Sukses

Menyingkap Manfaat Teh Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat teh pisang untuk kesehatan, mulai dari untuk mencegah perut kembung hingga membuat tidur Anda lebih nyenyak. Baca selengkapnya di sini.

Pisang merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Selain dimakan langsung, pisang juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Salah satu olahannya, yaitu teh pisang. 

Teh pisang adalah jenis infused water yang terbuat dari rebusan air mineral dan buah pisang. Minuman ini sering diseduh bersama kayu manis dan madu.

Berkat racikan tersebut, teh pisang memiliki sejumlah mineral penting yang bisa menyehatkan tubuh.

Berikut adalah manfaat teh pisang yang bisa Anda rasakan apabila mengonsumsinya secara rutin: 

1 dari 8 halaman

1. Menangkal Radikal Bebas

Pisang merupakan buah yang kaya antioksidan. Hal tersebut membuatnya mampu menangkal radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit. 

Kendati demikian, beberapa studi mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat memastikan khasiat teh pisang tersebut. Apalagi zat antioksidan bisa hancur ketika diseduh air panas. 

Artikel lainnya: Pisang Kuning Vs Pisang Hijau, Mana yang Lebih Bermanfaat?

2 dari 8 halaman

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Pisang mengandung kalium dan magnesium di dalamnya. Kedua senyawa tersebut bisa ikut tercampur dengan air rendaman yang digunakan untuk membuat teh pisang.

Kombinasi kalium dan magnesium di dalam air rendaman teh pisang disinyalir dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung maupun stroke.

3 dari 8 halaman

3. Mencegah Kembung

Zat kalium, mineral, dan elektrolit penting yang terkandung dalam teh pisang mungkin dapat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Kalium dan kadar air dalam teh pisang dapat mengatasi perut kembung, karena membantu mengeluarkan banyak natrium melalui urine.

4 dari 8 halaman

4. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Setidaknya terdapat tiga nutrisi utama di dalam pisang yang diklaim dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, yaitu kalium dan magnesium.

Adapun nutrisi lain dalam pisang, yaitu triptofan. Senyawa ini merupakan asam amino yang memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut dapat membuat seseorang mudah mengantuk.

Artikel lainnya: Kapan Waktu yang Tepat untuk Makan Pisang?

5 dari 8 halaman

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang kaya akan serat larut dan tak larut yang dapat memperlambat pencernaan, menekan nafsu makan, serta meningkatkan metabolisme.

Karena itu, teh pisang juga disinyalir bisa membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan triptofan, dopamin, dan serotonin dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6 dari 8 halaman

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung beragam vitamin, teh pisang juga menyimpan mineral seperti mangan dan magnesium. Keduanya dapat berkontribusi untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Jadi, jika Anda menerapkan diet seimbang dari sumber makanan lain dan menambah asupan vitamin dan mineral yang cukup dari teh pisang, maka dapat membantu menyehatkan tulang atau bahkan mencegah osteoporosis.

Artikel lainnya: Awas, Kebanyakan Makan Pisang Ambon Bisa Sebabkan Hal Ini!

7 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Mood

Satu lagi manfaat teh pisang, yaitu untuk meningkatkan mood atau suasana hati Anda. Mengapa bisa? 

Dopamin dan serotonin yang ditemukan dalam teh pisang dapat membantu mengatur kadar hormon dan meningkatkan suasana hati, karena keduanya adalah neurotransmiter yang membuat Anda merasa lebih baik.

Lalu, bagaimana cara membuat teh pisang?  Anda hanya perlu merebus pisang, kemudian menambahkan kayu manis atau madu ke dalam air rebusan. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, teh pisang pun siap dikonsumsi. 

Itu dia beberapa manfaat teh pisang untuk kesehatan. Cara pembuatannya pun cukup mudah. 

Sayangnya, hingga saat ini, belum ada penelitian yang mengkaji secara khusus manfaat teh pisang untuk kesehatan. Meski belum sepenuhnya terbukti, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi sajian tersebut. 

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar teh pisang atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar