Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Gairah Seks Menurun Saat Hamil, Cek Penyebabnya!

Pada beberapa kasus, gairah seks wanita selama hamil juga bisa menurun! Apa saja penyebabnya? Kita cek selengkapnya di artikel ini.

Ketika mengandung, tidak hanya perubahan fisik yang terjadi pada tubuh ibu. Hasrat seks ibu selama masa kehamilan pada umumnya meningkat.

Hormon dalam tubuh ibu hamil, seperti hormon estrogen, menurut dr. Reza Fahlevi, bekerja dengan sangat baik.

Bahkan, selama hamil, terjadi peningkatan aliran darah ke vagina sehingga organ intim tersebut menjadi semakin sensitif. Hal inilah yang nantinya membuat ibu jadi lebih mudah terangsang.

Namun demikian, ada beberapa kondisi yang meredam gairah seksual ibu hamil. Bumil, jika Anda merasa saat ini hasrat bercinta sedang menurun, cek dulu beberapa  penyebab gairah seksual menurun saat hamil berikut.

1 dari 4 halaman

1. Fase Morning Sickness

Umumnya, morning sickness terjadi pada awal-awal usia kehamilan (trimester pertama). Meski menggunakan istilah “morning”, rasa mual bisa terjadi kapan saja, termasuk di malam hari.

Jika hal ini terjadi dalam intensitas yang berat, ibu akan merasa lelah dan bisa jadi tidak bergairah untuk berhubungan seks.

Artikel lainnya: Gairah Seks Wanita Turun, Ini 6 Penyebabnya

2. Lebih Mementingkan Kondisi Janin

Saat sedang hamil, kesehatan janin adalah prioritas utama. Ini sebabnya, bercinta saat sedang hamil mungkin enggan dilakukan oleh Anda dan pasangan.

Meski sebenarnya berhubungan seks saat hamil diperbolehkan, rasa takut dan cemas membuat ibu jadi berpikir dua kali untuk bercinta.

2 dari 4 halaman

3. Tidak Percaya Diri

“Berubahnya fisik selama hamil juga bisa membuat ibu jadi merasa tidak percaya diri saat sedang berhubungan seks. Nantinya, hal ini juga bisa membuat ibu jadi tidak bergairah dan buat vagina ibu jadi kering,” ujar dr. Reza.

“Karena itu, penting untuk mendiskusikan hal tersebut dengan pasangan guna mendapatkan solusi terbaik bagi kedua belah pihak,” dia menambahkan.

4. Pasangan yang Merasa Kasihan

Suami yang merasa kasihan dengan kondisi tubuh ibu juga bisa jadi alasan lain gairah seksual wanita hamil turun. Karena melihat pasangan sering mengeluh sakit dan pegal, suami jadi lebih ingin merawat ketimbang memuaskan hawa nafsunya.

Artikel lainnya: Gairah Seks di Setiap Tahapan Usia

Namun, jika ibu hamil merasa sehat dan siap, komunikasikan dengan suami. Pilih posisi seks yang aman dan nyaman untuk kedua belah pihak.

3 dari 4 halaman

5. Payudara Nyeri

Selama hamil, tidak hanya perut yang bertambah besar, payudara juga demikian. Di masa ini, payudara sedang mempersiapkan ASI untuk proses menyusui nantinya.

Ketika payudara membesar, Anda juga bisa mengalami rasa nyeri sehingga gairah seksual menurun. Kondisi ini normal dan sering kali terjadi pada trimester pertama.

Payudara nyeri juga akan hilang dengan sendirinya setelah memasuki trimester kedua atau ketiga. Jadi, jangan dianggap serius ya!

Itulah beberapa penyebab gairah seksual menurun saat hamil. Diskusikan dengan pasangan jika Anda mengalami penurunan gairah seksual selama masa kehamilan. Bila diperlukan, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Simak info menarik lainnya seputar kehamilan, janin, dan bayi dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar