Kesehatan Bayi

Fakta seputar Indra Penglihatan Bayi Baru Lahir Hingga Usia 2 Tahun

Tri Yuniwati Lestari, 01 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bayi perlu belajar melatih mata untuk dapat melihat lebih jelas. Berikut ini sederet fakta tentang indra penglihatan pada bayi baru lahir hingga usia 2 tahun.

Fakta seputar Indra Penglihatan Bayi Baru Lahir Hingga Usia 2 Tahun

Bayi sudah mulai menjelajahi dunia dengan mata mereka sejak dilahirkan. Hal tersebut bahkan dilakukan sebelum mereka belajar menggunakan indra tubuh lainnya. 

Mata bayi baru lahir memberikan informasi dan stimulasi yang penting untuk tumbuh kembangnya. 

Meski begitu, penglihatan bayi baru lahir belumlah sempurna. Mereka perlu melatih fokus dan gerakan mata agar bisa lebih mengenali informasi yang ada di sekitarnya. 

Nah, agar Anda tidak salah kaprah, berikut ini sederet fakta mengenai penglihatan bayi baru lahir yang mesti diketahui:

Indra Penglihatan pada Bayi Baru Lahir (Usia 0 Bulan)

Saat lahir, mata dan sistem visual bayi belum sepenuhnya berkembang. Oleh karena itu, mereka hanya dapat melihat dalam warna abu-abu dan hitam putih. 

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, penglihatan bayi baru lahir hanya dapat memandang sesuatu dengan jelas dari dekat. Akan sulit bagi bayi untuk memusatkan kedua matanya pada suatu objek yang jauh.

“Bayi baru lahir lebih mudah membedakan warna hitam dan putih. Itu juga jika benda atau orang berjarak dekat. Contohnya, saat digendong, bayi bisa melihat wajah orang yang menggendongnya lebih jelas,” ucap dr. Sara.

Melansir dari Kidshealth, bayi dapat melihat hal-hal dengan jelas dari jarak 8–12 inci. Lebih jauh dari jarak tersebut, penglihatan bayi baru lahir hanya tampak buram.

Indra Penglihatan pada Bayi Usia 4 Bulan

Selama dua bulan pertama kehidupan, mata bayi belum terkoordinasi dengan baik sehingga terlihat tidak sejajar atau juling. 

Namun, kondisi ini tergolong normal, karena mata dan sistem visual mereka belum sepenuhnya berkembang. 

Nantinya, pada usia 3 atau 4 bulan, penglihatan bayi akan menjadi lebih tajam. Mereka pun akan lebih mudah melacak dan fokus pada suatu objek. 

Bayi juga akan mulai mengenali lebih banyak warna, dan dapat mengidentifikasi detail pada mainan, buku, atau benda lain yang ada di dekatnya. 

Menurut American Optometric Association (AOA), bayi disinyalir memiliki penglihatan warna yang lebih baik pada usia 5 bulan.

Artikel Lainnya: Flash Kamera Menyebabkan Kebutaan Pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Indra Penglihatan pada Bayi Usia 6 Bulan

Pada usia ini, si kecil sudah dapat menjalani pemeriksaan mata untuk pertama kalinya. Hal ini dapat dilakukan, sekalipun tidak ada tanda-tanda masalah pada penglihatannya.

Pemeriksaan mata akan memberi tahu tentang bagaimana perkembangan penglihatan anak. Hal tersebut turut menjadi langkah deteksi dan penanganan sejak dini jika terdapat tanda-tanda gangguan penglihatan.

Indra Penglihatan pada Bayi Usia 7–8 Bulan

Menurut dr. Sara, bayi yang telah berusia 7–8 bulan akan memiliki penglihatan yang cukup jelas untuk mengenali orang atau benda dari jarak yang jauh. 

Sebagian besar bayi di usia ini juga tidak akan kesulitan mengambil atau memasukkan benda ke dalam mulutnya. Ini artinya, orangtua perlu berhati-hati agar si kecil tidak sampai menjangkau benda-benda berbahaya yang mungkin ada di sekitarnya.

Indra Penglihatan pada Bayi Usia 9–10 Bulan

Pada bayi yang telah berusia 9–10 bulan, mereka akan memiliki warna retina yang akan tetap sama seiring bertambahnya usia. 

Sampai saat itu, warna mata mereka mungkin secara alami berubah; dari biru, hijau, atau kecokelatan.

Artikel Lainnya: Mata Juling pada Anak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Indra Penglihatan pada Bayi Usia 12 Bulan

Pada usia 12 bulan, kebanyakan bayi akan merangkak dan mencoba berjalan. Orangtua harus memberikan dukungan agar si kecil bisa merangkak dan berjalan dengan lancar pada usia ini. 

Tujuannya adalah untuk membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan si kecil.  

Indra Penglihatan pada Bayi Usia 2 Tahun

Pada usia 2 tahun, koordinasi mata tangan si kecil seharusnya sudah terlatih dengan baik. Anak-anak usia ini biasanya sangat tertarik untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. 

Mereka pun sudah bisa membedakan dan mengambil suatu benda dengan mudah. Pada usia 2 tahun, anak sebaiknya tidak terlalu sering terpapar cahaya gawai maupun televisi. 

Hal ini bertujuan agar perkembangan indra penglihatannya tidak mengalami gangguan. 

Setiap orangtua sebaiknya memperhatikan dengan saksama perkembangan indra penglihatan bayi baru lahir hingga ia mampu menjaga dirinya sendiri. Apabila terdapat gangguan, tak perlu menunda untuk memeriksakannya kepada dokter.

Jika ingin berkonsultasi secara daring kepada dokter mengenai indra penglihatan pada bayi baru lahir, Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Kesehatan BayiMatapenglihatan

Konsultasi Dokter Terkait