Sukses

Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Diwaspadai

Jika teman Anda sering menjatuhkan orang lain, bisa jadi ia suka memanipulasi. Kenali ciri orang manipulatif menurut psikolog di sini!

Dalam kehidupan sosial, orang manipulatif kerap dihindari. Pasalnya, ia bisa dengan mudah memengaruhi emosi dan mental seseorang untuk menjatuhkan saingan atau musuhnya. 

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, manipulasi adalah bentuk mekanisme pertahanan diri seseorang ketika berhadapan dengan lingkungan atau masalah yang membuatnya tertekan. 

Cara tersebut dipakai untuk melindungi dirinya dengan membalik fakta atau menyerang orang lain dalam berbagai macam cara. 

Manipulasi juga menjadi salah satu cara lain pelaku untuk menyerang dan memengaruhi emosi orang lain. Jadi, ia bisa mengendalikan orang tersebut dan mendapatkan apa yang ia inginkan. 

Artikel lainnya: Awas, Perilaku Toksik Ini Hadir Tanpa Anda Sadari

Karena termasuk pihak yang merugikan, ketahuilah beberapa ciri orang manipulatif di bawah ini: 

1 dari 3 halaman

1. Mengambil Keuntungan untuk Diri Sendiri

Orang yang manipulatif akan melakukan berbagai cara untuk menguntungkan dirinya sendiri. Tidak peduli apa yang ia perbuat dan seberapa merugikannya untuk orang lain, orang manipulatif tetap akan melakukannya. 

Ia akan kehilangan rasa empati kepada orang lain demi meraih keuntungan. 

2. Memutarbalikkan Fakta 

“Memutarbalikkan fakta yang ada agar dirinya terlihat lebih baik juga jadi tanda orang manipulatif. Selain itu, memutarbalikkan fakta agar orang lain merasa bersalah juga jadi ciri lainnya,” jelas Ikhsan. 

3. Mudah Dekat dengan Orang Lain 

Orang manipulatif bisa dengan mudah dekat dengan orang lain. Di sinilah ia akan membuat targetnya terbuka dengan rahasia-rahasia yang dimiliki. 

Nantinya, rahasia ini akan dijadikan sebagai “senjata” untuk menjatuhkan atau melawan orang tersebut suatu saat nanti. 

Orang manipulatif juga bisa bersikap sangat baik kepada orang lain supaya orang tersebut bisa percaya dengannya. 

4. Sering Berada di Zona Nyaman 

Orang manipulatif juga biasanya cenderung berinteraksi di zona nyamannya, misalnya lingkungan pertemanan, keluarga, dan kantor. 

Cara ini dilakukan agar ia bisa mengendalikan keadaan dan mendapatkan apa yang diinginkan dengan lebih mudah. 

Ketika masuk ke circle baru, orang manipulatif juga akan bersikap sebaik mungkin agar diterima.

Artikel lainnya: Kenali Ciri-Ciri Orang Berbohong Menurut Psikologi

2 dari 3 halaman

5. Merendahkan Orang Lain

“Merendahkan orang lain agar orang tersebut merasa inferior dan si pelaku menjadi superior juga jadi kebiasaan lainnya dari manipulator,” jelas Ikhsan.

“Sebisa mungkin orang tersebut akan membicarakan kejelekan Anda di depan orang banyak, sehingga tidak ada lagi yang mau dekat atau percaya dengan Anda. Sebaliknya, tingkah tersebut membuat pelaku jadi semakin disukai karena dianggap ‘baik’ oleh orang-orang sekitar,” lanjutnya. 

6. Menyalahkan Orang Lain 

Menyalahkan orang lain untuk membenarkan dirinya juga menjadi ciri orang yang manipulatif. 

Biasanya, ia akan mencari kesalahan orang untuk menutupi kelakuan buruknya. Jadi, ia tidak akan dibenci oleh lingkungan sekitarnya. Sebaliknya, justru orang-orang akan dimanipulasi sehingga membenci individu tertentu. 

Itulah tanda-tanda orang manipulatif yang perlu Anda waspadai di lingkungan sosial. Pahami dengan baik agar tidak terkena imbas buruknya dan jauhi orang tersebut.

Ingin tahu info kesehatan mental menarik lainnya? Download aplikasi Klikdokter, dan konsultasi juga dengan psikolog melalui Live Chat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar