbuh atau berkembang secara tidak normal. 

Biasanya, sel-sel di dalam tubuh akan tumbuh dan membelah untuk membentuk sel-sel baru setiap dibutuhkan. Ketika sel-sel yang lebih tua mati, mereka akan digantikan oleh yang baru. 

Tumor terbentuk ketika proses tersebut tidak berjalan semestinya. Sel-sel tua yang rusak justru tetap bertahan hidup dan sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak membutuhkannya.

Artikel lainnya: Sempat Disangka Kista, Ini Perbedaannya dengan Kanker Ginjal

Diagnosis dan Penanganan

Kista lebih mudah dikenali ketimbang tumor. Dokter bisa langsung mengenali gejala kista ketika menyentuh benjolan yang muncul pada area tubuh. 

Untuk memastikannya, pemeriksaan seperti CT scan, MRI, dan mammogram bisa digunakan. Umumnya, kista bersifat jinak dan akan hilang dengan sendirinya. 

Jika benjolan keras dan terlihat padat, maka hal itu bisa jadi tanda awal kanker. Salah satu cara memastikannya adalah melakukan biopsi. 

Pengobatan kista dan tumor bergantung pada penyebabnya. Konsultasi ke dokter merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mendapat saran penanganan yang tepat. Jika tumor menyebabkan keluhan lain, pembedahan bisa direkomendasikan.

Meski bentuknya mirip, tumor dan kista merupakan dua gangguan kesehatan yang berbeda. Konsultasikan kepada dokter bila memiliki benjolan yang tak biasa. Hal ini penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar kista dan tumor, konsultasi lebih mudah lewat Live Chat dokter.

(FR/JKT)

kistaTumorKanker

Konsultasi Dokter Terkait