Sukses

Berbagai Manfaat Buah Tomat untuk Kulit

Tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk kulit. Apa saja manfaat tomat bagi kulit? Intip penjelasannya lewat ulasan berikut ini.

Dalam rangka merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah, Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti tomat. Di dalam tomat terdapat kandungan nutrisi yang melimpah.

Menurut dr. Devia Irine Putri, tomat memiliki kandungan likopen yang dipercaya sebagai antikanker. Tak hanya itu, buah tomat juga memiliki manfaat kesehatan lain yang baik bagi kulit. Apa saja itu?

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Tomat untuk Kulit Anda

Berikut adalah manfaat buah tomat untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Mengurangi Minyak Berlebih

Tomat merupakan buah yang bermanfaat untuk kulit. Tomat mengandung astringent yang membantu mengurangi produksi sebum berlebih di permukaan kulit.

Produksi sebum yang berkurang dapat mencegah penumpukan minyak dan mencegah munculnya komedo.

Artikel Lainnya: Tomat, Tumbuhan Bermanfaat yang Menyimpan Racun Mematikan

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kotoran, minyak, polusi, serta zat berbahaya dari lingkungan dapat menempel di kulit. Penumpukan kotoran dapat membuat kulit tampak kusam dan teksturnya menjadi tidak rata.

Membersihkan atau mencuci wajah saja tidak cukup untuk menghilangkan kotoran. Sebab, kotoran tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori kulit.

Nah, tomat memiliki enzim yang dapat dapat mengelupaskan kulit serta menghilangkan lapisan-lapisan atas sel kulit mati. Lalu, kandungan likopen dan vitamin C dari tomat bersifat antioksidan sehingga dapat membantu melawan radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan tomat sebagai masker wajah.

3. Menunda Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Polusi udara dapat mengganggu kesehatan kulit. Selain membuat kulit menjadi kusam, polusi juga dapat menyebabkan penuaan dini.

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi tomat karena buah ini memiliki kandungan vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B9.

Menurut penelitian tahun 2018 yang dipublikasi oleh Pubmed, vitamin B kompleks memiliki sifat antipenuaan. Vitamin tersebut mampu mengurangi tampilan bintik penuaan, keriput, dan garis halus.

Artikel Lainnya: Tomat Bikin Radang Tenggorokan Makin Parah, Benarkah?

4. Meredakan Iritasi Kulit

Sebuah studi tahun 2014 dari jurnal Mediator of Inflammation mengatakan bahwa tomat memiliki zat yang bersifat antiinflamasi atau antiperadangan. Berikut beberapa zat yang ada di dalam buah tomat:

  • Likopen
  • Beta karoten
  • Lutein
  • Vitamin E
  • Vitamin C

Ketika dioleskan ke kulit, senyawa di atas mampu meredakan rasa sakit akibat iritasi kulit atau terbakar sinar matahari. Namun, belum diketahui apakah tomat bisa membantu meredakan peradangan saat dioleskan ke kulit.

5. Merangsang Produksi Kolagen

“Vitamin C yang ada di dalam tomat dapat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka serta membantu produksi kolagen,” jelas dr. Devia.

Kolagen merupakan protein penting yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, serta memaksimalkan aliran darah ke kulit.

Artikel Lainnya: Menurunkan Tekanan Darah dengan Minum Jus Tomat, Efektifkah?

6. Mengurangi Risiko Kulit Terbakar matahari

Mengonsumsi tomat bisa mengurangi efek samping kulit terbakar atau sunburn.  Manfaat tersebut didapat dari kandungan likopen buah tomat yang melindungi kulit dari kemerahan atau terbakar akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Menurut studi di Jerman yang dipublikasi oleh National Library of Medicine, mengonsumsi tomat rutin selama 10-12 minggu dapat menurunkan kepekaan kulit terhadap radiasi sinar UV.

Namun, penelitian tersebut tidak menjelaskan apakah manfaat tersebut juga bisa didapat apabila mengoleskan tomat secara langsung ke kulit.

Anda tetap perlu menggunakan tabir surya dengan minimal Sun Protector Factor (SPF) 30 untuk melindungi dari bahaya paparan sinar UV.

7. Melembapkan kulit

Kulit kering akan memicu kondisi gatal, pecah-pecah, serta pengelupasan. Selain memakai pelembap untuk mengatasi kulit kering, Anda juga dapat mengonsumsi tomat yang memiliki kandungan kalium dalam jumlah melimpah.

Menurut penelitian dari Jepang tahun 2012, kekurangan kalium dapat memicu gejala kulit kering pada penderita dermatitis atopik atau eksim.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa jus tomat dapat digunakan secara topikal untuk menjadi pelembap kulit.

2 dari 3 halaman

Tips Meracik Tomat untuk Kulit

Selain dikonsumsi, tomat juga dapat dioleskan ke kulit. Dokter Devia mengatakan, “Anda bisa menghancurkan tomat dengan di-smash, lalu aplikasikan ke wajah langsung. Setelah itu, diamkan selama 10-20 menit. Kemudian, bilas menggunakan air hangat.”

“Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan tomat dengan bahan lain, misalnya dengan oatmeal untuk digunakan sebagai masker wajah,” kata dr. Devia.

Sebaiknya gunakan oatmeal koloid, karena jenis oatmeal tersebut mengandung antioksidan yang baik bagi kulit.

Untuk tahu informasi atau cara menjaga kesehatan kulit lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT) 

0 Komentar

Belum ada komentar