Sukses

Menyingkap Manfaat Teh Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Teh pisang diklaim sebagai salah satu minuman alternatif yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Apa kata medis soal manfaat teh pisang? Yuk, cari tahu!

Dasawarsa terakhir, infused water atau minuman yang terbuat dari rendaman buah-buahan segar kian populer. Minuman ini dikenal sebagai alternatif air putih yang lebih menyehatkan. 

Belakangan, terdapat jenis minuman alternatif baru yang disinyalir juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Minuman ini dikenal dengan sebutan teh pisang.

Dikutip dari Healthline, teh pisang adalah jenis infused water yang terbuat dari rebusan air mineral dan buah pisang. Minuman ini sering diseduh bersama kayu manis dan madu.

Berkat racikan tersebut, teh pisang memiliki sejumlah mineral penting yang diduga bisa menyehatkan tubuh. 

Artikel Lainnya: Teh Herbal untuk Kesehatan yang Harus Anda Coba

Berikut ini beberapa manfaat teh pisang yang disinyalir bisa dirasakan apabila mengonsumsinya secara rutin dan teratur:

1 dari 3 halaman

1. Menangkal Radikal Bebas

Pisang merupakan buah yang kaya antioksidan. Hal tersebut membuatnya mampu menangkal radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit. 

Kendati demikian, beberapa studi mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat memastikan khasiat teh pisang tersebut.

Sepuluh sumber terpercaya dalam laporan tersebut juga menegaskan bahwa teh pisang bukanlah sumber antioksidan yang baik. Pasalnya, zat antioksidan dapat hancur ketika diseduh air panas.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Pisang mengandung potasium dan magnesium. Kedua senyawa tersebut bisa ikut tercampur dengan air rendaman yang digunakan untuk membuat teh pisang.

Kombinasi potasium dan magnesium di dalam air rendaman teh pisang disinyalir dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung maupun stroke.

2 dari 3 halaman

3. Mencegah Kembung

Mengutip Healthline, kandungan kalium, mineral, dan elektrolit penting di dalam teh pisang mungkin dapat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Kalium dan kadar air dalam teh pisang sendiri dapat mengatasi perut kembung, karena membantu mengeluarkan banyak natrium melalui urine.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Masih dari Healthline, setidaknya terdapat tiga nutrisi utama di dalam pisang yang diklaim dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, yaitu potasium dan magnesium.

Adapun nutrisi lain dalam pisang, yaitu triptofan. Senyawa ini merupakan asam amino yang dapat memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut dapat membuat seseorang mudah mengantuk.

Artikel Lainnya: Kiat Dapatkan Manfaat Sehat Minum Teh Hijau

Itu dia beberapa manfaat yang disinyalir ada di dalam teh pisang teh pisang. Satu hal yang perlu digarisbawahi, manfaat-manfaat tersebut mungkin akan dirasakan berbeda-beda pada tiap orang. Ada yang benar-benar merasakannya, ada yang hanya sebatas sugesti saja.

Pasalnya, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengkaji secara khusus manfaat teh pisang untuk kesehatan. 

“Sebenarnya yang diteliti kandungannya. Akan tetapi, kandungan tersebut sebenarnya juga ada di pisang utuh,” jelas dr. Astrid.

Berdasarkan dr. Astrid, nutrisi yang terkandung di dalam pisang utuh bisa berkurang apabila buah tersebut diolah dengan cara direbus. 

Dengan kata lain, manfaat yang diperoleh tidak akan seoptimal jika Anda mengonsumsi buah pisang utuh secara langsung (tanpa diolah).

“Makanan yang diproses tentu akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas nutrisi di dalamnya. Karenanya, kalau ingin merasakan kandungan nutrisi pisang dengan lebih baik, tentu dengan cara dimakan utuh (setelah dikupas kulitnya),” saran dr. Astrid.

Senada dengan itu, studi yang terbit dalam U.S Department of Agriculture juga mengungkapkan bahwa teh pisang bukanlah sumber nutrisi yang baik karena proses pembuatannya.

Meski manfaat teh pisang masih belum sepenuhnya terbukti, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi sajian tersebut. Namun, Anda tetap mesti mengedepankan higienitas dalam proses pembuatannya dan membatasi porsi agar tidak berlebihan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar teh pisang atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar