Sukses

Manfaat Makan Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga memang kaya nutrisi dan sehat. Apa manfaat buah naga untuk ibu hamil? Ketahui di sini.

Buah naga kaya akan nutrisi yang sudah terbukti khasiatnya untuk tubuh. Lalu, manfaat buah naga untuk ibu hamil juga sangat menguntungkan bagi kehamilannya. 

Rasa buah naga yang cukup manis dan ringan juga cocok menjadi asupan bumil yang menyegarkan. Melansir Mom Junction, adapun beberapa nutrisi yang terkandung di dalam buah naga di antaranya kalori, karbohidrat, serat, kalsium, dan vitamin C.

Artikel lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Lantas, apa saja manfaat buah naga untuk bumil? Berikut penjelasannya: 

1 dari 3 halaman

1. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah naga disebut lebih tinggi ketimbang jeruk. 

Menurut dr. Devia Irine Putri, kandungan vitamin C buah naga berfungsi baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. 

Vitamin C juga berfungsi meningkatkan produksi kolagen di kulit dan pembuluh darah. 

2. Menangkal Radikal Bebas 

Sebuah penelitian menunjukkan, antioksidan buah naga warna merah bisa mencegah terjadinya kerusakan yang mungkin timbul akibat asap rokok pada bayi. 

Ibu hamil yang terpapar asap rokok bisa berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. 

Kandungan antioksidannya juga baik untuk menangkal radiasi yang dapat memengaruhi tumbuh kembang otak anak.

3. Mencegah Anemia 

“Buah naga juga membantu mencegah anemia pada kehamilan karena mengandung zat besi. Zat besi dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan” ujar dr. Devia. 

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi jus buah naga merah untuk ibu hamil menghasilkan efek signifikan terhadap kadar hemoglobin dan eritrosit.

Artikel lainnya: Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

2 dari 3 halaman

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi pada ibu hamil. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengonsumsi makanan mengandung banyak serat, misalnya buah naga.  

Buah naga bisa menjadi sumber asupan serat yang baik dan meringankan sembelit. Lalu, mengonsumsi serat juga bisa membantu menghilangkan racun dan menyehatkan pencernaan.

5. Membantu Perkembangan Otak Janin

Antioksidan di dalam buah naga juga membantu perkembangan otak janin. Buah naga mengandung tiamin dan riboflavin yang juga bermanfaat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang, otot, serta saraf bayi. 

Anda bisa makan buah naga secara langsung atau mengubahnya menjadi jus tanpa gula tambahan. Agar tidak bosan, variasikan juga jadi semangkuk smoothie bowl yang ditambahkan oatmeal atau granola di dalamnya. 

Selain khasiat buah naga untuk ibu hamil yang telah disebutkan tadi, Defeat Diabetes Foundation, AS, mengatakan biji buah naga dapat membantu mengatur kadar glukosa darah, sehingga berpotensi mencegah dan membantu mengelola diabetes tipe 2. 

Hanya saja, butuh penelitian lebih lanjut akan manfaat buah naga untuk pengendalian diabetes

Buah naga tergolong menjadi salah satu buah yang baik untuk ibu hamil. Namun, pastikan konsumsinya tidak berlebihan.

Kalau setelah makan buah naga ada reaksi alergi seperti gatal dan ruam, segera hentikan makan buah naga selama kehamilan. Coba ganti dengan jenis buah lainnya. 

Konsultasi ke dokter kandungan bisa lebih mudah di Live Chat Klikdokter. Anda juga bisa beli susu dan vitamin kehamilan lebih praktis di Belanja Sehat.

(FR/JKT) 

0 Komentar

Belum ada komentar