HomeIbu Dan anakKehamilanGairah Seks Menurun Saat Hamil, Cek Penyebabnya!
Kehamilan

Gairah Seks Menurun Saat Hamil, Cek Penyebabnya!

dr. Devia Irine Putri, 26 Agu 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pada beberapa kasus, gairah seks wanita selama hamil juga bisa menurun! Apa saja penyebabnya? Kita cek selengkapnya di artikel ini.

Gairah Seks Menurun Saat Hamil, Cek Penyebabnya!

Tubuh ibu tidak hanya mengalami perubahan fisik ketika sedang hamil. Libido alias gairah seks ibu selama masa kehamilan umumnya juga mengalami perubahan. 

Bertambahnya libido disebabkan oleh peningkatan kadar hormon seks selama kehamilan, seperti estrogen dan progesteron. Saat hamil, peningkatan aliran darah ke vagina juga membuat organ intim bumil semakin sensitif. Alhasil, ibu hamil jadi lebih mudah terangsang.

Meski begitu, sejumlah kondisi juga bisa menurunkan hasrat seksual ketika hamil. Hal ini juga bisa dirasakan pasangan. 

Di bawah ini penyebab gairah seksual menurun saat hamil yang perlu pasangan ketahui.

1. Fase Morning Sickness

Umumnya, morning sickness terjadi pada awal-awal usia kehamilan, seperti trimester pertama. Meski menggunakan istilah “morning”, rasa mual dan muntah selama kehamilan ini bisa terjadi kapan saja, termasuk di malam hari.

Morning sickness yang terjadi dalam intensitas berat bisa menyebabkan ibu merasa lelah sehingga tidak bergairah untuk berhubungan seks.

Artikel Lainnya: Dalam Kondisi Apa Seks saat Hamil Tidak Boleh Dilakukan?

2. Perubahaan Suasana Hati

Perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan, stres, dan kelelahan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami perubahan suasana hati atau mood swing. Ibu hamil bisa merasakan senang, lalu seketika berganti dengan sedih, ataupun cemas. Sebenarnya, hal ini wajar dialami bumil pada trimester awal dan menjelang persalinan.

Meski normal, jika dibiarkan berlarut-larut, mood swing bisa bikin gairah seks menurun saat hamil. Untuk itu, penting bagi ibu hamil mengelola stress yang dihadapi sehingga tidak terus menerus mengalami mood swing

3. Lebih Mementingkan Kondisi Janin

Saat sedang hamil, kesehatan janin adalah prioritas utama. Hal ini mungkin bisa menyebabkan pasangan enggan bercinta selama masa kehamilan.

Meski sebenarnya berhubungan seks saat hamil diperbolehkan, rasa takut dan cemas bukan tidak mungkin membuat pasangan berpikir dua kali untuk melakukannya.

4. Tidak Percaya Diri

Perubahan fisik saat hamil bisa membuat bumil merasa tidak percaya diri ketika berhubungan seks. Hal ini bisa jadi alasan kenapa ibu hamil kurang bergairah.

Ketika hasrat seks menurun, vagina jadi lebih kering sehingga hubungan seksual terasa sakit dan tak nyaman.

Karenanya, coba diskusikan hal ini dengan pasangan, ya! Agar suami-istri mendapatkan solusi terbaik dan hubungan seksual berjalan dengan nyaman.

5. Pasangan Merasa KasihanĀ 

Tidak bergairah saat istri hamil bisa dialami pasangan. Sebab, suami bisa merasa kasihan melihat istrinya mengeluh sakit dan pegal saat hamil. Ketimbang memuaskan hawa nafsunya, suami memilih merawat sang istri. 

Hal ini sebenarnya bisa dikomunikasikan kembali dengan pasangan. Apabila istri merasa sehat dan siap, tak ada salahnya bercinta. Pilih posisi seks yang aman dan nyaman, ya!

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Berhubungan Intim saat Hamil

6. Payudara Nyeri

Tidak hanya perut yang bertambah besar selama hamil, payudara pun demikian. Pada fase ini, payudara sedang mempersiapkan ASI untuk proses menyusui nantinya. 

Payudara yang membesar bisa terasa nyeri sehingga dapat menurunkan gairah seksual bumil. Kondisi ini normal dan sering kali terjadi pada trimester pertama.

Meski begitu, tak perlu khawatir. Sebab, rasa nyeri pada payudara akan hilang sendiri setelah memasuki trimester kedua atau ketiga. 

7. Kelelahan

Membesarnya perut seiring bertambahnya usia kehamilan, bisa membuat bumil kesulitan bergerak. Karena menopang berat badan dan janin di dalam perutnya, ibu hamil juga rentan mengalami kelelahan.

Hal ini bisa jadi penyebab gairah seksual menurun saat hamil. 

8. Kesulitan Menemukan Posisi yang Tepat

Pasangan mungkin saja kesulitan menemukan posisi seks yang nyaman. Alasannya beragam, bisa karena ukuran perut ibu yang kian membesar ataupun ada kekhawatiran menyakiti bayi di dalam kandungan.

Nah, ketika tidak sengaja berhubungan intim di posisi yang kurang nyaman, hal ini justru membuat aktivitas seks terasa sakit. Akibatnya, gairah seksual pun ikut menurun.

Untuk itu, selama kehamilan, carilah posisi yang nyaman, ya! Selain itu, jujur dan terbukalah pada pasangan mengenai posisi yang nyaman dan tidak.

Sudah tahu kan penyebab gairah seksual menurun saat hamil? Untuk menyiasati penurunan gairah seksual selama masa kehamilan, #JagaSehatmu dengan saling terbuka, jujur, dan berdiskusi bersama pasangan untuk kebaikan bersama, ya!

Bila diperlukan, konsultasikan dengan dokter kandungan. Pasangan bisa  gunakan layanan konsultasi dokter kandungan di KlikDokter juga. Lebih mudah dan cepat!

Informasi lengkap seputar kesehatan ibu hamil dan janin juga bisa disimak dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

Referensi:

American Pregnancy Association. Diakses 2022. Mood Swings During Pregnancy. 

KehamilanSeks

Konsultasi Dokter Terkait