Sukses

Wujudkan Gizi Seimbang pada Anak dengan Isi Piringku

Kesehatan anak tentu menjadi prioritas orangtua, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi anak adalah dengan menggunakan prinsip ‘Isi Piringku’

Banyak orangtua yang bingung dalam menentukan porsi makan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Namun, tahukah Anda ada satu prinsip pola makan anak yang dapat diikuti? Salah satu cara pemenuhan gizi yang baik untuk anak adalah dengan menggunakan prinsip ‘Isi Piringku’.

Dalam prinsip ini, porsi makan anak dibagi berdasarkan komposisi jenis makanan di dalam satu piring yang digunakan.

Bayangkan piring makanan anak sebagai piring dengan lingkaran 360 derajat. Sebanyak 1/3 porsi lingkaran piring adalah makanan pokok yang merupakan karbohidrat, 1/6 porsi lingkaran piring adalah makanan lauk, dan 1/2 piring adalah buah dan sayuran.

Artikel Lainnya: Penuhi Kebutuhan Gizi Seimbang dengan Panduan Piring Makan

Lalu bagaimana contoh makanan yang sehat untuk anak berdasarkan usia?

1 dari 4 halaman

1. Anak 2-4 Tahun

Memasuki usia 2 tahun, anak sudah bisa diperkenalkan dengan makanan keluarga. Namun, berikan makanan dengan konsistensi yang lunak. Anda dapat memberikan nasi lunak, kentang  lunak, dan mi.

Selain itu perhatikan juga jenis lauk yang Anda berikan. Pastikan lauk yang Anda pilih bernutrisi dan diperoleh dari daging sapi, ikan, dan telur.

Makanan selingan berupa bubur kacang hijau atau puding juga mulai bisa Anda berikan kepada balita sebagai bagian dari prinsip Isi Piringku.

2 dari 4 halaman

2. Anak 4-6 Tahun

Memasuki usia ini, konsistensi makanan dapat diberikan menyerupai dewasa. Berikan tiga porsi makan besar dan 2-3 kali porsi camilan sehat.

Nasi, roti, dan pasta bisa menjadi pilihan karbohidrat, sedangkan daging, telur, ikan bisa menjadi lauknya.

Susu sebanyak dua gelas per hari juga bisa diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

3 dari 4 halaman

3. Anak 6-8 Tahun

Memasuki usia sekolah, maka kebutuhan kalori anak ikut meningkat. Pastikan Anda memberikan nutrisi kaya manfaat untuk menunjang aktivitas anak yang mulai padat.

Selain asupan karbohidrat yang cukup, pilihlah protein yang bervariasi. Pilihan protein tidak selalu harus dari sumber hewani, sumber protein nabati juga dapat Anda pilih seperti tahu dan tempe.

Jangan lupakan buah dan sayuran dalam diet harian anak Anda. Gantilah porsi sayur dan buah setiap hari untuk mendapatkan manfaat atau nutrisi yang optimal.

Artikel Lainnya: Peran Keluarga dalam Pemenuhan Asupan Gizi Si Kecil

Selain makanan pokok di atas, orangtua dapat memberikan Susu Morinaga Chil*Go! untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

Di dalam Susu Morinaga Chil*Go! terdapat serat pangan inulin, tinggi vitamin A, C, E, dan Zink. Nutrisi  seperti serat pangan inulin, vitamin A, C, E, serta Zink memiliki kegunaan untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat menjadi penting untuk sistem ketahanan tubuh yang kuat.

Susu Morinaga Chil*Go! juga mengandung Minyak Ikan, Omega 3 dan 6, serta Kolin. Selain itu, tinggi Kalsium, Vitamin D, 14 Vitamin, dan 8 mineral termasuk di dalamnya 9 Asam Amino Essensial yang baik untuk pelengkap kebutuhan nutrisi hariannya.

Susu bubuk kualitas Jepang yang ENAK BERNUTRISI ini harganya juga  terjangkau. Susu ini tersedia dalam 2 varian, yaitu 1+ dan 3+ dengan rasa madu dan vanila.

Kini Anda sudah tahu, bukan kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan anak?

Dengan gizi berimbang, tumbuh kembang anak pun dapat berjalan optimal. Untuk tahu informasi kesehatan anak lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar