Diabetes

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Nangka?

dr. Muhammad Isman S, 02 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mengonsumsi buah nangka diyakini tak lantas membuat kadar glukosa naik. Meski begitu, penderita diabetes harus membatasi konsumsi buah ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Nangka?

Salah satu dilema penderita diabetes adalah mengonsumsi makanan manis, termasuk buah-buahan. Bila suka buah nangka, bolehkah penderita diabetes makan nangka? Jawabannya boleh dan diyakini tak lantas membuat kadar glukosa naik. 

Beberapa penelitian mengungkapkan, ekstrak daun dan batang buah nangka bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Makan buah nangka dalam porsi secukupnya juga diyakini aman untuk diabetesi (penderita diabetes).

Buah nangka untuk penderita diabetes juga memiliki cukup banyak manfaat. Simak manfaat buah nangka untuk diabetes dan cara aman mengonsumsinya berikut ini.

Manfaat Buah Nangka untuk Diabetes

Kenapa Penderita Mag Tak Boleh Makan Buah Nangka?

Berikut beberapa manfaat buah nangka untuk penderita diabetes:

1. Mencegah Peradangan Kronis

Salah satu komplikasi jangka panjang diabetes adalah peradangan kronis. Peradangan kronis inilah yang ke depannya akan menyebabkan munculnya komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Dengan konsumsi buah nangka, kamu dapat mencegah komplikasi peradangan kronis.

Artikel lainnya: Manfaat Buah Nangka, Cegah Sembelit hingga Kanker!

2. Sumber Nutrisi 

Di dalam 150 gram buah nangka terkandung nutrisi berikut ini:

  • 143 kalori
  • 1 gram lemak
  • 3 gram protein 
  • 35 gram karbohidrat
  • 2 gram serat
  • Vitamin B6 (memenuhi 29 persen gizi harian)
  • Vitamin C (memenuhi 23 persen gizi harian)

Selain kaya vitamin dan antioksidan, buah nangka mengandung banyak gula alami. 

Indeks glikemik nangka termasuk dalam kategori sedang. Artinya, jika dikonsumsi dalam porsi sedang, tidak akan menyebabkan naiknya gula darah yang signifikan.

3. Mencegah Komplikasi Diabetes

Masalah utama diabetes adalah komplikasi jangka panjang. Nah, nangka adalah salah satu jenis buah yang kaya antioksidan, seperti flavonoid. 

Buah nangka untuk penderita diabetes dapat membantu mencegah munculnya komplikasi diabetes di masa depan.

Artikel lainnya: Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

4. Membantu Mengontrol Gula Darah

Sejumlah studi mengungkapkan, ekstrak nangka mampu menurunkan kadar gula darah. Kandungan protein di dalam nangka diduga menjadi penyebab kemampuan nangka dalam mengntrol gula darah.

Kendati begitu, sebagian besar riset tersebut baru dilakukan pada hewan. Penelitiannya juga hanya menggunakan ekstrak daun dan batang nangka, bukan dagingnya.

5. Menyehatkan Usus

Buah nangka juga kaya serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan mikrobioma usus. Hal tersebut penting, mengingat risiko diabetes semakin meningkat pada orang yang memiliki keragaman mikrobioma usus yang rendah.

Artikel lainnya: Ini Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi Penyandang Diabetes

6. Berpotensi Menurunkan Berat Badan

Salah satu faktor risiko utama diabetes adalah obesitas. Semakin obesitas seseorang, maka semakin tinggi risiko ia menderita diabetes. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan apalagi jika kamu sudah menderita diabetes.

Nangka adalah buah kaya protein dan serat, sehingga berpotensi membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Diabetesi Harus Membatasi Konsumsi Buah Nangka

Makan Nangka Saat Hamil Muda Sebabkan Keguguran?

Indeks glikemik nangka memang sedang, sehingga konsumsinya tidak langsung meningkatkan kadar gula darah. Buah nangka juga mengandung sejumlah serat yang baik untuk orang dengan diabetes.

Kendati begitu, buah nangka memiliki makronutrien yang sebagian besar merupakan karbohidrat. 

Karbohidrat di dalam buah nangka berbentuk gula alami. Kandungan ini dapat meningkatkan kadar gula darah. Jadi, penderita diabetes harus membatasi makan buah nangka.

Artikel lainnya: Kesalahan Makan Buah yang Justru Memicu Diabetes

Utamakan pilihan buah yang kadar gulanya tidak terlalu tinggi, misalnya apel, pir, dan alpukat. Bagi diabetesi yang menjalankan diet vegetarian, konsumsi buah nangka dapat diganti dengan kacang-kacangan.

Kacang-kacangan seperti buncis dan kacang merah memiliki indeks glikemik rendah sebesar 20-30. Makanan pengganti nangka untuk diabetes tersebut juga mengandung lebih banyak serat dan protein.

#JagaSehatmu dan kontrol pola makan sehari-hari agar gula darah tidak melonjak. Rutin konsultasi ke dokter penyakit dalam lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk saran buah untuk diabetes yang aman.

(FR/JKT)

Buah NangkaDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait