Kehamilan

12 Manfaat Makan Buah Naga untuk Ibu Hamil

Siti Putri Nurmayani, 20 Des 2023

Ditinjau Oleh dr. Devia Irine Putri

Adakah manfaat buah naga untuk ibu hamil? Janin juga mendapatkan manfaatnya lho

12 Manfaat Makan Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga memang terkenal sebagai buah yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu, buah ini juga ternyata memiliki sejumlah dampak baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. 

Namun, apakah buah naga baik untuk ibu hamil? Karena mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat, maka buah naga sangat baik untuk dikonsumsi oleh bumil. 

Selain itu, buah ini juga memiliki rasa yang manis dan mudah dikonsumsi, sehingga cocok untuk dijadikan asupan yang menyegarkan bagi bumil. Yuk, cari tahu apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil berikut ini:

1. Kaya akan Nutrisi

Makan buah naga saat hamil ternyata bisa membantu pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk Mama dan janin. Pasalnya, buah ini mengandung beragam nutrisi. 

Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah naga mengandung:

  • Air: 85,7 gram
  • Energi: 71 kalori
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 3,1 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Kalsium: 13 mg
  • Fosfor: 14 mg
  • Zat besi: 0,4 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 128 mg
  • Vitamin B1: 0,50 mg
  • Vitamin B2: 0,30 mg
  • Vitamin C: 1 mg

2. Mengandung Antioksidan Tinggi

Selain mengandung vitamin dan mineral, buah naga juga kaya akan antioksidan. Menurut dr. Devia Irine Putri, antioksidan ini dapat berperan untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel.

“Antioksidan dalam buah naga, terutama warna merah, bisa mencegah terjadinya kerusakan yang mungkin timbul akibat asap rokok. Selain itu, antioksidan ini juga dapat menangkal radiasi yang bisa memengaruhi tumbuh kembang otak anak,” tutur dr. Devia. 

Dikutip dari Jurnal Universitas Gajah Mada, kadar antioksidan dalam buah naga yang paling tinggi terletak di bagian kulitnya.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika ibu hamil makan buah naga secara rutin, ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Dikutip dari Nutrients Journal, vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan sehingga bisa berkontribusi dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh. 

Antioksidan dalam buah naga bisa membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Pasalnya, radikal bebas dapat memicu sejumlah penyakit yang bisa berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin. 

4. Mencegah Anemia

Buah naga juga bisa membantu mencegah anemia. Kandungan zat besi dalam buah naga dapat mencegah terjadinya anemia dan menunjang pertumbuhan serta perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. 

Disampaikan Dokter Devia, mengonsumsi jus buah naga merah dapat menghasilkan efek signifikan terhadap kadar hemoglobin dan eritrosit. Hal ini tentunya bisa mencegah terjadinya kekurangan darah. 

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasi kondisi ini, maka Mama perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti buah naga. 

Buah naga bisa menjadi sumber asupan serat yang baik, sehingga bisa melancarkan buang air besar.

Selain itu, asupan serat dalam buah naga juga bisa membantu menghilangkan racun dan menyehatkan sistem pencernaan tubuh. 

6. Membantu Perkembangan Otak Janin

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil dapat membantu perkembangan janin di dalam kandungan. 

Buah naga mengandung thiamin dan riboflavin yang dapat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang, otot, serta saraf bayi. 

Artikel Lainnya: 15 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatanmu

7. Membantu Mengatur Kadar Glukosa Darah

Kenali Gejala dan Ciri Gula Darah Rendah atau Hipoglikemia

Menariknya, makan buah naga juga bisa membantu mengatur kadar glukosa darah. Ini tentunya bisa membantu mencegah diabetes pada ibu hamil atau diabetes gestasional

Meski punya manfaat yang baik untuk kesehatan, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat buah naga untuk diabetes.

8. Sebagai Sumber Energi

Manfaat buah naga untuk ibu hamil 8 bulan bisa membantu meningkatkan energi harian. Buah ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai sumber energi. 

Selain itu, kandungan lemak, vitamin, dan mineral dalam buah naga juga bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian sehingga Mama bisa beraktivitas dengan lancar.

9. Melindungi Tubuh dari Infeksi

Buah naga bisa membantu meningkatkan regenerasi sel untuk mengobati luka. Hal ini tentunya bisa mencegah terjadinya infeksi pada Mama. 

Tak jarang, kebanyakan ibu hamil khawatir bayi di dalam kandungannya berisiko terkena infeksi mikroba. Pasalnya, mikroba bisa dengan mudah menyerang bayi di dalam kandungan lewat plasenta.

10. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor yang terkandung di dalam buah naga bisa membantu meningkatkan perkembangan struktur tulang si kecil. 

Selain itu, kedua kandungan tersebut juga dapat menjaga kesehatan gigi yang baik pada ibu hamil.

Artikel Lainnya: Buah Naga Baik untuk Atasi Tekanan Darah Rendah, Benarkah?

11. Mencegah Risiko Preeklampsia

Preeklampsia merupakan komplikasi kehamilan akibat tekanan darah tinggi. Bila tidak segera ditangani, preeklampsia bisa berbahaya bagi Mama dan janin. 

Beruntungnya, mengonsumsi buah naga bisa membantu mengatur tingkat tekanan darah dan mencegah risiko terjadinya hipertensi pada ibu hamil, sehingga bisa mencegah terjadinya preeklampsia. 

12. Mencegah Cacat Lahir pada Janin

Buah naga merupakan sumber folat dan vitamin B kompleks yang memainkan peran penting dalam perkembangan sistem saraf bayi. 

Dengan makan buah naga selama masa kehamilan, ini bisa membantu perkembangan saraf janin dan mengurangi risiko cacat lahir.

Walaupun manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat banyak, tetap usahakan #JagaSehatmu dan kandunganmu dengan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Mama bisa makan buah naga secara langsung atau membuat jus tanpa gula tambahan. Selain itu, bisa juga dengan membuat smoothie bowl dengan menambahkan oatmeal atau granola di dalamnya. 

Bila setelah makan buah naga mengalami beberapa reaksi alergi seperti gatal dan ruam, segera hentikan konsumsi buah naga selama kehamilan. Mama sudah tahu belum, kapan hari perkiraan lahir si kecil? Cek dengan menggunakan Kalendar Kehamilan, yuk, Ma! Mama juga bisa konsultasi dengan dokter kandungan lewat layanan Tanya Dokter dan cari layanan kehamilan untuk cek kesehatan kandungan mama hanya di aplikasi KlikDokter, ya!

(NM)

KehamilanBuah Naga

Konsultasi Dokter Terkait