Sukses

Quinoa untuk Diabetes, Lebih Sehat atau Tidak?

Sejumlah penelitian mengungkapkan potensi manfaat quinoa untuk diabetes. Benarkah biji-bijian ini ampuh mengobati gangguan metabolisme tersebut? Cek faktanya!

Apakah Anda pernah mendengar istilah quinoa? Puluhan tahun sebelum populer sebagai bahan pangan alternatif, biji-bijian ini menjadi makanan pokok Suku Inca yang mendiami Pegunungan Andes.

Dekade terakhir, kepopulerannya kian menanjak seiring banyak penelitian terkait manfaat quinoa bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang disinyalir ada di dalam biji-bijian ini adalah dapat membantu mengobati diabetes.

Benarkah demikian? Jika ya, apa saja manfaat quinoa untuk diabetes? Yuk, cari tahu faktanya!

Artikel Lainnya: Virus Corona Bisa Menyebabkan Diabetes, Benarkah?

1 dari 3 halaman

Menelusuri Manfaat Quinoa untuk Diabetes

Dikutip dari Healthline, quinoa merupakan biji-bijian yang memiliki kandungan serat dan protein tinggi. Kandungan ini dapat memperlambat proses pencernaan sehingga dapat menciptakan perasaan kenyang lebih lama.

Selain kandungan tersebut, faktor lain yang membuat quinoa disebut bermanfaat untuk diabetes adalah indeks glikemik yang rendah, yaitu 53.

Indeks glikemik digunakan untuk mengukur seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Penelitian mengungkapkan, makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat merangsang rasa lapar dan menyebabkan obesitas, diabetes tipe-2, dan penyakit jantung.

Berdasarkan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, sebagai makanan alternatif pengganti nasi, quinoa memang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan tinggi serat. Hal ini membuatnya baik untuk membantu memelihara kadar gula darah.

Senada dengan itu, penelitian yang dirilis Healthline mengungkapkan potensi quinoa dalam membantu mengelola diabetes tipe-2, kolesterol, dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Di balik semua dugaan mengenai manfaat quinoa untuk diabetes, biji-bijian ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Faktanya, 1 cangkir atau 189 gram quinoa matang mengandung sekitar 40 gram karbohidrat.

Atas dasar itu, quinoa bukanlah alternatif terbaik bagi Anda yang tengah menjalani diet karbohidrat. Sebab, bagaimana pun juga, mengelola total asupan karbohidrat dalam makanan sehari-hari sangat penting untuk mengatur kadar gula darah.

Artikel Lainnya: 12 Jenis Diabetes Melitus yang Mungkin Mengintai Anda

2 dari 3 halaman

Quinoa Tetap Menyehatkan

Meski manfaat quinoa untuk diabetes masih belum sepenuhnya terbukti, tak ada salahnya jika penderita diabetes ingin mengonsumsi biji-bijian yang satu ini.

Penelitian telah mengungkapkan potensi quinoa sebagai pengganti roti dan pasta bebas gluten. Puluhan sumber terpercaya terkait penelitian berbasis manusia tersebut mengungkapkan bahwa konsumsi quinoa dapat secara signifikan mengurangi kadar trigliserida.

Penelitian lainnya yang diuji cobakan pada tikus menyatakan bahwa quinoa dapat menghambat efek negatif fruktosa pada makanan dengan kandungan fruktosa tinggi.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, penderita diabetes wajib membatasi porsi quinoa yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila berlebihan, hal tersebut malah dapat membahayakan kesehatan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengombinasikannya dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat, serta kontrol ke dokter secara berkala.

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai diabetes, gaya hidup, atau pola makan sehat, tak perlu sungkan untuk konsultasi langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar