HomeInfo SehatJantungPilihan Makanan Laut yang Menyehatkan Jantung
Jantung

Pilihan Makanan Laut yang Menyehatkan Jantung

FIRISA ARDIANTI, 06 Jul 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada beberapa makanan untuk jantung dari hasil laut yang sangat bermanfaat. Apa saja seafood yang baik untuk jantung? Ketahui di sini.

Pilihan Makanan Laut yang Menyehatkan Jantung

Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, organ jantung membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan menyehatkan. 

Sumber protein seperti daging unggas dan susu dapat menjadi pilihan. Lalu, makanan untuk jantung juga bisa berasal dari seafood.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, jika jantung kekurangan nutrisi, maka organ tersebut tidak memiliki perlindungan. Akibatnya, risiko penyakit jantung akan meningkat.

Berikut ini beberapa makanan laut yang sehat untuk jantung:

1. Ikan Salmon, Makerel, dan Tuna

Menurut American Heart Association, mengonsumsi setidaknya 2 porsi (masing-masing 3,5 ons atau 100 gram) ikan salmon, mackerel, atau tuna setiap minggu dapat menyehatkan jantung. 

Ikan tersebut juga mampu membantu menyehatkan kondisi pasien penyakit jantung. Tuna, sarden, salmon, dan makerel mengandung omega-3. Kandungan zat tersebut dapat menurunkan kadar trigliserida, mengurangi pembekuan darah, dan menurunkan risiko stroke serta gagal jantung.

Namun, yang harus diperhatikan adalah risiko kandungan zat berbahaya di dalam ikan-ikan tersebut, seperti methylmercury, polychlorinated biphenyls, dan dioxin.

Untuk itu, pastikan ikan dalam keadaan segar dan jangan konsumsi berlebihan. Pilih dan beli ikan dari toko yang terjamin kualitasnya.

2. Kepiting

Bagi Kamu penyuka hidangan kepiting, ternyata seafood ini bisa dijadikan makanan untuk jantung yang sehat.

Dilansir dari WebMD, asam lemak omega-3 kepiting menyediakan berbagai manfaat untuk kesehatan jantung.

Selain menurunkan trigliserida dan risiko pembekuan darah, omega-3 bisa mencegah kondisi detak jantung yang tidak beraturan. 

3. Cumi

Ternyata, kadar docosahexaenoic acid (DHA) pada cumi lebih tinggi dibandingkan jenis seafood lainnya. 

“DHA merupakan bagian dari omega-3. Fungsi DHA mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung karena kolesterol jahat,” jelas dr. Dyah Novita.

4. Udang 

Bagi kesehatan jantung, terkadang udang dianggap dapat membawa dampak buruk. Sebab, kandungan kolesterol udang dipercaya cukup tinggi.

Namun, melansir Healthline, udang mengandung jumlah lemak yang sangat sedikit dan hampir tidak memiliki lemak jenuh. Lemak jenuh inilah yang berbahaya bagi jantung dan pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Ingin Jaga Kesehatan Jantung? Konsumsi Serat Secara Teratur!

Dalam sebuah penelitian oleh Rockefeller University di Amerika Serikat, beberapa pria dan wanita mengonsumsi 10 ons udang setiap hari selama 3 minggu. Metode ini dikombinasikan juga dengan asupan telur dan diet rendah kolesterol.

Hasilnya, pola makan dengan udang meningkatkan LDL (kolesterol jahat) sebesar 7 persen dibanding pola makan rendah kolesterol. 

Menariknya, konsumsi udang juga meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) sebesar 12 persen, dan menurunkan trigliserida sebanyak 13 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa makan udang dapat membawa pengaruh positif bagi kesehatan jantung. Pasalnya, kadar HDL yang rendah dihubungkan dengan peradangan penyakit jantung. 

5. Lobster

Hidangan seafood yang menggugah selera ini dapat menjadi opsi makanan untuk jantung sehat. 

Lobster mengandung asam lemak omega-3 untuk mencegah sakit jantung, mengendalikan ritme jantung, dan menurunkan tekanan darah.

6. Mussels (Kerang)

Kerang dapat menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Sama seperti pilihan makanan laut di atas, mussel mengandung omega-3. 

Konsumsi seafood ini dapat membantu menyehatkan jantung. Selain omega-3, kerang juga kaya akan DHA dan EPA.

Artikel Lainnya: Ingin Jantung Sehat? Ikuti Gaya Hidup Ini!

Meski bermanfaat untuk jantung, sebaiknya konsumsi makanan laut untuk jantung di atas dalam porsi secukupnya. 

Apabila punya penyakit jantung atau kondisi medis lainnya, konsultasikan kepada dokter mengenai jumlah yang tepat untuk kondisi kesehatan Kamu.

Selain itu, waspada dengan risiko alergi seafood. Makanan tersebut tak jarang menimbulkan reaksi. 

Disarankan untuk mengolah makanan laut hingga matang supaya Kamu terhindar dari efek samping zat berbahaya.

Kombinasikan ragam seafood sehat untuk jantung dengan makanan bergizi seimbang lainnya. Imbangi pula dengan olahraga rutin. 

Konsultasi ke dokter penyakit dalam seputar jantung lebih cepat lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Artikel ini juga tayang di Okezone.

JantungKolesterolSeafood

Konsultasi Dokter Terkait