Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Buah Kelapa Hijau Dapat Meningkatkan Kesuburan?

Benarkah Buah Kelapa Hijau Dapat Meningkatkan Kesuburan?

Mengonsumsi buah kelapa hijau disebut bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Benarkah demikian? Temukan jawabannya di sini.

Hingga saat ini ada banyak pengobatan dan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Salah satu bahan alami yang diteliti dan diyakini bisa meningkatkan kesuburan adalah buah kelapa hijau.

Benarkah ada manfaat kelapa hijau untuk kesuburan? Simak penjelasan medis berikut ini.

1 dari 2 halaman

Benarkah Kelapa Hijau Bisa Meningkatkan Kesuburan?

Mengutip Healthline, kesuburan merupakan kemampuan seseorang bereproduksi tanpa bantuan medis.

Sebaliknya, ketika kemampuan reproduksi tidak dapat dilakukan secara optimal hingga menyebabkan sulit memiliki keturunan, hal itu disebut sebagai infertilitas atau ketidaksuburan. 

Artikel Lainnya: Tingkatkan Kesuburan dengan Makan Kubis Brussel

Infertilitas dapat dialami pria maupun wanita. Ketidaksuburan yang dialami pria dapat terjadi akibat kualitas sperma yang buruk.

Sementara itu, infertilitas pada wanita bisa terjadi akibat terganggunya proses ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium. 

Adapun penyebab ketidaksuburan pada pria dan wanita, bisa dipicu berbagai faktor antara lain keturunan, kesehatan secara umum, penyakit, hingga gaya hidup.

Selain mengenal dan mengatasi faktor penyebab ketidaksuburan, infertilitas juga dapat diatasi dengan menerapkan pola makan sehat serta konsumsi sejumlah makanan tertentu, termasuk kelapa hijau.

Sejumlah penelitian dilakukan guna mengetahui manfaat kelapa hijau buat kesuburan pria dan wanita.

Namun sayangnya, deretan penelitian tersebut menurut dr. Dyah Novita Anggrani masih dilakukan sebatas pada hewan, seperti tikus dan kelinci.

Meski begitu, penelitian soal manfaat kelapa untuk kesuburan tersebut memiliki sejumlah temuan menarik, di antaranya:

  1. Meningkatkan Jumlah dan Motilitas Sperma Tikus

Sebuah penelitian yang dirilis Asian Journal of Pregnancy and Childbirth mengungkapkan bahwa kelapa hijau dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma (jumlah sel sperma yang bergerak progresif).

Penelitian ini dilakukan pada 30 ekor tikus wistar jantan. Selama lebih dari 10 hari, tikus-tikus tersebut diberi air kelapa hijau berusia sekitar 8 bulan. 

Kemudian, peneliti melakukan dislokasi serviks pada puluhan tikus tersebut. Testis dan cauda epididimis tikus diangkat, disimpan, dan disterilkan untuk diteliti kesuburannya menggunakan metode standar. 

Hasil penelitian mengungkapkan, air kelapa hijau menyebabkan peningkatan jumlah sperma dan motilitas sperma tikus.

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia guna mengetahui manfaat kelapa hijau untuk kesuburan tersebut.

  1. Meningkatkan Kadar Testosteron Tikus 

Manfaat kelapa hijau untuk kesuburan juga telah diamati oleh penelitian dari The FASEB Journal.

Penelitian tersebut mengklaim bahwa air kelapa dapat meningkatkan kualitas air mani dan kadar testosteron tikus wistar jantan. Selain itu, air kelapa disebut memiliki zat mirip estrogen yang berdampak baik pada kesuburan tikus wistar betina.

Kendati demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia guna mengetahui manfaat kelapa hijau untuk kesuburan pria dan wanita.

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Delima untuk Kesuburan Pria

  1. Meningkatkan Kualitas Air Mani Kelinci

Sebuah penelitian yang dirilis Researchgate menjelaskan bahwa air kelapa dapat meningkatkan kualitas air mani kelinci.

Penelitian tersebut dilakukan pada kelinci persilangan selandia baru putih dan chinchilla.

Hasil penelitian mengungkapkan, air kelapa merupakan pengencer air mani kelinci yang efektif untuk inseminasi buatan di peternakan. Air kelapa juga disebut dapat meningkatkan produktivitas kelahiran.

Meski belum ada bukti medis yang menyatakan kelapa hijau bisa meningkatkan kesuburan pria atau wanita, namun Anda tetap boleh mengonsumsi buah tersebut. 

Secara medis, air kelapa hijau ditemukan dapat mencegah dehidrasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. 

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar kesuburan Anda bisa  konsultasi ke dokter via Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar