Sehat dan Bugar

Sering Pingsan saat Olahraga? Mungkin Ini Penyebabnya

Tamara Anastasia, 11 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak sedikit orang yang tiba-tiba pingsan saat olahraga. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, mungkin hal ini yang menjadi penyebab pingsan saat olahraga.

Sering Pingsan saat Olahraga? Mungkin Ini Penyebabnya

Olahraga merupakan kegiatan positif yang seharusnya dilakukan secara rutin dan teratur. Sayangnya, beberapa orang malah enggan untuk melakukan aktivitas tersebut. Salah satu alasannya, mereka pernah pingsan saat olahraga.

Apakah Anda termasuk orang-orang yang pernah pingsan saat olahraga? Jika ya, Anda mesti mengetahui penyebab dari kondisi tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih waspada, sehingga tak lagi pingsan saat berolahraga.

Lantas, apa saja hal-hal yang dapat menjadi penyebab pingsan saat olahraga? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Dehidrasi

Menurut dr. Arina Heidyana, dehidrasi merupakan penyebab umum mengapa seseorang pingsan saat olahraga.

“Saat olahraga, tubuh akan menghasilkan keringat terus-menerus. Jika tidak dikombinasikan dengan minum air putih yang cukup, tubuh akan rentan mengalami dehidrasi,” jelas dr. Arina.

Karenanya, ketika Anda sedang olahraga, selalu sediakan air putih yang cukup untuk mengembalikan cairan yang hilang.

Setelah olahraga selesai, jangan lupa juga untuk minum air putih lebih banyak agar energi tubuh bisa kembali optimal.

2. Tidak Mengatur Napas dengan Baik

Ketika olahraga, aliran darah dan oksigen akan lebih banyak menuju otot. Jika hal ini tidak dikompensasi dengan pengaturan napas yang baik, bukan tak mungkin tubuh Anda akan kekurangan pasokan oksigen.

Tubuh yang kekurangan oksigen dapat mencetuskan keluhan kliyengan, bahkan penurunan kesadaran hingga pingsan.

3. Memaksakan Diri untuk Olahraga

“Terlalu memaksakan diri juga dapat menjadi penyebab pingsan saat olahraga,” ucap dr. Arina.

“Olahraga yang melebihi kapasitas tubuh bisa menurunkan tekanan darah dan memicu dehidrasi, sehingga pelakunya pun dapat pingsan,” sambungnya.

Oleh karena itu, hindari memaksakan diri untuk berolahraga jika sudah lelah. Hindari juga olahraga yang melebihi kapasitas tubuh, agar Anda tak malah mengalami efek buruk setelahnya.

4. Gula Darah Rendah

Melansir healthline, saat Anda berolahraga, otot akan menggunakan lebih banyak energi daripada biasanya.

Selama 15 menit pertama latihan, tubuh menggunakan gula (glukosa) untuk memasok energi tersebut. Setelah beberapa saat selanjutnya, kadar gula darah akan menurun sehingga memaksa tubuh untuk menggunakan sumber energi lain.

Artikel Lainnya: Ragam Olahraga yang Aman untuk Penderita Bronkitis        

Jika kondisi tersebut terus berlanjut, kadar gula darah Anda bisa sangat rendah. Kondisi yang dikenal dengan istilah hipoglikemia inilah yang pada akhirnya mencetuskan kliyengan atau pusing, dan penurunan kesadaran hingga pingsan.

5. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi juga bisa menjadi alasan mengapa Anda sering pingsan saat olahraga.

Untuk mencegah kondisi tersebut, Anda mesti bijak mengatur waktu latihan dan istirahat agar tidak timpang.

Jika Anda merasa sudah mulai pusing dan lemas saat olahraga, lebih baik istirahatkan tubuh selama beberapa saat. Sambil melakukannya, minumlah air putih dalam jumlah cukup, dan atur napas Anda dengan saksama.

Anda seharusnya bisa lebih waspada setelah tahu penyebab pingsan saat olahraga. Pastikan untuk menghindari kondisi-kondisi tersebut, agar Anda bisa merasakan manfaat optimal dari olahraga yang sedang dilakukan.

Apabila Anda telah menghindari penyebab pingsan saat olahraga namun tetap mengalaminya, lebih baik konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Olahraga

Konsultasi Dokter Terkait