Sukses

Manfaat Yoghurt untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Yoghurt terbuat dari susu yang difermentasi dan memiliki segudang manfaat, termasuk untuk diet menurunkan berat badan. Ini tips mengonsumsinya untuk diet!

Yoghurt memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satu manfaat mengonsumsinya adalah membantu menurunkan berat badan. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi yoghurt untuk diet. Untuk tahu bagaimana manfaatnya untuk menjadi asupan diet dan membantu mengurangi berat badan, sebaiknya simak ulasan berikut ini. 

1 dari 4 halaman

Manfaat Yoghurt untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Menurut dr. Devia Irine Putri, yoghurt merupakan sumber probiotik yang menjaga kesehatan saluran cerna dan membantu menghindari sembelit

“Mengonsumsi yoghurt dapat membuat perut kenyang lebih lama dan membantu mempercepat metabolisme tubuh.” jelas dr. Devia.

Artikel Lainnya: Manfaat Yoghurt untuk Penderita Hipertensi

Yoghurt juga mengandung protein, kalsium, serta vitamin yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Dengan mengonsumsinya, Anda turut melindungi serta memperkuat tulang dan gigi.

Dilansir dari Healthline, berdasarkan studi selama dua tahun yang mengamati pola makan 8.516 orang dewasa, yoghurt bermanfaat untuk mewujudkan berat badan sehat.

Orang yang mengonsumsi tujuh porsi yoghurt per minggu cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan. 

Kesimpulan itu berlaku ketika dibandingkan dengan orang yang hanya mengonsumsi yoghurt sebanyak dua porsi atau lebih sedikit per minggunya. 

2 dari 4 halaman

Konsumsi Yoghurt di Waktu yang Tepat

Meskipun yoghurt memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi Anda harus mengonsumsinya di waktu yang tepat.  

Anda bisa mengonsumsi yoghurt sebelum sarapan atau ketika perut masih kosong. Sebab, mengonsumsi menu tersebut sebelum makan dapat meningkatkan hormon untuk mengatur rasa kenyang.

Lalu dilansir dari News Medical, mengonsumsi 8 ons (sekitar 200 gram) yogurt rendah lemak sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mencegah terjadinya sindrom metabolik.

Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh University of Missouri di Amerika Serikat, sarapan mengandung protein baik untuk program diet. 

Anda bisa mengonsumsi 1 porsi greek yoghurt saat sarapan. Seporsi greek yoghurt mengandung 100 kalori dan 18 gram protein.

Yoghurt juga bisa menjadi kudapan saat lapar sebelum waktu makan. Konsumsi makanan tersebut dengan campuran beberapa potong buah apel, stroberi, atau kacang-kacangan untuk memperkaya nutrisinya. 

Artikel Lainnya: Manfaat Masker Yoghurt untuk Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

3 dari 4 halaman

Tips Konsumsi Yoghurt untuk Turunkan Berat Badan

Dokter Devia membagikan tips konsumsi yoghurt untuk turunkan berat badan. 

“Sebaiknya, pilih yoghurt yang plain atau tidak ada tambahan pemanis. Jika ingin manis, bisa ditambahkan madu atau potongan buah sebagai pemanis alami. Selain rasa, perhatikan pula kandungan yoghurt berlemak atau tanpa lemak,” kata dr. Devia. 

Anda juga perlu membatasi konsumsi yoghurt setiap harinya. Dokter Devia menganjurkan untuk mengonsumsi yoghurt sebanyak 200-400 ml setiap harinya. 

Anda juga harus waspada dengan tanggal kedaluwarsa produk olahan susu ini. “Karena ada beberapa yoghurt yang memiliki tanggal kedaluwarsa cepat,” kata dr. Devia.

Itu dia manfaat yoghurt untuk diet menurunkan berat badan. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar