Diet dan Nutrisi

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Kulit

Zahra Aminati, 23 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Labu kuning atau waluh memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk untuk kecantikan kulit. Ketahui manfaat labu kuning untuk kulit berikut ini.

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Kulit

Labu merupakan buah berbentuk bulat dengan daging berwarna oranye. Buah ini memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Labu kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan vitamin B6. Tak hanya itu, labu juga mengandung mineral, seperti kalium, mangan, magnesium, dan zat besi. 

Kandungan nutrisi di dalam buah labu nyatanya juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat buah labu untuk kulit?

1. Merawat Kulit Berminyak

Biji buah labu mengandung asam lemak esensial dan vitamin E. Kedua zat tersebut membantu meningkatkan fungsi perlindungan kulit dan mengatur produksi sebum untuk orang dengan tipe kulit berminyak. 

2. Merawat Kulit Kering

Di dalam labu terdapat kandungan enzim buah dan asam alfa hidroksi (AHA). Kandungan ini berguna meningkatkan pergantian sel serta mencerahkan dan menghaluskan kulit. 

Artikel Lainnya: Khasiat Ajaib Biji Labu Kuning bagi Kesehatan

3. Memiliki Sifat Antipenuaan

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Labu mengandung turunan vitamin A yang membantu mengurangi  tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, dan mengurangi noda hitam.” 

Selain itu, vitamin C di dalam labu berperan sebagai antioksidan kuat dan mengandung betakaroten. Kedua zat tersebut mampu membantu menangkal kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dan memperbaiki tekstur kulit. 

Vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat membuat elastisitas kulit tetap terjaga.

4. Membantu Mengatasi Bintik Hitam

Struktur molekul buah labu sangat kecil dan dapat menembus ke kulit bagian dalam bila digunakan secara topikal (dioles). 

Oleh karena itu, nutrisi vitamin C dari buah labu dapat membantu mengatasi masalah bintik hitam yang terjadi di lapisan kulit bagian dalam. 

5. Pengobatan Jerawat

Labu mengandung niasin yang merupakan turunan dari vitamin B. Niasin dapat menjadi agen antiperadangan untuk meredakan jerawat

“Selain itu, kandungan zinc dalam labu dikenal sebagai natural healing karena membantu mempercepat proses pemulihan kulit dan membantu mencegah timbulnya jerawat,” ujar dr. Devia.

Artikel Lainnya: Manfaat Labu Siam untuk Penderita Asam Urat

Menurut dr. Devia, banyak produk skincare yang menggunakan labu sebagai bahan dasarnya. Untuk mendapatkan manfaat di atas, Anda bisa memilih produk skincare berbahan dasar labu.

“Apabila mau dibuat masker juga boleh-boleh saja. Caranya, buah labu dihancurkan, lalu ditambahkan madu dan digunakan menjadi masker wajah,” jelas dr. Devia.   

Kendati begitu, labu kuning juga boleh dikonsumsi secara langsung. Labu bisa diolah menjadi masakan atau smoothies sehat. 

Untuk membuat smoothies, Anda bisa memasukkan labu, wortel, jus lemon, garam, madu, dan bubuk kayu manis ke dalam blender. Haluskan bahan-bahan tersebut hingga lumat, lalu sajikan. 

Untuk tahu manfaat labu bagi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

Labukesehatan kulit

Konsultasi Dokter Terkait