Relationship

Manfaat Skinship, Sentuhan Fisik dalam Hubungan Asmara

Tri Yuniwati Lestari, 31 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Istilah skinship atau sentuhan fisik memiliki manfaat untuk hubungan percintaan. Simak penjelasan dari psikolog tentang manfaatnya di sini.

Manfaat Skinship, Sentuhan Fisik dalam Hubungan Asmara

Dalam hubungan percintaan, tak hanya pertemuan dan komunikasi rutin saja yang wajib untuk dilakukan.

Adanya skinship atau sentuhan fisik juga penting diberikan agar hubungan asmara bisa berjalan langgeng dan terasa bahagia.

Lantas, apa saja manfaat skinship bagi hubungan asmara?

Asal Usul Istilah Skinship

Istilah skinship pertama kali muncul di negara Jepang. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan keintiman atau kedekatan antara ibu dan anak.

Kendati begitu, berbagai studi terkini mengatakan istilah skinship tak hanya sebatas pada hubungan ibu dan anak.

Skinship atau skin to skin relationship sebenarnya dibutuhkan oleh semua orang, termasuk dalam hubungan persahabatan dan asmara.

Artikel Lainnya: Benching, Menggantung Cinta yang Lebih Sadis dari PHP

Dilansir dari Tokyo Weekender, sebagian besar komunikasi manusia umumnya dilakukan secara nonverbal.

Komunikasi nonverbal, seperti sentuhan fisik, ekspresi wajah, atau gerak tubuh memiliki makna yang lebih kuat dibandingkan ucapan atau kata-kata.

Saat menyentuh kulit seseorang, sensasi tersebut dapat diartikan sebagai emosi. Respons emosinya bermacam-macam, ada yang merasa nyaman, dicintai, atau bahkan terasa risi.

Misalnya, menepuk pundak teman yang sedang bersedih dapat menjadi bentuk dukungan agar ia tetap semangat. Lalu, memeluk seseorang dapat menjadi tanda bahwa Anda sayang dan perhatian kepadanya.

 

Manfaat Skinship dengan Pasangan

Selain menjadi sebuah cara untuk berkomunikasi, skinship dalam hubungan asmara (tanpa hubungan seksual) dapat memberikan manfaat tersendiri bagi pasangan.

Berikut beberapa penjelasan dampak positif atau manfaat skinship bagi hubungan percintaan:

1. Membuat Pasangan Merasa Dicintai

Psikolog Gracia Ivonika, M.Psi., menjelaskan skinship atau sentuhan fisik dapat membuat pasangan merasa dicintai.

Ketika pasangan memberikan sentuhan fisik, seperti memegang tangan atau mengusap lembut kepala, hal itu akan memengaruhi emosi Anda. Dampaknya, Anda dapat merasa bahagia, terhibur, atau dicintai.

“Bagi orang yang memiliki primary love language physical touch, mereka lebih merasa dicintai saat mendapat sentuhan fisik. Sentuhan fisik juga dapat berperan penting untuk meningkatkan keharmonisan dalam hubungan,” ucap psikolog Gracia.

Artikel Lainnya: Mau Coba Open Relationship, Coba Cek Kisi-kisi Hubungan Asmara Ini!

2. Membantu Meredakan Stres

Studi empiris menemukan, sentuhan fisik seperti berpelukan dapat mencegah timbulnya stres.

Sebab, skinship dapat meningkatkan produksi oksitosin, yaitu hormon yang membuat mood jadi lebih baik dan mengurangi rasa sakit.

Tak hanya itu, skinship turut meningkatkan munculnya hormon dopamin yang menimbulkan perasaan senang, serta hormon serotonin yang memperbaiki suasana hati.

Manfaat kemunculan beberapa hormon tersebut terbukti dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh.

3. Merasa Lebih Bahagia

Menurut psikolog Gracia, manfaat lain dari skinship adalah meningkatkan perasaan bahagia.

Ketika pasangan memberikan sentuhan fisik, level hormon kortisol (hormon stres) di dalam tubuh Anda dapat berkurang. Anda pun akan merasakan kenyamanan, ketenangan, dan kehangatan dari sentuhan yang diberikan pasangan.

“Munculnya perasaan ini juga berhubungan dengan pelepasan hormon oksitosin tadi, hormon yang meningkatkan suasana hati, seperti lebih merasa bahagia atau senang,” jelas psikolog Gracia.

Artikel Lainnya: Mengenal Platonic Relationship Beserta Manfaatnya bagi Kesehatan

4. Membuat Hubungan Asmara Jadi Lebih Sehat

Melansir dari Health, memberikan sentuhan kepada pasangan dapat membuat hubungan asmara Anda berdua jadi lebih sehat dan bahagia.

Ketika merasa dicintai, hubungan asmara dapat menjadi lebih harmonis. Kendati begitu, manfaat skinship ini hanya bisa didapat jika saling dilakukan oleh Anda dan pasangan, bukan hanya diberikan oleh salah satu orang saja.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Skinship yang diberikan dengan memijat tangan secara lembut dapat membantu menurunkan risiko depresi, stres, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kombinasi dari perasaan bahagia dan manfaat skinship tersebut membuat tubuh Anda dan pasangan menjadi lebih sehat.

Ketika memiliki emosi yang stabil atau jarang stres, sistem kekebalan tubuh Anda dan pasangan dapat menjadi lebih kuat. Sistem kekebalan tubuh yang kuat membuat fisik Anda jadi tidak gampang terkena penyakit. 

Itu dia tadi manfaat skinship dalam hubungan asmara. Apabila memiliki pertanyaan lain seputar hubungan asmara, gunakan fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter untuk dapat berkonsultasi dengan psikolog.

(OVI/AYU)

Relationshipkesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait